x

Riza Chalid. Twitter.com

Iklan

muthiah alhasany

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Riza Chalid Kabur, Kasus Papa Minta Saham Terhambat?

Riza Chalid diketahui meninggalkan Indonesia beberapa hari yang lalu. Beberapa pihak khawatir hal ini menghambat penyelidikan kasus 'papa minta saham'

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Riza Chalid telah melarikan diri keluar negeri di saat kasus 'papa minta saham' semakin memanas. Nama Riza Chalid telah disebut-sebut dalam rekaman dan transkip pertemuan dengan Freeport. Dia menjadi tokoh sentral yang mempunyai pengaruh kuat terhadap Setya Novanto dan rekan-rekannya. Diduga kuat dia adalah bagian dari mafia migas yang selama ini menggerogoti pemerintah Indonesia.

Keterlibatan Riza Chalid dalam kasus tersebut menyebabkan ia menghadapi panggilan dari MKD, walau masih sebatas sebagai saksi. Namun di sisi lain, Kepolisian dan Kejaksaan Agung juga memanggil pengusaha tersebut. Agaknya hal itu menjadikan Riza Chalid panik dan memutuskan kabur keluar negeri. Tidak diragukan Riza Chalid memiliki banyak tempat bersembunyi, mengingat ia memiliki beberapa perusahaan di luar negeri dengan kolega yang siap membantunya.

Lantas, apakah kaburnya Riza Chalid dapat menghambat jalannya penyelidikan kasus 'papa minta saham'? Tidak. Pemerintah tidak akan membiarkannya. Apalagi Presiden Jokowi sudah menunjukkan kemarahannya karena MKD berani bermain-main dalam menangani Setya Novanto.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kasus 'papa minta saham' semakin gencar diselesaikan. Dengan langkah-langkah sbb:

1. Memburu Riza Khalid.

    Jangan mengira bahwa Riza Chalid tak bisa ditangkap. Dalam hal ini BIN telah bergerak sesuai perintah Presiden Jokowi untuk melacak keberadaan Riza Chalid. Kemampuan intelejen Indonesia tidak usah diragukan, termasuk yang terbaik di dunia. BIN bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, termasuk dengan interpol.

2. Dukungan Jusuf Kalla dam Luhut Pandjaitan

    Wapres Jusuf Kalla dan Luhut Pandjaitan adalah tokoh Golkar yang mendorong kasus ini terus diusut. Generasi muda Golkar juga mendesak agar Setya Novanto harus digusur untuk membersihkan Golkar dari koruptor dan memperbaiki citra Golkar. Luhut juga memerintahkan jajarannya untuk memburu Riza Chalid.

3. Polri dan Kejagung dalam silent operation

    Kepolisian dan Kejaksaan Agung tidak berdiam diri. Dua institusi ini tengah menjalankan silent oprastion sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk membongkar kasus 'papa minta saham', termasuk menyelidiki keterlibatan Riza Khalid dan peran utamanya.

 

Ikuti tulisan menarik muthiah alhasany lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu