x

Petugas PLN memutus kabel ilegal saat melakukan penertiban listrik liar di kawasan Cikini, 2 Maret 2016. Rencananya, PLN akan melakukan penertiban dan pemanfaatan tiang listrik milik PLN dengan cara membongkar /memutus kabel, di tiang-tiang yang buka

Iklan

yon bayu wahyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

PLN, Kinerja Buruk Kok Bangga

Orang daerah mungkin iri melihat gemerlap kota Jakarta yang selalu gemerlap tidak pernah tidur.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lampu listri terus menyala sepanjang waktu sementara di daerah kondisi byar-pet sudah dianggap menjadi bagian dari rutinitas sehingga tidak sampai membuat stres.

Padahal pemadaman listrik di Jakarta juga tidak kalah parahnya dengan di daerah. Bahkan beberapa waktu lalu saat Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memberi sambutan peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), tiba-tiba listrik padam. Anehnya, PT PLN Distribusi Jakarta Raya pun menganggap hal itu sebagai kewajaran, sehingga sampai perlu dibuatkan situs tersendiri untuk memberitahukan kepada warga daerah-daerah yang terkena pemadaman. Ada kebanggaan terpancar di sana.

Ya, saat ini PLN Jakarta Raya telah memiliki website sendiri untuk memberitahukan jadwal pemadaman listrik di wilayah Jakarta dengan nama http://pelita.plnjaya.co.id/pelita/

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Konten utamanya pemberitahuan pemadaman listrik di Jakarta secara real time yang dibagi dalam tiga kategori yakni  yakni Padam Gangguan dengan label merah, Padam Pemeliharaan dengan label hijau, dan Padam Banjir dengan label biru. Pemberitahuan tiga kategori itu ada di bagian atas (header) sementara keterangan terkait lokasi, jam pemadaman dan estimasi waktu pemadaman berada di bagian kanan. Saat penulis mengunjungi laman tersebut pukul 14.57 WIB ada satu pemberitahuan gangguan yakni Jalan Bukit Golf Mediterania karena adanya penambahan daya.

Apakah pemberitahuan itu bermanfaat bagi warga Jakarta? Tentu sangat bermanfaat. Warga bisa mempredikasi kapan lampu akan menyala kembali tanpa harus bertanya-tanya ke petugas PLN. Dulu pemberitahuan terkait gangguan teknis seperti akan ada penyambungan titik baru, penambahan daya dan perawatan rutin, diumumkan di media cetak pada hari yang sama. Di era internet, PLN tidak mau ketinggalan sehingga dibuatlah website tersebut.

Namun pembuatan website pemberitahuan pemadaman listrik sesungguhnya sebuah ironi. Ternyata kinerja PLN dari waktu ke waktu tetap saja sama. Memadamkan listrik karena ada penambahan daya dan pemeliharaan rutin sulit untuk dimengerti. PLN mencari cara gampang tanpa memikirkan hak konsumen. Mengapa selama puluhan tahun tidak pernah bisa menemukan solusi bagaimana cara melakukan pemeliharaan trafo, jaringan, atau mungkin gardunya, tanpa harus memadamkan listrik? Takut kesetrum? Terlalu naif!

Percuma Presiden Joko Widodo mencanangkan penambahan daya listrik secara masif jika kinerja pegawai PLN baru bisa sebatas memadamkan listrik. PLN harus belajar bagaimana cara menambah daya di satu titik dan perawatan rutin tanpa memadamkan aliran listrik satu kampung. Jika hal itu sudah bisa dilakukan, maka kami sebagai konsumen tidak butuh website khusus pemberitahuan pemadaman listrik!

Bisa?

 

Salam @yb

Ikuti tulisan menarik yon bayu wahyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB