x

Iklan

Rusmin Sopian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pak Jokowi, Blusukan ke Toboali Yuk...

Mengharapkan Presiden Jokowi blusukan ke Kota Toboali, Bangka Selatan, Babel.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kota Toboali, Bangka Selatan, Babel dikenal sebagai kota penghasil terasi atau belacan (Bhs: Toboali) sebagai penyedap masakan. Selain itu Toboali dikenal sebagai daerah dengan peninggalan sejarah dan kemolekan wisata pantainya yang eksotik serta dikenal sebagai daerah penghasil lada, padi dan timah.

Dari bandara Depati Amir Pangkalpinang, ibukota Babel, kota Toboali dapat ditempuh dengan perjalanan mobil sekitar 2 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan berupa rumah-rumah penduduk yang tak kelas dengan pemukiman di Kota-kota.

Di Toboali terdapat beberapa peninggalan sejarah yang menandai bahwa Toboali adalah bagian dari perjalanan sejarah bangsa ini. Wisma Samudera yang terletak dipusat kota Toboali adalah bukti nyata sejarah itu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bangunan tua yang mirip dengan gedung Juang 45 jakarta ini adalah pusat pemerintahan baik di era Belanda maupun Jepang hingga pemerintahan Indonesia merdeka.

Gedung tua ini adalah pusat pemerintahan di era kemerdekaan. Dibagian belakang gedung terdapat kantor yang digunakan sebagai pusat aktivitas petinggi daerah. Gedung tua yang pernah dijadikan sarang walet ini adalah rumah kediaman petinggi daerah. Gedung ini akan direncanakan sebagai rumah singgah Bung Karno mengingat Presiden pertama itu pernah berkunjung ke Toboali saat diasingkan di Pulau bangka.

Tak jauh dari lokasi Wisma Samudera terdapat Benteng Toboali yang merupakan pusat pertahanan Belanda saat menjajah negeri ini. Kini kawasan Benteng Toboali adalah kawasan cagar budaya.

Sementara pusat wisata terdapat dibelakang Wisma Samudera, yakni laut nek Aji. Sedangkan pantai Batu kapur yang eksotik lokasinya tak jauh dari Wisma Samudera.

Di Toboali terdapat kawasan lumbung padi yakni Desa Rias. Desa ini dikenal sebagai lumbung padi Provinsi Bangka Belitung.

Sebagai masyarakat Toboali, Bangka Selatan, saya mengajak pak Presiden Jokowi untuk blusukan ke Toboali, Bangka Selatan mengingat potensi daerahini sangat hebat dan luarbiasa.

Siapa tahu dengan blusukannya Pak Jokowi potensi wisata daerah ini makin terekploitasi dengan baik untuk menmbah pundi-pundi masyarakat.

Ngomong-ngomong sebagai anak bangsa kami mengucapkan selamat kepada bapak Jokowi yang telah menjadi seorang kakek.Semoga dengan kelahiran cucu pertama ini Bapak makin amanah dan bijaksana mengelola negera ini.

Ngomong-ngomong,kami menunggu blusukan bapak ke kota kami Toboali. Dan kami akan setia menunggu kunjungan Bapak. Salam Junung Besaoh...(Rusmin)

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Rusmin Sopian lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB

Terpopuler

10 Mei 2016

Oleh: Wahyu Kurniawan

Kamis, 2 Mei 2024 08:36 WIB