x

Iklan

Leonardus Govinda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

4 Cara Ini Bisa Membuat Baterai Smartphone Anda Tahan Lama

Baterai smartphone yang boros tentu menjadi masalah bagi para penggunanya. Berikut adalah 4 cara untuk membuatnya tahan lama.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak dapat dipungkiri bahwa kelebihan smartphone dari jenis HP biasa memang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Dalam satu gadget saja, Anda bisa melakukan berbagai hal seperti bermain games, searching, chat, dll. Namun smartphone sama halnya dengan jenis teknologi lainnya. Selain memiliki kelebihan, didalamnya juga terdapat kekurangan.

Untuk smartphone itu sendiri, tidak hanya lelet, boros baterai menjadi salah satu kekurangan dari smartphone. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh banyaknya aplikasi yang digunakan dalam smartphone. Maka wajar saja jika kerusakan pada smartphone banyak yang bermula dari kerusakan baterai.

Namun tenang saja, Anda bisa menerapkan 4 cara ini agar baterai smartphone Anda bisa bertahan lebih lama:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Gunakan Charger Berkualitas Dengan Merk yang Sama Dengan Smartphone Anda

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat baterai smartphone bertahan lebih lama adalah dengan menggunakan charger berkualitas. Selain itu, pastikan pula charger yang Anda gunakan memiliki merk yang sama dengan smartphone serta baterai Anda.

Jangan pernah menggunakan charger abal-abal yang Anda beli sembarangan, karena charger abal tersebut hanya akan membuat baterai Anda semakin boros.

Usahakan untuk selalu membeli charger asli di vendor / toko smartphone terdekat, seperti Samsung Store, iBOX, atau yang lain. Meskipun agak mahal, tapi kualitas yang diberikan bagus.

 

Matikan Smartphone Anda Saat Melakukan Charge

Ketergantungan pada smartphone terkadang membuat penggunanya enggan mematikan smartphonenya. Padahal, mematikan smarphone pada saat melakukan charge merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar baterai smartphone Anda bertahan lebih lama.

Ingatlah bahwa baterai smartphone original tentu saja dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi. Dengan demikian, jika Anda bisa menghemat isi dompet Anda hanya dengan mematikan smartphone pada saat melakukan charge, mengapa tidak?

Berbeda dengan produk Samsung Galaxy S7 yang sudah bisa di charge secara wireless. Tidak butuh kabel, hanya perlu mencolokan saja ke tempat yang sudah tersedia.

 

Pastikan Baterai Tidak Habis Total Saat Penggunaan

Asyik dengan smartphone terkadang membuat penggunanya lupa bahwa dari waktu ke waktu baterai smartphone tentu akan berkurang. Nah, pada saat seperti ini, pastikan baterai smartphone Anda tidak habis total. Dengan kata lain, jangan menunggu baterai hp habis total baru melakukan charge.

Melakukan charge sebaiknya dilakukan sebelum baterai habis total.

 

Jangan Terlalu Lama Melakukan Charge

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar baterai smartphone Anda lebih awet adalah dengan tidak berlebihan melakukan charge. Terkadang pengguna smartphone bisa hingga semalaman penuh hanya untuk melakukan charge. Padahal ini bisa membuat umur baterai lebih pendek dari seharusnya.

Baterai smartphone memang merupakan salah satu komponen penting dalam smartphone. Dengan demikian, rawatlah baterai smarthone Anda. Tidak ada salahnya pula agar tidak berlebihan menggunakan smartphone, agar smartphone Andapun lebih awet.

Ikuti tulisan menarik Leonardus Govinda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler