x

Iklan

dian basuki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sekalipun Tanpa Promosi, Anda Tetap Mampu Berkembang

Banyak faktor yang memengaruhi promosi. Di tempat yang sama sekalipun, Anda tetap dapat berkembang dan memainkan peran penting bagi organisasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak setiap orang berhasil meraih peluang untuk naik jenjang dalam organisasi. Semakin tinggi jenjang yang didaki, semakin sedikit orang yang bisa menempatinya. Keberhasilan meraih posisi-posisi tinggi dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari kompetensi hingga ‘politik kantor’. Faktor terakhir ini tak bisa diabaikan, apa lagi jika sudah mendekati jenjang tertinggi dalam organisasi.

Nah, bila Anda tidak termasuk di antara orang-orang yang berhasil mendaki tangga yang lebih tinggi, apakah karier Anda kiamat? Tentu saja, tidak. Terutama jika Anda masih merasa nyaman di dalam organisasi—Anda masih merasa cocok dengan kultur organisasi, tujuan personal Anda masih sesuai dengan misi organisasi, dll.

Setidaknya terdapat empat aksi yang bisa Anda kerjakan meskipun Anda tidak berhasil meraih jenjang yang lebih tinggi. Dan Anda tetap bisa berkembang meski berada di posisi yang sama.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertama, eksplorasi peluang-peluang baru di dalam organisasi. Diperlukan kejelian untuk melihat apa lagi yang bisa Anda kerjakan dengan posisi yang tidak berubah. Misalnya saja, Anda usulkan agenda kerja yang berbeda dari sebelumnya dengan mengandalkan ide baru. Bisa pula Anda melibatkan diri dalam pengembangan produk ataupun jasa baru yang tengah dikerjakan. Sebagai manajer, umpamanya, Anda dapat menjalin dengan unit lain untuk menggarap proyek baru.

Kedua, definisikan ulang peran Anda dalam organisasi. Di dalam posisi yang sama sekalipun Anda dapat memainkan peran yang berbeda. Jika sebelumnya Anda mungkin lebih berperan sebagai pendukung, kini cobalah untuk lebih mengambil inisiatif dalam berbagai kegiatan. Anda dapat menciptakan tantangan baru agar pengetahuan, keterampilan, maupun wawasan Anda kian terasah.

Ketiga, sebagai ‘orang lama’, Anda dapat memperluas pengaruh dalam organisasi dalam pengertian positif. Anda dapat berbagi pengetahuan, keterampilan, maupun pengalaman dengan personil lain. Bisa pula Anda memprakarsai pembentukan community of practice (CoP) di dalam organisasi. Kekayaan pengetahuan dan pengalaman Anda amat bermanfaat bagi banyak orang melalui komunitas ini.

Keempat, perkuat dan perdalam kemampuan Anda. Seperti berlaku dalam dunia persilatan: di atas langit ada langit. Sekalipun tidak naik ke jenjang yang lebih tinggi, Anda dapat memilih jadi spesialis yang tangguh: berpengetahuan luas, terampil, dan kaya pengalaman dalam bidang tertentu.

Anda dapat memelajari pengetahuan dan keterampilan baru melalui seminar, pelatihan, maupun workshop. Atau, Anda justru jadi pengisi kegiatan itu: inilah peran baru Anda sebagaimana disarankan dalam butir kedua. Artinya, Anda berhasil mendefinisikan ulang peran Anda dalam organisasi, memperluas pengaruh, dan mengeksplorasi peluang baru. Bahkan, Anda berperan di luar organisasi.

Jadi, tak perlu berkecil hati bila Anda tidak memperoleh promosi ke jenjang lebih tinggi. Tidak selalu bermakna bahwa orang yang dipromosikan lebih baik dibanding Anda. Banyak faktor yang memengaruhi promosi. Di tempat yang sama sekalipun, Anda tetap dapat berkembang dan memainkan peran penting bagi organisasi. (Foto: tempo.co) ***

Ikuti tulisan menarik dian basuki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini