x

Iklan

Ryo Wibowo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kamera Mirrorless: Kamera yang 'User Friendly'

Apabila kita berbicara mengenai dunia fotografi, kalimat kamera Mirrorles merupakan kalimat yang sudah pasti sering kita dengar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apabila kita berbicara mengenai dunia fotografi, kalimat kamera Mirrorles merupakan kalimat yang sudah pasti sering kita dengar. Baik di kalangan fotografer awam (seperti saya) hingga fotografer kawakan sekalipun.

Berdasarkan data yang saya ambil dari kliknklik, Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC) atau umum disebut dengan kamera mirrorless merupakan salah satu jenis kamera digital yang mulai trending penggunaannya sejak dproduksi dan dijual secara umum di sekitar tahun 2008. Pengertian sederhananya, kamera mirrorless merupakan kamera yang mirip DSLR namun tidak memakai cermin.

Seiring dengan meningkatnya penggemar-penggemar baru di dunia fotografi namun memiliki kemampuan yang tidak sepandai fotografer handal memaksa produsen brand kamera untuk mencari solusi terhadap permasalahan tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemunculan Kamera mirrorless adalah jawaban dari kebutuhan para penggemar dunia fotografi tingkat awal ini yang ingin memiliki kualitas hasil shoot yang baik, serta kecepatan dan kontrol manual penuh seperti DSLR, namun di satu sisi mereka tetap ingin tidak ribet alias praktis, mudah dioperasikan, serta harganya yang relatif murah seperti kamera saku sehingga mudah dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

Kamera berjenis mirrorless ini memiliki spesifikasi yang cukup berbeda apabila dibandingkan dengan kamera tipe lain, dan berikut ini adalah ciri-ciri dari kamera berjenis mirrorless :

Ukuran yang relatif lebih kecil

Kamera mirrorless umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil, berbeda dengan kamera. Hal ini disebabkan adanya teknologi pada DSLR yang tidak dibenamkan ke kamera berjenis mirrorless

Jauh lebih ringan

Dengan ukurannya yang kecil tentunya hal tersebut akan berpengaruh dengan beratnya, sehingga kamera ini sangat cocok untuk anda bawa travelling tanpa harus risih membawa kamera berukuran besar seperti DSLR untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus.

Kualitas hasil foto yang bagus

Apabila berbicara mengenai kualitas, kualitas foto dari mirrorless hampir setara dengan DSLR. Namun tentunya tidak dapat mengalahkan DSLR. Dalam hal ini kita ambil contoh dalam situasi yang intensitas cahayanya kurang, DSLR memiliki teknologi yang dapat mengantisipasi permasalahan tersebut, berbeda dengan Mirorrless yang tidak terlalu bagus dalam menghadapi pencahayaan yang kurang.

Ukuran sensor yang setara dengan DSLR kelas menengah

Pada hal ini, Mirorless memiliki ukuran sensor yang setara dengan kategori kamera DSLR. Tak aneh apabila kualitas foto yang dihasilkan sepintas mirip dengan hasil jepretan kamera DSLR.

Lensa yang dapat diganti

Sama halnya seperti DSLR, kamera mirrorless memiliki fitur lensa yang dapat diganti sesuai dengan kebutuhan kita.

Harga relatif lebih murah dibandingkan DSLR

Terutama mengenai harga, harga dari kamera mirrorless dapat dikatakan cukup terjangkau dengan fitur dan kualitas yang mirip dengan kamera DSLR. Umumnya range kamera mirroless berada di kisaran 2 - 3 juta.

Lalu apa yang membedakan kamera mirrorless dengan DSLR?

Perbedaan utama antara kamera DSLR dengan mirrorless adalah , kamera DSLR membutuhkan cermin (mirror) untuk memunculkan gambar pada fitur view finder, sedangkan pada kamera mirrorless, cermin tersebut sengaja dihilangkan. Hal tersebut tentunya berdampak pada lebih kecilnya ukuran dan berat kamera tersebut, serta harga jual kamera mirrorless pun tidak semahal kamera DSLR.

Namun dampaknya anda akan kehilangan view finder optik, oleh karena itu kamera mirrorless menggunakan sistem view finder elektronis (EVF – electronic viewfinder), namun ada beberapa merk tertentu dari produk kamera mirrorless yang tetap memiliki viewfinder optik. 

Namun berbicara mengenai kualitas foto, kamera mirrorless juga tidak kalah dengan DSLR karena ukuran sensor yang relatif sama. 

Terakhir , mengenai kekuatan baterai, meskipun jenis keduanya memang menghabiskan cukup banyak daya baterai saat digunakan, dalam hal ini kamera DSLR lebih unggul dibandingkan dengan kamera mirrorless. Namun anda tidak perlu khawatir karena baik DSLR maupun mirrorless umumnya memiliki fitur removeable batteries, sehingga anda dapat membawa baterai cadangan untuk antisipasi apabila baterai kamera anda telah habis.

 

 

Ikuti tulisan menarik Ryo Wibowo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB