x

Sikat gigi teratur.

Iklan

yati maulana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Kesalahan Saat Menyikat Gigi

Jika gigi berlubang, gusi bermasalah, mungkin ada kesalahan dalam menyikat gigi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menyikat gigi adalah aktivitas sehari-hari dan mungkin sudah mengikuti pola yang sama setiap hari. Tetapi jika Anda menghadapi masalah gusi, gigi berlubang, atau masalah gigi lainnya, itu mungkin terjadi karena Anda melakukan kesalahan saat menyikat. Tinjau ulang kebiasaan menyikat Anda dan hindari kesalahan-kesalahan berikut:

1. Menggunakan sikat gigi yang salah

Memilih sikat gigi yang tepat merupakan langkah menemukan sikat gigi yang terasa paling nyaman dan tidak kaku di mulut. The British Dental Health menyarankan menggunakan sikat gigi ukuran kecil atau menengah. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah pegangan atau gagang sikat gigi, Anda harus memilih yang juga nyaman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perhatikan pula jenis bulu sikatnya. Pastikan bulu sikat cukup kokoh untuk membersihkan gigi, tetapi tidak terlalu keras yang akhirnya bisa merusak gigi. The British Dental Health menyarankan menggunakan kuas yang lembut dengan bulu terbuat dari nilon yang ujungnya bulat.

2. Salah kebiasaan menyikat

Dokter sering menganjurkan menyikat dua kali sehari. Tetapi jika Anda benar-benar ingin menjaga kesehatan gigi, tapi cucilah mulut Anda setiap kali selesai memakan atau minum yang manis-manis. Ingat juga untuk tidak berlebihan menyikat lebih dari 3-4 kali sehari atau ini akan berakhir dengan rusaknya gusi Anda. Menyikat gigi dengan lembut selama dua sampai tiga menit cukup baik untuk menjaga gigi Anda bersih.

3. Tidak menyikat permukaan bagian dalam gigi

Banyak orang sering mengabaikan membersihkan permukaan dalam gigi mereka. Plak yang terbentuk pada permukaan luar gigi Anda juga terbentuk pada permukaan bagian dalam. Itu berarti plak dapat merusak gigi Anda dari dalam juga.

4. Tidak menjaga kebersihan sikat gigi

Bila Anda menyimpan sikat gigi di kamar mandi, Anda mengeksposnya ke lingkungan yang lembab dan penuh kuman. Pastikan Anda menghindari menyimpan sikat gigi di tempat yang lembab, yang mudah terpapar bakteri. Jika Anda menggunakan penutup, biarkan hingga kering sebelum menutupnya. Ingatlah pula untuk membilasnya sebelum dan setelah digunakan.

5. Tidak mengganti sikat gigi

The American Dental Association merekomendasikan mengganti sikat gigi Anda setiap tiga sampai empat bulan atau bahkan sebelumnya jika bulunya mulai terlihat usang.Pastikan selalu memeriksa bulu sikat Anda.

Ikuti tulisan menarik yati maulana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu