x

Iklan

Mila Millis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Manfaat dan Kreasi Aneka Puding Sehat untuk Si Kecil

Puding adalah makanan yang memiliki tekstur lembut, kenyal dan berasa manis dan sering digunakan sebagai makanan penutup sajian lain yang lebih berat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Puding adalah makanan yang memiliki tekstur lembut, kenyal dan berasa manis dan sering digunakan sebagai makanan penutup sajian lain yang lebih berat. Makanan lunak ini banyak mengandung serat sehingga sangat baik jika dimakan setelah mengkonsumsi daging atau makanan berlemak tinggi lainnya. Serat akan membantu usus melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan yang tidak diolah lagi di dalam tubuh. Makanan ini juga mengenyangkan namun tidak mengandung lemak yang dapat menggemukkan tubuh. Namun ini juga dapat berubah tergantung dari campuran yang dimasukkan ke dalamnya.

Agar-agar sendiri dibuat dari sari rumput laut yang diolah secara alami dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia diantaranya:

  1. Anti kanker

Penelitian membuktikan, mengkonsumsi makanan yang mengandung rumput laut dapat memperkecil resiko terkena kanker sebanyak 30% dari orang yang jarang mengkonsumsinya.

  1. Anti oksidan
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Klorofil yang terdapat pada rumput laut juga dikenal sebagai zat antioksidan dapat mencegah radikal bebas yang memiliki pengaruh berbahaya terhadap tubuh.

  1. Mencegah cardiovascular

Rumput laut dapat menurunkan darah tinggi dengan cara menyerap kelebihan garam di dalam tubuh. Karena itu makanan mengandung rumput laut sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi dan stroke.

  1. Kaya serat

Rumput laut yang kaya serat sangat baik digunakan sebagai menu makanan diet yang membantu memperlancar buang air besar.

Sehat nya makanan ini juga sangat baik digunakan untuk camilan si kecil dari pada membeli snack olahan di warung-warung yang jelas mengandung bahan pengawet atau perenyah makanan. Bahan alaminya yaitu agar-agar dapat dibeli dengan warna yang menarik dan diolah dengan campuran bahan-bahan makanan yang sehat. Jika Anda berniat membuat makanan ini sesering mungkin, Anda juga dapat membeli agar-agar yang dikemas dalam satuan berat minimal 250 gram. Cara ini dapat menghemat pengeluaran Anda daripada membeli agar-agar sachet.

Jika Anda bingung untuk membuat kreasi puding sehat bagi ananda, mungkin contoh resep sederhana ini dapat membantu. Resep pertama menggunakan campuran beras merah yang sangat baik dikonsumsi oleh semua orang terutama anak balita. Kandungan besi, vitamin B1, B6 dan B12 yang tinggi dan teksturnya yang lembut juga cocok bagi bayi usia 9 - 12 bulan. Tapi disarankan untuk menggunakan perlengkapan yang steril agar makanan tidak terjangkit bakteri atau kuman. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatannya:

  • 2sdt agar-agar warna putih.
  • 50 gram beras merah ditumbuk halus.
  • 50 gram daging buah pepaya.
  • 200ml air.

Masak 2 sendok teh agar-agar bersama 200ml air, tambahkan 50 gram beras merah didihkan. Tuang dalam cetakan, biarkan dingin. Disajikan dengan daging pepaya yang sudah dihaluskan hingga menjadi setengah cair. Suap kan pada bayi dan balita Anda untuk selingan makan siangnya.

Selain resep di atas masih banyak lagi kreasi yang dapat Anda tambahkan untuk membuat cemilan sehat bagi si kecil, misalnya dengan menambahkan susu, yogurt, aneka buah, lelehan coklat atau karamel. Namun harus diingat tujuan pembuatan makanan dan minuman segar ini adalah menyehatkan sehingga takaran penambahan bahan lain juga perlu diperhatikan. Sebagai contoh, penambahan coklat dalam campurannya perlu disesuaikan dengan diet si kecil agar tidak kelebihan sehingga justru dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gigi berlubang, kelebihan gula, atau obesitas. Saat ini sudah banyak resep puding sehat yang dapat Anda temukan di berbagai media bahkan di bungkus sachet agar-agar tersebut. Pilih yang memiliki nilai gizi terbaik sehingga Anda dan keluarga mendapatkan manfaat dari resep tersebut.

Ikuti tulisan menarik Mila Millis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu