x

Iklan

Mitra ImaDei

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

BERORGANISASI MEMBUAT BANYAK PERUBAHAN

Kami butuh berorganisasi agar kami menjadi PRT yang memiliki wawasan luas, memiliki ketrampilan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saya Dianna wati, tinggal di daerah Tebet Jakarta Selatan. Saya bekerja menjadi PRT (Pekerja Rumah Tangga). Dulu saya tidak mengetahui apa yang menjadi hak PRT(Pekerja Rumah Tangga). Yang saya tau, saya bekerja dan nanti saya akan mendapatkan bayaran (gaji). Walaupun banyak pekerjaan yang saya lakukan, tapi gaji saya tetap saja dibayar sesuai yang sudah di katakan pada awal pertama masuk kerja. Padahal waktu pertama masuk kerja saya hanya disuruh mengurus anaknya yang pertama. Tapi apalah daya, saya hanya seorang pekerja dan tidak memiliki hak apa-apa untuk menolaknya.

Pada bulan februari 2015 sampai saat ini,saya bergabung di Organisasi Pekerja Rumah Tangga (Operata Sedapmalam) yang beranggotakan para PRT. Sebelum saya ikut organisasi, saya orangnya pendiam dan takut untuk melakukan sesuatu hal. Sekarang setelah saya ikut dalam organisasi dan aktif dalam kegiatan di organisasi tersebut, keberanian muncul dalam diri saya.

Di dalam organisasi kita ada sekolah wawasan, di sekolah wawasan tersebut kita di ajarkan akan hak hak kita sebagai PRT. Tentang gaji yang layak, jaminan kesehatan, hari libur, cuti haid, upah lembur, kontrak kerja dsb.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, kita juga diajarkan les bahasa Inggris, ada les komputer dan menjahit. Sungguh banyak ilmu dan perubahan yang saya dapatkan setelah saya berorganisasi. Saya semakin bisa berpendapat dan menghargai mendapat oranglain.

Selain itu yang paling penting tujuan terbentuknya organisasi ini adalah untuk mendesak pemerintah agar segera mengeSAHkan RUU PRT menjadi UU PRT. Agar seluruh PRT memliki payung hukum dan mendapatkan perlindungan.

Supaya tidak ada lagi PRT yang mendapat kekerasan oleh majikan, tidak ada lagi majikan yang memandang sebelah mata,tidak ada lagi kata pembantu, kita ini PEKERJA BUKAN PEMBANTU.

Semoga dengan tulisan saya ini banyak PRT yang berani berorganisasi untuk mencapai hidup layak PRT. Jangan takut untuk bergabung bersama, berjuang bersama. Untuk kelangsungan hidup yang lebih baik.

Untuk para majikan, hargailah PRT yang sekarang bekerja di rumah anda. Kami bukan pembantu, tapi pekerja. Kami manusia yang butuh waktu untuk istirahat, hari libur untuk menghilangkan rasa jenuh. Kami butuh berorganisasi agar kami menjadi PRT yang memiliki wawasan luas, memiliki ketrampilan. Jadi izinkan kami para PRT untuk ikut berorganisasi.

Penulis:Dianna wati

Dari Operata Sedapmalam Tebet

Ikuti tulisan menarik Mitra ImaDei lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu