x

Iklan

Gusrowi AHN

Coach & Capacity Building Specialist
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Temukan Sendiri Momentum-mu!

Benarkah dengan mengingat momentum yang pernah kita rayakan dengan suka cita di masa lalu, bisa membangkitkan semangat kita kembali?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa yang anda lakukan jika baterai ponsel anda habis? Mengisi ulangnya kan. Tujuannya satu, agar HP tetap bertenaga, ‘hidup’ dan bisa digunakan sebagai alat berkomunikasi. Layaknya kita butuh makan dan minum agar kita bisa tetap menjalankan aktivitas dan rutinitas kita sehari hari.

Bagaimana jika ‘semangat’ kita yang habis? Tidak lagi bergairah melakukan apapun, lesu menjalani rutinitas sehari-hari, merasa minder dan rendah diri. Apa yang kita perlukan untuk ‘mengisi ulang’nya, agar kita bisa kembali bersemangat seperti sedia kala.

Ada yang bilang, salah satunya dengan mengingat saat-saat kita pernah merasakan kebahagiaan atas capaian-capaian kita. Tentu ukuran kebahagiaan disini sangatlah subyektif. Bisa jadi kebahagiaan yang menurut orang lain begitu sederhana, namun bermakna luar biasa bagi diri kita. Masing-masing dari kita mempunya takaran kebahagiaan yang sifatnya sangat personal. Makanya, kita sering mendengar orang bilang, “Temukan sendiri kebahagiaanmu”.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada juga yang bilang, dengan mengingat momen-momen kecil yang pernah kita rayakan dengan suka cita di masa lalu, akan mampu membangkitkan semangat kita kembali. Bagi saya, salah satu moment yang selalu saya rindukan adalah saat-saat saya merayakan berakhirnya sebuah kegiatan pelatihan. Setelah berhari-hari berkutat dengan tetek bengek fasilitasi pelatihan, momentum berakhirnya kegiatan selalu saya tandai dengan memberikan diri saya sendiri, kemewahan waktu  untuk menikmati dan merayakannya.

Di situlah, saya memanfaatkan waktu untuk mengingat kembali proses yang telah berlangsung. Melakukan asesmen pribadi atas apa yang telah baik saya lakukan, apa-apa saja yang masih perlu ditingkatkan, dan tentunya tentang pembelajaran yang bisa di ambil. Tak lupa, meluangkan waktu untuk sekedar melepas penat dengan menjauhkan diri dari perbincangan sekitar pelatihan juga menjadi menu penting yang harus saya lahap.

Namun, saya sepenuhnya sadar, momentum ini tidak akan berlangsung lama. Maka, tidak ada alasaan selain menikmatinya dengan sebaik mungkin. Karena di alam bawah sadar saya selalu meyakini, ada hari esok, dengan tantangan yang berbeda yang akan selalu menuntut kita untuk terus maju dan berkembang. Itulah momentum perayaan-ku, mana momentum-mu? #gusrowi

 Sumber gambar: http://powerlisting.wikia.com/wiki/Momentum_Manipulation

Ikuti tulisan menarik Gusrowi AHN lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu