x

Iklan

PARDOSI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

7 Jalan Menuju Keamanan Energi

Buku berjudul 7 Jalan Menuju Keamanan Energi, baru saja diterbitkan dan akan segera beredar di pasaran. Penulis buku, Ishak Pardosi,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Buku berjudul 7 Jalan Menuju Keamanan Energi, baru saja diterbitkan dan akan segera beredar di pasaran. Penulis buku, Ishak Pardosi, menuturkan, karya tersebut merupakan kumpulan hasil wawancara yang dibumbui sedikit analisis tentang kondisi sektor energi Indonesia saat ini, yang dalam tiga tahun terakhir mengalami kelesuan.

Buku yang dibagi dalam 7 Bab ini menguraikan kembali makna keamanan energi, yang pada intinya adalah bagaimana mencapai kebutuhan energi nasional tanpa harus terjebak dalam pro kontra urgensi impor energi. Keamanan energi berbeda dengan kedaulatan energi ataupun ketahanan energi. Keamanan energi lebih menitikberatkan tentang upaya sebuah negara untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu negara paling konkrit adalah Singapura, yang sama sekali tidak memiliki sumber minyak atau gas, tetapi tetap mampu bersaing secara ekonomi.

Di bagian lain, buku ini juga membahas tentang pentingnya peran pemerintah untuk memberikan hak istimewa kepada PT Pertamina (Persero) sebagai BUMN dalam pengelolaan sumber daya alam Indonesia. Pun begitu, kehadiran perusahaan energi milik asing juga tidak perlu dipersoalkan selama kebutuhan energi nasional bisa terpenuhi. Dengan demikian, keamanan energi alias energy security merupakan cita-cita yang harus diperjuangkan bersama-sama, tanpa harus membeda-bedakan perusahaan nasional ataupun asing.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai sebuah karya wartawan yang berkecimpung di sektor energi, penulis menyadari buku ini hanyalah sebuah renungan singkat yang belum mampu menjawab secara utuh tentang bagaimana membangun energi Indonesia ke arah yang lebih baik. Tetapi paling tidak, penulis berharap buku ini telah menambah khazanah dalam bingkai energi Indonesia.

Ikuti tulisan menarik PARDOSI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler