x

Iklan

TD Tempino

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Makar

Satu lagi kesalahan ketik memberi akibat yang sangat fatal bagi nasib karier seseorang anak buah. Betapa tidak Anda bermaksud makar ya ingin menumbangkan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Posisi Huruf g dan f di key board bersebelahan. Hati hati menulis File bisa tertulis Gile.    Apalagi di HP  papan ketik kecil sementara bentuk jari tangan kebesaran sehingga salah senggol. Mau ketik f yang kena g.   Makna kosa kata "file"dan "gile" sangat berbeda. Satu bahasa Inggris yang artinya berkas sedangkan satu bahasa daerah Betawi artinya gila.   Bila terlanjur pesan salah ketik terkirim segera saja edit dan minta maaf agar tidak terjadi salah paham.   Ber resiko bila salah ketik terkirim ke Boss bisa berakibat di eliminasi dari peredaran.  Masa Pak boss di bilang Gile. Ampun dech.

Kesalahan ketik memang sangat sering  terjadi.  Bisa saja karena ingin buru buru mengetik selagi inspirasi  menguat.  Tidak salah juga cepat cepat mengetik, namun ada baiknya sebelum tulisan di posting di baca sekali lagi.  Dibaca dengan teliti agar kesalahan ketik bisa di perbaiki atau di edit.  Saya melakukan editing terkadang sampai tiga kali karena menyadari mengetik cepat itu memang dilakukan agar inspirasi tidak terputus.

Banyak kosa kata  ketika terjadi kesalahan ketik bisa bermakna beda seperti kosa kata file dan gile,  Selain kesalahan ketik sering pula terjadi ada satu huruf yang tidak terketik.  Contoh saja kerja menjadi kera.  Artinya huruf j hilang entah kemana sehingga kalimat rapat kerja menjadi rapat kera.  Bisa dibayangkan bagaimana gusarnya  pimpinan  mendapat undangan untuk membuka Rapat Kera.  Pasti lah beliau marah bersebab akan memberi arahan komunitas kera.  Tentu saja pakai bahasa khewan sehingga yang membuka Rapat itu juga adalah kera,

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Satu lagi kesalahan ketik memberi akibat yang sangat fatal bagi nasib karier seseorang anak buah.  Betapa tidak     "Anda bermaksud makar ya ingin menumbangkan  Boss" .  Waduh saya salah tulis sebenarnya maksud saya menyumbangkan .  Ampun deh itu kata kehilangan huruf Y.  Artinya menjadi kebalikan dari kebaikan. Ya ini bukan salah ketik Bung, karena tulisan ini anda tulis dengan tangan sendiri.  Jadi tidak boleh bilang salah ketik.

Point yang ingin saya sampaikan disini adalah kiranya bagi para penggiat media sosial agar lebih teliti.   Perbedaan makna karena kesalahan ketik adalah suatu yang wajar namun apabila kesalahan itu menyangkut hal hal yang berbau politik maka akibat nya akan lebih beresiko.   Media sosial sebagai salah satu sarana komunikasi antar warga seharusnya menjadi hiburan bukan tawuran. 

Salamsalaman

TD

Ikuti tulisan menarik TD Tempino lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler