x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menulis Itu Ternyata...

Manfaat dari kegiatan menulis ini memang tidak dapat kita peroleh secara lansung, baik secara fisik dan psikis.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menulis tidak saja berdampak pada kondisi emosional.. Dari penelitian Pennebaker di tahun 1988 yang berjudul Journal of Consulting and Clinical Psychology ditemukan bahwa sel T-lymphocite, yakni sel yang mengindikasikan bekerjanya sistem kekebalan tubuh, meningkat jumlahnya enam minggu setelah para mahasiswa melampiaskan stresnya melalui tulisan. Penelitian lainnya juga membuktikan banyak pasien semakin jarang berkunjung ke dokter dan skor tes psikologinya meningkat setelah mengikuti terapi menulis.

Bahkan Joshua Smyth, Asisten Profesor dari North Dakota State University, memberikan pernyataan yang lebih spesifik, menulis pengalaman buruk atau stres menghilangkan gejala asma dan rematik (rheumatoid arthritis). Ia melakukan penelitian terhadap 70 orang penderita asma dan rematik. Ke-70 pasien ini dibagi dalam dua kelompok. Yang pertama diharuskan menulis pengalaman pahit atau menyedihkan selama 20 menit dalam tiga hari berturut-turut. Kelompok lainnya (37 orang) menuliskan rencana kegiatan sehari-hari. Setelah empat bulan ditemukan fakta menarik. Empat puluh tujuh persen pasien yang menulis pengalaman buruk mengalami perkembangan yang signifikan. Pasien rematik berkurang rasa sakitnya dan kapasitas paru-paru pasien asma meningkat. Sementara hanya 24% pasien dari kelompok kedua mengalami kemajuan.

Manfaat dari kegiatan menulis ini memang tidak dapat kita peroleh secara lansung, baik secara fisik dan psikis. Namun dari beberapa penelitian tersebut, dapat menggambarkan bahwa menulis memang bermanfaat sekali bagi seseorang. Percaya atau tidak?? Silahkan Anda buktikan sendiri. Mungkin lebih baik kita harus mencoba dan mengawali kegiatan menulis serta menjadikan sebagai rutinitas, meskipun dalam konteks sederhana seperti membuat cerita, puisi, berdialog lewat tulisan, dsb.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut ini, saya akan merinci beberapa manfaat dan keuntungan dari kegiatan menulis:

  1. Meningkatnya daya ingat (mencegah kepikunan)
  2. Koordinasi otak kanan dan otak kiri lebih meningkat
  3. Kreatifitas dan ketrampilan otak semakin bertambah
  4. Sarana refleksi diri (mengurangi stres)
  5. Sarana penyembuh diri
  6. Sarana komunikasi yang efektif
  7. Melatih diri untuk disiplin
  8. Menjadi termotivasi
  9. Membuat jejak sejarah
  10. Memperkaya kosakata

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu