3 Jurus Jitu Menjadi Penjual Online yang Terpercaya

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content
Iklan

.

Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang masih merasa ragu dan tidak percaya untuk membelanjakan kebutuhannya melalui internet. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kasus penipuan dan besarnya peluang yang dimiliki oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksinya melalui media online. Di tengah maraknya kasus penipuan tersebut, maka membangun kepercayaan konsumen dan menjadi penjual online yang terpercaya tidaklah mudah. Untuk itu Anda perlu melakukan cara berikut ini agar menjadi seorang penjual online yang terpercaya.

1. Menggunakan foto produk ataupun gambar yang sesuai. Seorang pembeli tentunya menginginkan barang yang ia beli sesuai dengan gambar yang tercantum sehingga kesesuaian kualitas haruslah sangat diperhatikan. Menampilkan gambar yang tidak sesuai dengan barang yang dijual merupakan suatu penipuan publik. Dengan banyaknya penjual online di social media akan memungkinkan calon pelanggan Anda beralih ke penjual lain bila kualitas yang diberikan oleh toko online Anda tidak memuaskan. Selain menggunakan foto produk yang sesuai, bagi Anda yang berjualan melalui media chat seperti BBM, Line ataupun WhatsApp juga disarankan untuk mengupdate profile picture yang tidak melulu berupa gambar produknya saja, namun juga foto Anda. Hal ini dapat mempengaruhi pikiran calon customer bahwa Anda benar-benar penjual online yang terpercaya dan bukan sekedar akun anonim.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Membalas pertanyaan dengan fast response dan pengiriman yang cepat. Membalas pertanyaan dan pengiriman pesanan yang cepat dengan kualitas barang yang baik bisa membangun kepercayaan pelanggan pada suatu toko online. Pelanggan tidak akan merasa was-was karena Anda melakukan pelayanan yang baik dan cepat tanggap.  Banyaknya jasa pengiriman barang dan pilihan paket pengiriman juga memungkinkan Anda untuk mengirim barang dalam waktu yang singkat.

3. Membuat website dan meletakkan kolom testimoni. Membuat website ataupun toko online dengan domain pribadi adalah hal yang sederhana tetapi memiliki pengaruh besar. Selain dinilai lebih professional dengan memiliki website, meletakkan kolom testimoni yang berisi komentar dari para konsumen terdahulu dan berisikan feedback positif akan membuat calon pelanggan Anda merasa yakin dan percaya dengan toko online yang Anda miliki. Begitu pula sebaiknya, toko online yang memiliki komentar negatif akan meruntuhkan kepercayaan pelanggan. Maka dari itu kualitas pelayanan dan produk haruslah sangat diperhatikan.

Sebagai seorang penjual yang terpercaya, Anda harus konsisten dengan kualitas dan pelayanan sehingga toko online yang Anda miliki dapat bertahan di tengah banyaknya toko online yang bertaburan di social media saat ini. Selain memberikan pelayanan yang baik dan cepat tanggap, Anda juga perlu mengukur seberapa besar kepuasan pelanggan terhadap layanan jual beli pada toko online Anda agar dapat terjadi repeat order. Saat telah mendapatkan kepercayaan pelanggan, maka besar kemungkinan pelanggan tersebut akan merekomendasikan toko online Anda kepada rekan-rekannya.

 

Oleh Webpraktis

Bagikan Artikel Ini
img-content
Webpraktis

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler