x

Iklan

Jayantara Ningsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Let's be a Real Journalist

Wartawan itu mengungkap fakta bukan rumor, Wartawan itu harus skeptis, Wartawan itu harus jujur, Wartawan itu peduli kepentingan masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

          Pinocchio, salah satu drama korea yang pernah saya tonton berulang kali. Salah satu alasannya masih karena cita-cita saya saat awal masuk SMA dulu, yaitu menjadi seorang wartawan. Meskipun alasan-alasan lainnya tentu saja karena pemeran aktornya yang tampan dengan genre drama romance dan komedi. Jujur saya saya lebih menyukai drama yang bergenre romance dan komedi. Pinocchio bercerita tentang kehidupan wartawan dan jurnalis di sebuah media televisi. Saat bergabung menjadi wartawan magang di Tempo, redaktur saya memberikan tugas untuk menonton Pinocchio kembali dan mencoba menulis apa itu wartawan dan apa saja tugas wartawan.

Wartawan itu bertugas mencari berita dan informasi

Nah, setelah beberapa kali melihat drama tersebut. Saya dapat menyimpulkan bahwa wartawan merupakan salah satu pekerjaan yang bertugas mencari dan menyusun berita untuk dimuat di Media Massa. Seorang Wartawan memiliki peranan sangat penting dalam penyampaian berita kepada masyarakat. Dalam era globalisasi saat ini, hampir bisa dikatakan bahwa sebagian besar orang membutuhkan informasi untuk dijadikan sebuah acuan dalam bertindak. Kebutuhan informasi bagi seorang pengusaha mungkin berbeda dengan seorang pendidik. Namun hal tersebut sangat tidak bisa lepas dari tanggung jawab seorang wartawan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Wartawan itu mengungkap fakta bukan rumor  

Pinocchio memang salah satu drama yang cukup memberikan saya gambaran mengenai apa saja kewajiban yang harus dilakukan oleh wartawan. Salah satu kewajiban seorang wartawan adalah mencari fakta dan mengungkap kebenaran. Memiliki peranan sebagai penyalur informasi, seorang wartawan hendaknya menyajikan berita yang kredibel kepada masyarakat. Tidak melebih-lebihkan dan mengurangi isi berita sudah menjadi kewajiban seorang wartawan. Dalam 20 episode Pinocchio, sang sutradara mencoba menunjukkan seseorang yang patut disebut wartawan dan bukan. Seorang wartawan dikatakan sebagai wartawan “sesungguhnya” apabila dia bisa mengungkap fakta, bukan hanya menyampaikan rumor. Seperti yang digambarkan pula dalam drama tersebut, sebuah rumor yang belum jelas kebenarannya dapat menghancurkan sebuah keluarga. Maka kesimpulannya adalah, seorang wartawan yang bertugas menyiarkan informasi kepada masyarakat tidak sepatutnya memberitakan rumor belaka.

Wartawan itu harus skeptis

Seorang wartawan juga harus dibekali dengan sikap skeptis, seperti yang digambarkan di drama Pinocchio. Lee Jong Suk dan Park Shin Hye yang berperan sebagai wartawan dalam drama itu juga digambarkan memiliki sikap skeptis. Dimana dirinya selalu memiliki naluri keingintahuan yang tinggi. Dengan bersifat skeptis dan kritis, seorang wartawan akan mampu melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang bagus. Karena dibekali naluri tidak lekas percaya, akan semakin memudahkan wartawan mengungkap suatu kebenaran.

Wartawan itu harus jujur

Salah satu keunikan dari Pinocchio adalah adanya salah satu wartawan yang mengidap “Sindrom Pinocchio”. Pasien Pinocchio tidak bisa berbohong, jikalau dia berbohong maka akan mengalami cegukan tanpa henti sebelum mengungkap kejujurannya. Park Shin Hye yang berperan sebagai Choi In Ha merupakan pasien Pinocchio. Dirinya selalu diremehkan oleh wartawan lain dikarenakan mengindap sindrom tersebut. Bahkan ibu kandungnya sendiri mengatakan bahwa Choi In Ha tidak bisa menjadi wartawan karena tidak bisa berbohong. Namun di akhir cerita drama, ditunjukkan bahwa tidak bisa berbohong sebenarnya bukan kelemahan dari seorang wartawan. Hal tersebut justru menjadi kunci utama bagi seorang wartawan. Karena wartawan harus jujur, wartawan tidak diperbolehkan menyampaikan berita kebohongan kepada publik. Daripada harus menjadi wartawan yang suka menyampaikan berita kebohongan, saya sarankan beralih saja ke profesi entertain.

Wartawan itu mengutamakan kepentingan masyarakat

Wartawan setidaknya lebih mengutamakan kepentingan dari masyarakat itu sendiri. Seperti yang kita tau bahwa fungsi dari pers itu sendiri adalah sebagai alat kontrol sosial, mengontrol jalannya pemerintahan dan juga pelaksanaan demokrasi. Tatkala terjadi ketidakadilan kepada segelintir orang maupun kelompok, tugas wartawan disitu ialah membuat semua orang tau mengenai tindakan diskriminatif tersebut. Dengan demikian diharapkan agar kehidupan bermasyarakat dalam sebuah negara dapat berjalan dengan seimbang. Lee Jong Suk dan Park Shin Hye yang berperan sebagai wartawan juga digambarkan berusaha keras mengungkap dalang dari sebuah kasus kebakaran. Dimana pelaku kebakaran tersebut hanyalah orang-orang kaya yang tidak bertanggung jawab.

       Nah, Saya sangat menyarankan kepada teman-teman untuk menonton Pinocchio, khususnya yang bercita-cita akan terjun ke dunia jurnalistik. Selain terdapat banyak hal yang bisa dipelajari, drama tersebut juga sangat memotivasi saya untuk menjadi sosok wartawan yang sebagaimana sudah diuraikan di atas. Sebagai penutup, saya ingin memberikan saran kepada pembaca, ketika belajar dengan membaca buku terkesan sedikit membosankan, lalu kenapa tidak mencoba belajar melalui drama di layar kaca ? ( bukan berarti saya melarang membaca buku lho, karena bagaimanapun juga buku adalah jendela dunia, hehe) 

Ikuti tulisan menarik Jayantara Ningsih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu