x

Iklan

achmad riy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Aku Ingin Jantungku Tetap Sehat

jantung adalah organ penting yg wajib kita jaga kesehatannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Namaku Ahmad, hampir lima bulan ini aku benar-benar melakukan pola gaya hidup sehat. Itu aku lakukan bukan hanya sekedar life style saja, namun karena adanya sebuah tuntutan. Maksudnya ? tepatnya bulan September tahun lalu, aku didoagnosis menderita hipertensi. Hal ini pun aku ketahui secara tidak sengaja, saat itu datang ke puskesmas niatnya untuk berobat sakit flu dan batuk, namun saat diperiksa tekanan darahnya, ternyata tekanan darah ku tinggi sekali yakni 150/90. Perasaan saat itu benar-benar tidak percaya, dalam batin berucap “bagaimana bisa diusiaku yang masih 27 tahun, aku sudah terkena hipertensi ? Padahal selama ini kalau diperiksa dokter,tekanan darahku selalu normal diangka 110/80.Namun tidak kali ini.

Karena hipertensi aku juga pernah mengalami kondisi yang sangat buruk, dimana sepertinya aku mau meninggal. Tubuh terasa lemas dan tiba-tiba jantung ini rasanya seperti digenggam, ditekan dengan erat sekali sehingga membuat aku kesulitan untuk bernafas. Aku terus menyebut nama Tuhan sambil berdoa kepada-Nya agar diberi kekuatan untuk menghadapi masalah ini. Pengalaman tersebut membuka mataku, membuat aku benar-benar sadar akan pentingnya sebuah kesehatan.

Aku adalah freelancer yang setiap harinya banyak duduk didepan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabku, aku yang dulu adalah orang yang cuek, tidak memperhatikan soal kesehatan. Walaupun aku bukan perokok, namun kalau soal gaya hidup, aku buruk sekali. Aku merupakan orang yg kurang bergerak, tidak pernah berolahraga, sering tidur larut malam, dan kalau sudah didepan komputer, camilannya adalah gorengan, chiki-chiki yg tinggi garam atau gula. Segala makanan apa aja dimakan, yg berlemak maupun berkalori tinggi. Saya juga suka makan makanan instant, pokoknya tidak sehat sekali! Hmm... sekarang baru sadar bagaimana akibatnya! Aku juga mempunyai berat badan yang bisa dikatakan berlebih, dengan tinggiku yang hanya 156 cm, berat badanku sekitar 68 kg.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dan bukan hanya hipertensi saja, ternyata aku juga punya kolesterol dan lemak darah yang tinggi. Hal ini baru aku ketahui beberapa bulan yang lalu saat melaukan cek kesehatan. Bagi saya, ini adalah hal yang tidak terduga sama sekali, beranggapan tidak mungkin terkena kolesterol, eh nyatanya kolesterol dan lemak darah saya tinggi diatas nilai sewajarnya. Kalian sudah pasti tahu kan jika hipertensi, kolesterol dan lemak darah tinggi, bisa sangat berbahaya bagi jantung ? padahal jantung merupakan salah satu organ terpenting yang berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Kalau jantung bermasalah ? Sudah pasti kita tidak akan bisa beraktifitas seperti biasanya. Bagi saya, tentu  ini adalah sebuah warning agar lebih berhati-hati lagi. 

Syukurlah saat aku berkonsultasi dg dokter, jantungku masih normal. Dan yang aku rasakan, rasa jantung seperti ditekan, kadang juga berdetak cepat, adalah akibat dari hipertensi dan kolesterol yang tinggi. Dokter menyarankan aku untuk rutin minum obat, dan yang paling penting adalah mulai menerapkan gaya hidup sehat secepatnya.

Aku ingin jantungku tetap sehat! dan aku benar-benar memotivasi diriku sendiri untuk melakukan semua apa yang sudah disarankan oleh dokter. Dan saat itu pun aku berusaha, berikhtiar untuk mulai melakukan gaya hidup sehat.

 
A. Pola makan

Kalau selama ini semua makanan aku libas, tentu sekarang sudah tidak bisa lagi. Aku harus mengurangi makanan yang tinggi garam, berlemak, dan goreng-gorengan. Sekarang aku memasak makananku sendiri, dengan membuat menu-menu makanan sehat yang sudah aku rancang sendiri tiap minggu. Aku juga sering berkolaborasi dg ibu untuk menentukan menu makan yang akan dibuat besok. Sayur-sayuran adalah menu yang wajib harus ada setiap hari, aku mengurangi makan-makanan yang digoreng, dan menggantinya dengan olahan rebus, kukus, atau panggang. Aku yang dulu adalah orang yang jarang sekali makan buah. Aku lebih suka makan snack, keripik-kripikan yang rasanya gurih atau sangat manis. Sekarang aku mengganti snack dengan buah-buahan sebagai camilanku. Buah sebagai sumber vitamin, gizi, dan anti oksidan memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita

 
B. Olahraga teratur

Bagi saya, ini butuh perjuangan yang keras, maklum karena sebelumnya jarang sekali olahraga. Tapi karena saya sudah berkomitmen pada diri sendiri, saya berusaha untuk teratur melakukannya. Tiap hari pasti saya sempatkan berolahraga. Metode yang saya lakukan adalah bersepeda selama 30 menit, kemudian jalan santai 15 menit. Hal itu rutin saya lakukan tiap Senin-Sabtu, dan untuk hari Minggu saja jogging selama 60 menit.

 
C. Istirahat dan bersenang-senanglah

Tubuh butuh istirahat yang cukup untuk meregenarsi sel-sel. Kalau aku dulu selalu tidur pukul dua belas malam, sekarang aku sudah bisa merubah kebiasaan buruk itu. Aku sekarang rutin tidur jam sembilan malam, atau paling lama pukul sepuluh malam. Selain istirahat yang cukup, jangan lupa juga untuk bersenag-senang. Mengapa ? karena dg pikirian kita yang selalu positif akan membuat kita selalu senang, rileks, dan tidak stess. Kita tahu bahwa stres itu tidak baik bagi kesehatan! Stress memang tidak bisa kita hindarkan, namun bisa kita kelola sebaik mungkin.

Setelah lima bulan ini konsisten melakukan perubahan gaya hidup seperti diatas, kini aku tidak mudah lelah, dan yang pasti badan lebih terasa segar. Aku ingin jantungku tetap sehat, ayo kita mulai gaya hidup sehat sekarang juga!
 
NB : Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog gaya hidup sehat untuk jantung sehat yg diadakan oleh yayasan jantung indonesia bekerjasama dg indonesiana

Ikuti tulisan menarik achmad riy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

12 jam lalu

Terpopuler