x

Iklan

Nuy R.w

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juni 2019

Rabu, 12 Juni 2019 19:08 WIB

Manfaat Informasi Akuntansi Diferensial bagi Pengambil Keputusan

pengambilan keputusan bagi manajemen dari informasi akuntansi diferensial

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

penulis : Nurrokhmahwati (Mahasiswa S1 Akuntansi, FE, UNISSULA)
Drs. Osmad Mutaher, Msi. (Dosen Akuntansi Manajemen, FE, UNISSULA)
 

      Manfaat informasi Akuntansi Diferensial bagi pengambil Keputusan

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


     Sebuah perusahaan akan mengalami kondisi pasang surut dalam menjalankan kegiatan ekonominya, ini merupakan hal yang wajar. Dengan kondisi dan situasi tersebut, manajemen perusahaan memiliki peranan penting dalam menjalankan roda kegiatan perusahaan. Bisa dikatakan bahwa keberhasilan perusahaan tergantung pada kemampuan manajemen dalam mengelola perusahaan, mulai dari menentukan tujuan organisasi hingga kegiatan-kegiatanya. Dalam individu organisasi, manajemen membuat keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan.Setiap perusahaan selalau dihadapkan dengan berbagai macam tantangan dan permasalahan. Termasuk didalamnya permasalahan dalam pengambilan kepututsan yang tepat. Salah satu jenis informasi yang tepat untuk manajemen adalah informasi akuntansi diferensial. Analisis biaya diferensial sangat diperlukan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh perusahaan dalam usaha meningkatkan laba dan mengurangi kerugian.

Sebelumnya kita harus mengerti apa sih informasi akuntansi diferensial itu ?


     Informasi akuntansi diferensial merupakan informasi akuntansi yang dihubungkan dengan pemilihan alternatif. Informasi akuntansi defernsial merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan, dan biaya dalam alternatif tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif tindakan yang lain.

Lalu apa manfaat informasi akuntansi diferensial bagi
pengambil keputusan?????

Nah, berikut ini manfaat informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan
yaitu :
1. Membeli atau membuat sendiri (make or buy desicion)
      Pada kondisi seperti ini manajemen perlu memperhitungkan pengorbanan dan manfaat dari pemilihan membeli atau membuat sendiri dan Manajemen perlu pula mempertimbangkan pendapatan diferensial sebagai hasil pemanfaatan fasilitas yang dihentikan pemakaiannya dalam bisnis lain.

  1. Menjual atau memproses lebih lanjut suatu produk (sell or process further)
          Dalam pengambilan keputusan ini, informasi akuntansi diferensial yang diperlukan oleh manajemen dalah pendapatan diferensial dan biaya diferensial. Jika pengolahan lebih lanjut tidak memerlukan tambahan fasilitas produksi, dan dengan pendapatan diferensial lebih besar dibandingkan dengan biaya diferensial, maka alternatif yang dipilih adalah memproses lebih lanjut
  2. Menghentikan atau melanjutkan produk tertentu atau kegiatan suatu bagian perusahaan
    (stop or continue product line)
          Manajemen dalam kondisi ini harus memeperhitungkan ysng tepat dengan beberapa departemen perushaan, jika dengan penghentian produksi tersebut fasilitas produksi tidak dapat dimanfaatkan untuk kegiatan usaha bisnis yang lain, maka jika biaya terhindarkan lebih besar daripada pendapatan yang hilang akibat dihentikan produksi produk usaha departemen tertentu, maka alternatif penghentian tersebut sebaiknya dipilih.
  3. Menerima atau menolak pesanan khusus (special order decision)
          Informasi akuntansi diferensial yang harus dipertimbangkan dengan relevan adalah pendapatan diferensial dan biaya diferensial. Jika pendapatan diferensial (yaitu tambahan pendapatan denganditerimanya pesanan khusus )sebaiknya diterima. Di lain pihak, jika pendapatan diferensial lebih rendah dibandingkan dengan biaya diferensial, maka pesanan khusus sebaiknya ditolak.

