x

Iklan

Rian Darmawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Fenomena Sosialita Di Indonesia

Sosialita kaum elit yang ada di indonesia belakangan ini banyak pemberitaan mengenai sosialita ini, namun siapa sajakah mereka? apa saja yang dikerjakan?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana fenomena sosialita di indonesia, ada baiknya terlebih dulu kita memahami arti kata sosialita, apa yang dilakukan, dan motivasi dalam mereka kaum sosialita tersebut melakukannya.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi mis-persepsi seperti stigma yang salah yang biasa terjadi di masyarakat kita. Saya sebagai owner Grosir Tas Batam mencoba mengulasnya sebagai berikut.

Apa Itu Sosialita ?

Menurut wikipedia bahasa indonesia sosialita adalah seseorang atau sekelompok orang yang selsu berpartisipasi dalam aktifitas sosial dan menghabiskan waktu untuk menghibur atau dihibur pada acara-acara kelas atas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sosialita (inggris: sosialite) adalah akronim yang diserap dari bahasa inggris, berasal dari kata Sosial dan Elite. Dengan kata lain sosilita merupakan seseorang atau sekelompok orang elite yang suka bersosialisasi dan aktif dalam kegiatan sosial.

Kehidupan Sosialita

Dulu ketika fenomena sosialita ini lahir di negara paman sam, sosialita kerap kali aktif dalam kegiatan sosial seperti penggalangan dana, acara amal, dan acara lainnya yang bertujuan untuuk membangun kehidupan sosial, menolong seseorang, atau ikut dalam gerakan untuk kemanusiaan.

Sekarang ini pengertian sosialita telah bergeser dari definisi aslinya, sosialita tidak lagi berarti sosial, namun pribadi.

Kaum ini tidak lagi aktif membantu dalam kegiatan sosial, bahkan hadir pun tidak. Mereka lebih suka memamerkan kekayaan mereka, gaya hidup mewah mereka, dan menghabiskan uang untuk hal-hal yang untuk beberapa orang terbilang pemborosan.

Perilaku tersebut atau gaya hidup mereka tersebut biasanya hanya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain, agar dianggap luar biasa, atau hanya sekedar membangun citra diri.

Sosialita Di Indonesia

Oleh sebab pengertian sosialita yang adalah kaum elit yang suka melakukan kegiatan sosial telah bergeser, maka kita mendapatkan orang-orang yang hanya memamerkan kekayaan mereka saja dan yang ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain. Sehingga kita mendapatkan orang-orang sebagai berikut :

1. Richard Muljadi

Richard Muljadi adalah sosialita sekaligus cucu wanita terkaya indonesia, Kartini Muljadi. Kekayaan Kartini Muljadi mencapai 715 Juta Dolar US. Richard merupakan pewaris dan pengelola bisnis perusahaan farmasi yang didirikan oleh keluarganya.

Richard sendiri yang berusia 28 tahun ini juga sering mengunggah kemewahannya di akun instagram miliknya. Selain itu ia memiliki koleksi baju mewah mahal dan koleksi mobil sport keluaran pabrikan ternama.

2. Ezra William

Nama lengkapnya adalah Ezra J William. Ia merupakan pelajar skaligus pencinta fashion. Walaupun lahir di jakarta kini ia menetap di New York, sebelumnya ia juga pernah tinggal di singapura, hongkong, dan los angeles.

Lewat akun istagram dan website pribadinya Ezra juga sering memposting keikut sertaannya menyaksikan berbagai acara fashion week dan launching perdana brand-brand fashion ternama.

Sosok cowok kemayu ini juga digadang-gadang sebagai saingan terberat syahrini dalam hal memamerkan fashion dan kekayaan pribadinya.

3. Jamie Chua

Jamie chua adalah wanita asal singapura yang merupakan janda dari konglomerat indonesia Nurdin Cuaca. Pernikahan mereka kandas setelah 15 tahun menikah.

Pada saat proses perceraiannya tersebut Jamie Chua menuntut Nurdin Cuaca tunjangan sebesar 332.000 dolar US atau setara dengan Rp 4 Miliar per bulannya. Chua mengatakan uang itu akan digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan anak dan dirinya. Dan ia pun memenangkan tuntutan tersebut.

Selain kehidupan pribadinya yang kontroversial ia juga merupakan kolektor tas hermes. Ia bahkan mempekerjakan dua orang asisten hanya untuk memfotonya. Tidak mengerjakan pekerjaan lain, hanya memfoto. Menurutnya ia harus selalu tampil prima didepan para folowernya.

 

Agaknya fenomena sosialita tersebut merupakan eforia yang banyak menjadi perhatian masyarakat indonesia belakangan ini.

Ikuti tulisan menarik Rian Darmawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu