x

Sejumlah peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengerjakan soal di kampus Universitas Hasanuddin Makassar, (12/6). Pendaftar di kampus unhas untuk jalur SNMPTN tahun ini mencapai 24.101 peserta. TEMPO/Hariandi Hafid

Iklan

Riko Wijaya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Persiapkan Diri Menuju SNMPTN 2017

Pendaftaran SNMPTN segera dibuka

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam waktu dekat berkisar bulan Februari mendatang panitia seleksi pendaftaran khusus SNMPTN membuka pendaftaran, hal ini sesuai dengan data tahun lalu dimana persiapan dan pembukaan pendaftarana kan dilaksanakan pada bulan Februari.

Beberapa sekolah yang ada di Indonesia saat ditelurusi juga menyambut kabar tersebut dengan mulai mempersiapkan siswa yang akan direkomendasikan jalur Undangan, memang setiap jalur masuk yang dibuka sudah pasti berpihak hanya satu golongan saja.

Seperti kita ketahui bersama bahwa SNMPTN merupakan seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri dimana sistem seleksi yang dibuka untuk siswa berprestasi sangat disayangkan apabila siswa yang ingin terdaftar ternyata tidak dipilih oleh sekolah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Niat untuk melakukan pendaftaran akan hilang begitu saja, namun SNMPTN menjadi yang terbanyak dari jumlah pendaftar dari semua jalur masuk seperti SBMPTN, PMDK, atau SPAN dan UM PTKIN, hampir mencapai 1 juta peserta setiap tahun dan lebih dari 800 rb pendaftar setiap tahun.

Menempatkan posisi jalur masuk ini menjadi yang terpopuler, peserta juga berlomba-lomba untuk bisa masuk jalur seleksi satu ini, karena selain tanpa ujian tertulis jalur ini memberikan peluang besar untuk kuliah dengan UKT lebih murah dibandingkan dengan jalur SBMPTN.

Secara umum UKT memiliki kesamaan namun ada ketetapan bajet minimum dari setiap seleksi yang diikuti, untuk SNMPTN menjadi jalur dengan minimum yang cukup rendah semua itu menjadi penting untuk lulus.

Daya Serap untuk masing-masing sekolah juga memiliki perbedaan, jika kalian bersekolah di SMA Unggulan atau berakreditasi A beruntunglah kalian karena dimanata SNMPTN sekolah dengan katagori tersebut memiliki rata-rata peserta terbanyak dengan prestasi jadi hampir 75% yang terjaring dapat mengikuti SNMPTN.

Persiapkan diri anda terutama bagi kalian yang akan mendapatkan rekomendasi sekolah, sekitar Bulan Februari Pendaftaran dan Pengisian PDSS SNMPTN dimulai.

Ikuti tulisan menarik Riko Wijaya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu