x

Iklan

infonitas

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

6 Cara Menjaga Imunitas di Musim Hujan

Pergantian musim biasanya membuat tubuh rentan terhadap gangguan kesehatan karena tubuh dipaksa beradaptasi terhadap perubahan suhu dan kelembapan udara. Berikut kiat menguatkan sistem imun tubuh selama musim pancaroba

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tips Kesehatan – Sebagai sebuah negara yang terletak di daerah tropis, maka Indonesia mempunyai pola dua musim. Yaitu musim kering dan musim hujan. Pergantian musim dari kemarau ke hujan biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya.

Ada beberapa penyakit yang sering menyerang pada saat musim hujan, di antaranya adalah diare, DBD, influenza, dan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itulah, perlu beberapa upaya untuk menguatkan sistem imun, agar tubuh tetap kuat dan sehat. Berikut beberapa kiatnya.

1. Cukup tidur: Saat tidur tubuh akan beristirahat, sehingga sel mampu meregenerasi bagian yang rusak. Dengan demikian mampu menghasilkan sistem imun yang lebih baik dan mampu bekerja  dengan lebih efektif..

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2.  Makan teratur: Makanlah tiga kali sehari dengan porsi cukup. Karena dengan menerima cukup asupan makanan, maka tubuh bisa menentukan kekuatan sistem imun secara lebih baik. Selain itu juga perlu penambahan asupan vitamin, karena dapat memperkuat sistem imun.

3. Rajin cuci tangan: Mikroorganisme penyebab penyakit ada di mana – mana, sehingga setiap kali beraktivitas jangan lupa untuk mencuci tangan. Cuci tangan secara benar adalah dengan menggosok seluruh permukaan tangan, jari, dan kuku menggunakan sabun dengan waktu minimal 20 detik.

4. Mandi air dingin: Cobalah mandi dengan air dingin, karena hal ini dapat ‘membangunkan’ syaraf – syaraf tubuh. Sehingga aliran darah bisa semakin lancer dan tubuh terasa lebih segar. Inilah yang akan membuat sistem imun dalam tubuh menjadi semakin kuat.

5. Olahraga: Aktivitas olah fisik atau olahraga terbukti dapat memperkuat sistem imun. Jadi  berolahragalah secara teratur. Waktu untuk berolahraga tidak perlu lama, namun cobalah melakukannya  secara teratur. Seperti melakukan aktivitas bersepeda atau jogging sekitar 30 menit, dan lakukanlah setidaknya lima kali dalam seminggu.

6. Konsumsi herbal alami: Mengonsumsi tanaman herbal dengan efek menghangatkan seperti jahe, ginseng, atau bawang putih dapat meningkatkan kinerja sistem imun. Caranya antara lain dengan mencampurkan herbal tadi ke dalam minuman atau makanan.

 

Sumber: Infonitas.com

Ikuti tulisan menarik infonitas lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB