x

Iklan

Markus Mekeng

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

NGOPI Bareng OMK di IYD 2016

OMK se indonesia banya berdiskusi mulai dari lingkungan sampai ke teknologi digital. Kegiatan di hari kelima nampak sengit dengan NGOPI(NNobrol PIntar)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesiana-Hari kelima diskusi bersama pembicara Royke Pangalila dari WWF(World Wide Fund for Nature) Indonesia dan Petrus Sefi Kogoya pegiat lingkungan hidup dari komunitas Honi Belajar Wamena. Menurut mereka kerusakan bumi dipengaruhi beberapa faktor pemicu antara lain perdagangan, geo-politik, ekonomi, pariwisata dan yang lebih spesifik lagi yaitu sampah.  “Kondisi perairan dan hutan Indonesia makin menurun dari tahun ketahun karena kepentingan dan aktifitas perdangangan, bisnis, pariwisata yang meninggalkan sampah”,tegas Royke.

Banyak hal kecil yang secara tidak sadar kita lakukan turut merusak lingkungan tempat kita hidup. Pesta kembang api, pemakaian handphone dan laptop berlebihan turut menyumbang penyebab kerusakan lingkungan khususnya perusakan lapisan ozon sehingga suhu bumi ini makin memanas dari tahun ke tahun.

OMK diharapkan untuk bisa  memberikan andil dalam merawatl ingkungan. Dimulai dengan hal-hal kecil. Inilah tujuan diskusi ini,  yaitu untuk menggali dan men-share apa saja yang bisa dilakukan orang muda katolik dalam menghadapi masalah ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain diskusi tentang lingkungan hidup, di beberapa ruangan lain juga ada kelompok lain yang membahas tema-tema seperti OMK dan perpolitikan, OMK dan semangat berwirausaha ,OMK dan teknologi digital. Diskusi-diskusi ini menghadirkan orang-orang yang  berkompetensi  di bidang-bidang tersebut.

Diskusi yang diberi tag-line NGOPI (Ngobrol Pintar) ini, akan dilanjutkan hari ini  6 Oktober. Selain NGOPI ,para kontingen juga mengikuti jadwal  lain yang bersifat kerohanian seperti  jalan salib, Sharing pengalaman dan adapula sesi pengakuan dosa. Di sela-sela jadwal tersebut para OMK bisa mengunjungi  stand-stand  pameran dari masing-masing keuskupan. Venue  Pameran berada tepat disamping hall Emmanuel Amphiteater yang merupakan “Catolic Youth Center” keuskupan Manado. Pameran dimulai siang ini pukul 13.00 sampai besok sepanjang hari.

Laporan @BernardSamalona dan @Hyronimus Huku Ledjap

 

Ikuti tulisan menarik Markus Mekeng lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler