x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Makanan yang Mengandung Asam Folat dan Bermanfaat untuk Kesehatan

Biasa disebut vitamin B9, asam folat banyak terkandung pada kacang-kacangan dan beberapa buah-buahan tertentu seperti pisang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Makanan yang mengandung asam folat sangatlah penting bagi kesehatan tubuh terutama untuk seorang ibu hamil Asam folat atau yang juga disebut dengan vitamin B9 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Di mana asam folat atau vitamin B9 ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh terutama untuk periode pembelahan dan juga sel di dalam tubuh. Maka dari itu vitamin ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang bertumbuh dan berkembang dan juga berfungsi untuk orang dewasa dalam membantu produksi sel darah merah. Lalu apa saja manfaat atau khasiat lain dari asam folat?

Manfaat Asam Folat atau Vitamin B9 untuk Kesehatan Tubuh

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum kita akan membahas tentang apa saja jenis-jenis makanan yg mengandung asam folat, kali ini kami akan membahas tentang apa saja manfaat asam folat atau vitamin B9 untuk kesehatan tubuh. Selain membantu produksi sel darah merah dan juga membantu dalam pembelahan sel tubuh, asam folat juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki DNA di dalam tubuh.

Asam folat ini juga banyak khasiatnya untuk para wanita, terutama ketika menstruasi dan juga ketika hamil. Untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi atau haid, mengonsumsi makanan yg mengandung asam folat ini akan menghindarkan Anda mengalami anemia karena terlalu banyak darah yang keluar. Pasalnya seperti yang tadi sudah kita bahas bahwa asam folat membantu memproduksi sel darah merah. Sedangkan untuk ibu hamil vitamin yang satu ini berkhasiat untuk mencegah cacat otak dan sumsum tulang pada saat bayi lahir.

Beberapa Jenis Makanan yang Mengandung Asam Folat

Jenis makanan pertama yang banyak mengandung vitamin B9 atau asam folat adalah kacang-kacangan. Bukan hanya asam folat saja, akan tetapi beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung banyak nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan dengan mengonsumsi secangkir kacang, Anda sudah memenuhi hampir setengah dari kebutuhan asam folat yang harus terpenuhi dalam satu hari.

Selain itu buah jeruk juga menjadi salah satu jenis makanan yg mengandung asam folat. Selain dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah jeruk ini juga banyak khasiatnya untuk seorang ibu hamil. Hal ini dikarenakan ternyata jeruk juga banyak mengandung asam folat atau vitamin B9.

Selain jenis kacang-kacangan dan buah jeruk, ternyata hati hewan juga mengandung asam folat. Meskipun terkadang jenis makanan yang satu ini banyak dihindari karena kandungan lemak dan kolesterolnya yang tinggi, namun ternyata ada juga sisi baiknya. Asam folat yang ada pada hati hewan akan bermanfaat bagi kesehatan semua orang terutama bagi ibu hamil. Akan tetapi dengan catatan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, untuk mengimbangi konsumsi hati hewan, Anda tentu saja harus mengonsumsi sayuran. Dan sayur bayam adalah salahs atu sumber vitamin B9 yang cukup banyak. Apalagi bayam juga berperan sebagai antioksidan yang cukup penting untuk tubuh. Selain bayam ada juga asparagus, di mana dalams ecangkir asparagus ada sekitar 79 mcg asam folat yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kukuslah setengah matang supaya nutrisi dan kandungan-kandungan penting pada asparagus tidak rusak.

Nah, itu tadi adalah beberapa contoh makanan yg mengandung asam folat dan juga penjelasan mengenai beberapa fungsi utama asam folat untuk tubuh. Jadi kesimpulannya asam folat atau vitamin B9 sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB