x

Iklan

ragilwk

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Beras merah, mungkin banyak orang yang sudah banyak mendengar tentang beras yang satu ini, namun tak banyak orang yang ingin mencobanya. Kenapa?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beras merah, mungkin banyak orang yang sudah banyak mendengar tentang beras yang satu ini, namun tak banyak orang yang ingin mencobanya. Kenapa? bagi yang belum pernah mencobanya pasti penasaran bagaimana rasanya, namun bagi yang pernah mencobanya, pasti ada yang suka dan ada yang tidak suka dengan rasanya. Apalagi mencoba ketika beras merah dimasak dengan cara yang kurang benar.

Beras merah ini selalu dikaitkan dengan para pendiet mania atau orang yang sedang menjalani program diet, mereka beralasan karena beras merah memiliki indeks gilemik yang rendah dibandingkan dengan  nasi putih biasa.

Dalam proses penggilingan, beras merah ini tidak melalu proses penggilingan sampai pengelupasan kulit, lapisa kulit beras merah inilah atau sering disebut  dengan sekam yang sudah diuji secara klinis mengandung beragam nutrisi yang penting dan juga serat yang pastinya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lain halnya dengan nasi putih, yang sudah melalui proses penggilingan hingga kulitnya mengelupas, sehingga membuat nasi putih tidak memiliki kandungan serat dan malah dapat mengakibatkan kalori meningkat serta gula darah pun meningkat.

Hal inilah membuat beras merah menjadi menu favorit oleh para orang yang sedang melakukan program diet, karena mengkonsumsi nasi merah lebih sehat dibandingkan nasi putih biasa.

Selain itu, terdapat manfaat-manfaat lain ketika kita mengkonsumsi Manfaat Beras Merah ini, apat itu? yuk disimak.

Dapat Kenyang Lebih Lama

Dipercaya mengkonsumsi beras merah itu dapat membuat perut kenyang lebih lama, ini dikarenakan beras merah memiliki serat yang tinggi dan merupakan sumber karbohidrat kompleks yang mampu menyuplai energi untuk tubuh anda.

British Journal of Nutrition menyatakan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, gandum, dan beras merah dapat membuat seseorang cepat kenyang dan kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari pola makan yang rakus.

Sangat Baik untuk Pencernaan

Penelitian menyebutkan, kandungan serat yang terdapat pada beras merah adalah 6kali lipat lebih tinggi dadipada nasi putih biasa, dan seperti yang kita ketahui pada umumnya serat memilki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya :

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menurunkan risiko kanker kolon
  • Membantu mengendalikan insulin dan gula darah
  • Mencegah timbulnya timbunan plak akibat kolesterol jahat
  • Mengurangi risiko wasir dan iritasi pada usus, dan masih banyak lagi.
  • Mengendalikan Gula Darah

Sumber : Manfaat Beras Merah

Ikuti tulisan menarik ragilwk lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler