x

Iklan

Thamrin Dahlan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Bersatu Mereguk Pahala Ramadhan

Menyediakan tajil merupakan amalan kebaikan. Warga bersatu padu dalam lngkup masjid menyediakan penganan buka puasa bagi para jamaah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ramadhan 1.

Seperti biasa dan merupakan kegiatan ritual rutin tahunan Khadimullah Masjid Jami An Nur menyediakan tajil.  Pengurus  baitullah yang lebih suka di sebut Khadimul atau pelayan,  mengkoordinir pelayanan buka puasa bersama setiap hari selama bulan ramadhan. Masjid yang terletak persis di pinggir jalan raya Bogor memang merupakan tempat singgah bagi para musafir.

Makanan dan minuman serta penganan merupakan sumbangan dari para jamaah.  Sumbangan itu terkoordinasi bersama RW dan RT serta Polsek Ciracas yang berlokasi di samping masjid Jami An Nur. Setiap RT mendapat giliran 2 kali dalam sebulan menyediakan tajil.  Selain itu para donatur sungguh banyak sekali meng infaq kan sebagain rezeki nya melalui baitullah untuk melayanai umat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bukan hanya untuk buka puasa saja di sediakan cuma cuma oleh Khadimull masjid, untuk jamaah yang akan makan sahur pun di sediakan makanan berupa nasi bungkus serta kopi atau teh manis panas.Untuk kegiatan sahur besama ini telah dijadualkan pula daftar nama para penyumbang yang terdiri dari para jamaah tetap masjid dalam bentuk keluarga atau erorangan. 

Kamis, 18 Juni 2015 merupakan buka puasa bersama di Masjid Jami Annur. Khadimul masjid yang di pimpin oleh Bapak Tohari sejak pukul 17.00 wib telah bekerja menyiapkan segalanya untuk acara buka puasa bersama. 3 buah Meja makan di sejajarkan di serambi belakang masjid.  Gelas dan mangkok mangko kecil disiapkan pula untuk minuman dan sejenis makanan kecil seperti kue atau kolak.

Hari ini merupakan giliran Khadimul Masjid menjadi tuan rumah. Tak lama kemudian tiba pesanan bermacam macam kue.  Es buah dalam satu tongh besarpun telah sampai di beranda masjid.  Panitia ramadhan langsung mengemas makanan dan minuman tajil itu.  Kemudian satu set tajil di hamparkan berhadap hadapan .  satu set tajil itu terdiri dari tiga buah kue, kurma, teh manis panas dan es buah.

Agar tertib set tajil di hamparkan berbaris dan dipisahkan untuk anak anak dan orang dewasa. Sementara terlihat anak anak mulai berdatangan. Lebih 50 jamaah menikmati tajil yang disediakan khadimull. Anak remaja berkumpul diserambi baitullah sembari menabuh rebana menunggu beduq maghrib. Puluhan musafir yang sedang  dalam perjalanan pulang kerumah dengan kendaraan motor atau kendaraan umum mulai berdatangan.  Tampaknya para jamaah itu telah paham bahwa Masjid jami An Nur menyediakan tajil seperti tahun tahun sebelumnya.

Inilah salah satu  kegiatan pemuliaan ramadhan.  Kegiatan panitia ramadhan lainnya akan di laporkan pada kesempatan berlkut.

Marhaban ya ramadhan mubarok.

Salam salaman

 TD

bu.

Ikuti tulisan menarik Thamrin Dahlan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

10 jam lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

10 jam lalu