Pengambilan keputusan tepat itu penting untuk perusahaan demi kelanjutanya, lalu bagaimana cara manajemen mengambil keputusan dari manfaat informasi akuntansi diferensial ?????

Yuk lihat dibawah ini .. !!!!

     PT.Oki memproduksi produk X dalam pabrik yang berkapasitas 300.000 satuan pertahun. Untuk tahun anggaran 20X1 perusahaan merencanakan akan memproduki dan menjual produk X sebanyak 150.000 satuan dengan harga jual sebesar Rp.1.500 persatuan. Anggaran biaya untuk tahun tsb sbb :

       Data biaya persatuan dan total biaya produk x

 

Persatuan

Total

Biaya variabel :

Biaya produksi variabel

Baiaya komersial variabel

 

Rp 500

Rp 200

 

Rp 75.000.000

Rp 30.000.000

Biaya tetap :

Biaya produksi tetap

Biaya komersial tetap

 

Rp 400

Rp 230

 

Rp 60.000.000

Rp 34.500.000

Total biaya

Rp 1.330

Rp 199.500.000

 

Misal perusahaan menerima pesanan khusus ( diluar pesanan yang reguler )sebanyak 30.000 satuan produk X dari perusahaan lain. Harga yang diminta oleh pemesan Rp.950 perpesanan.

 
Image result for pengambil keputusan manajemen

 

Dari data diatas sepintas harga pesanan tersebut jauh berada harga jual yang normal , bagaiamana manajemen mengambil keputusan teersebut?

 

Pendapatan diferensial   : 

       30.000 satuan x Rp.950                                                          Rp.28.500.000

       Biaya diferensial            :

       By. Produksi Variabel                                                             (Rp.15.000.000)

       By. Komersial Variabel                                                           (Rp. 6.000.000)

Laba Diferensial                                                                               Rp. 7.500.000

             Keputusan manajemen berdasarkan informasi akuntansi diferensial seperti disajikan diatas maka sebaiknya alternatif yang dipilih oleh  PT. Oki yaitu menerima pesanan khusus tersebut, karena pendapatan lebih tinggi dibandingkan dengan biaya diferensial.

Related image

      Informasi akuntansi dibutuhkan oleh manajemen untuk menyusun rencana kegiatan perusahaan. Informasi akuntansi diferensial sangat bermanfaat pada tahap penganalisaan konsekuensi tiap alternatif tindakan yang digunakan dalam pengambilan keputusan. Keputusan manajemen untuk memilih alternatif suatu keputusan yang tepat, relevan untuk masa depan yang baik bagi perushaan tersebut. Olehkarena itu manajemen bisa menggunakan alternatif yang sesuai dengan hasil yang tepat dan menguntungkan, MANFAAT Lebih Besar dibandingkan PENGORBANAN bagi perusahaan maka alternatif ini sebaiknya DIPILIH, jika MANFAAT Lebih Kecil dibandingkan PENGORBANAN bagi perusahaan maka alternatif ini sebaiknya TIDAK DIPILIH.

 

Refrensi :

https://www.academia.edu/4908800/INFORMASI_AKUNTANSI_DIFERENSIAL_Differential_Accountin
g_Information
http://nabilasishma.blogspot.com/2013/05/informasi-akuntansi-dengan-alternatif_1037.html?m=1
https://img.ucweb.com/s/uae/g/6l/sharebacklink/6a994ecb3aa118274969d9aac12bba62.html?ws_short=7xzbdWLqJPwd
https://scholar.google.co.id/scholar?q=artikel+pengambilan+keputusan+informasi+akuntansi+difere
nsial&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&u=%23p%3D08v6yNrRipcJ
Buku Mulyadi Akuntansi Manajemen Edisi 3, penerbit Salemba Empat

 

Ikuti tulisan menarik Nuy R.w lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler