x

Iklan

Agustinus

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Tetap Bugar

Pentingnya penerapan 7 cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Dapatkan tubuh yang sehat dan bugar selalu terbebas dari penyakit.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar sejatinya merupakan keinginan setiap orang termasuk Anda. Tubuh yang sehat memberikan kondisi baik untuk aktivitas sehari-hari supaya berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Tubuh yang sehat perlu selalu dijaga agar Anda tidak harus mengeluarkan waktu dan biaya untuk membeli obat ataupun pergi ke rumah sakit.

Tubuh dapat dikatakan sehat dengan sederhana saja, yaitu ketika Anda mampu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit yang mungkin menerpa seperti penyakit demam, flu, batuk dan lain-lain. Ternyata sangat mudah menerapkan cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat, yaitu:

•    Cukup istirahat. Cegah kelelahan tubuh dengan istirahat yang cukup setiap harinya, tak hanya itu beristirahat cukup ampuh dalam menjaga daya tahan tubuh Anda. Bentuk istirahat yang paling umum adalah tidur. Saat tidur panca indera akan mengembalikan energi untuk digunakan kembali. Otot tubuh yang semula tegang akibat digunakan untuk beraktivitas juga akan  mengendur dan lebih rileks.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

•    Berpikir positif. Pikiran yang tenang dan sehat sangat membantu sebagai cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat. Usahakan untuk selalu berpikiran positif terhadap segala tantangan dan masalah yang menerpa. Kurangi stress dengan melakukan rekreasi alam seperti gunung atau pantai. Lakukan hobi Anda di waktu senggang supaya tidak terus menerus menumpuk beban pikiran yang mungkin akan menganggu kesehatan.

•    Rutin berolahraga. Usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur, misalnya melakukan pemanasan sederhana setiap pagi. Anda tidak perlu selalu melakukan olahraga berat, lakukan kegiatan naik-turun tangga atau sembari membersihkan rumah. Ternyata hal ini mampu untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.

•    Jaga kebersihan makanan setiap waktu. Selalu pastikan bahwa makanan yang Anda makan higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan kematangan yang sempurna. Akan lebih baik untuk selalu membuat sendiri hidangan Anda, dengan begitu Anda tahu bahan seperti apa yang digunakan dalam proses pembuatannya.

•    Pentingnya sarapan. Makanlah dengan waktu teratur supaya dapat membangkitkan semangat kerja. Bagi Anda yang hanya makan sehari dua kali, atau cenderung melewatkan sarapan pagi, ubah kebiasaan tersebut mulai sekarang. Sarapan pagi sebelum jam 9 membuat pikiran Anda menjadi lebih produktif dalam mengerjakan pekerjaan. Jangan lupa untuk selalu menjaga asupan makanan dengan 4 sehat 5 sempurna.

•    Jaga aturan makan. Makanlah dengan porsi yang wajar dan jangan berlebihan. Makan berlebih dikhawatirkan membuat badan Anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.Selalu penuhi makanan yang berserat setiap hari. Makanan mengandung serat tinggi antara lain apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi utama makanan berserat ini adalah menjaga tubuh dari serangan bakteri.

•    Minimalisir alkohol, nikotin, dan kafein. Kebiasaan mengonsumsi alkohol, nikotin dan kafein akan sengat sulit untuk dihilangkan secara drastis. Mulai dengan niat yang baik demi menjaga kesehatan tubuh. Lakukan bertahap dengan mengurangi semua konsumsi makanan atau minuman yang mengandung unsur berbahaya tersebut. Mintalah bantuan orang terdekat Anda untuk menjaga kebiasaan lebih sehat ini dan sebagai pengingat yang mampu memberikan motivasi.

Sebagai tambahan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat, Anda dapat mengonsumsi madu setiap hari. Madu memiliki kandungan penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Membiasakan diri untuk berpuasa juga ternyata mampu membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan memberikan waktu istirahat bagi sistem pencernaan Anda. Jagalah kesehatan anda selalu dan jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada dokter secara berkala sebagai pencegahan gejala penyakit yang mungkin sangat samar, termasuk untuk memiliki jaminan asuransi kesehatan dari perusahaan yang tepat, terbaik pada bidangnya.

 

 

Ikuti tulisan menarik Agustinus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB