Sejumlah Nasihat dari Sejumlah Penulis - Urban - www.indonesiana.id
x

dian basuki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Sejumlah Nasihat dari Sejumlah Penulis

    Mereka yang bergelut dengan kata-kata hingga berpuluh tahun merasakan pahit getirnya ketika napas terasa berhenti lantaran gagasan terbang entah kemana.

    Dibaca : 3.055 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bila engkau menyukai menulis, membaca adalah nutrisi yang setiap saat kamu perlukan. Tanpa asupan yang bergizi, dapatkah kamu berharap keluaran yang bernas? Mereka yang bergelut dengan kata-kata hingga berpuluh tahun dapat merasakan pahit getirnya ketika napas terasa berhenti lantaran gagasan terbang entah kemana. Mereka juga menyesap asam-manisnya tatkala mendapati sesuatu yang tak terduga. Sejumlah penulis mashur berbagi pengalaman dan nasihat seperti ini:

    “Yang terpenting dari semuanya: tanyakan pada dirimu di malam yang amat sunyi: mestikah aku menulis?” Inilah nasihat penyair Rainer Maria Rilke seperti terekam dalam bukunya, Letters to a Young Poet—yang menghimpun sepuluh surat Rainer kepada penyair muda.

    James Wood, dalam How Fiction Works, memberi nasihat: “Sastra berbeda dari kehidupan, bahwa kehidupan penuh detail yang tak beraturan, dan jarang mengarahkan kita menuju detail itu, sedangkan sastra mengajarkan kita untuk memperhatikan.”

    Dalam buku non-fiksinya yang juga banyak disukai, On Writing, Stephen King menceritakan pengalamannya sebagai penulis. “Selalu, momen paling mengerikan terjadi sesaat sebelum kamu memulai.” Dengan murah hati, penulis fiksi horor ini berbagi pikiran tentang proses kreatif dan pengalamannya dalam melewati kesukaran-kesukaran dan keberhasilan dalam menulis.

    “Dan, kamu bertanya, apa yang menulis ajarkan kepada kita? Pertama dan terutama, ia mengingatkan kita bahwa kita hidup dan bahwa ini adalah anugerah dan keistimewaan, bukan hak.” Ini kata-kata Ray Bradbury dalam Zen in the Art of Writing. Membaca karya ini, kita tersesat dalam dongeng dan anekdot Bradbury yang ditulis dengan penuh semangat dan hasrat.

    William Strunk, Jr. memberi nasihat yang tak lekang waktu perihal menulis. “Sebuah kalimat menjadi lebih kuat biasanya menjadi lebih ringkas. Jadi, keringkasan adalah hasil ikutan dari semangat.” Jagalah kalimatmu tetap ringkas, hindari kata-kata yang tak perlu. Begitu nasihat William dalam The Elements of Style.

    Annie Dillard berbicara ihwal keterlibatan dan kejujuran dalam hubungan dirinya dengan tulisan. Ia membukakan mata pembaca kepada realitas kehidupan seorang penulis. The Writing Life menghimpun esai-esai Dillard yang menjelaskan menngapa, dimana, dan bagaimana ia menulis. “Ia berhati-hati terhadap apa yang ia baca, sebab itulah yang akan ia tulis. Ia berhati-hati terhadap apa yang ia pelajari, sebab itulah yang akan ia ketahui.”

    “Jika engkau tidak takut terhadap suara di dalam batinmu, engkau tidak akan takut terhadap kritik dari luar dirimu.” Begitu Natalie Goldberg berbagi nasihat dalam Writing Down the Bones. Natalie tidak berbagi kiat-kiat praktis menulis, melainkan menebarkan motivasi.

    Jika ada yang mengatakan menulis buku itu mudah, ia perlu membaca tulisan George Orwell, Why I Write. “Menulis buku itu menakutkan, perjuangan yang melelahkan, bagai pertarungan panjang melawan penyakit yang menyiksa.” Tapi Orwell juga menunjukkan mengapa semua keletihan itu amat berarti dan mengapa seseorang harus terus menulis. (sumber ilustrasi: nofilmscool.com)***

    Ikuti tulisan menarik dian basuki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 365 kali