x

Iklan

imagologi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Negara Vatikan

tidak bisa dipungkiri bila perpolitikan dunia tidak pernah membeku. Adapun kiprah para negara kecil dengan pengaruh besar seperti vatikan memberikan cerita

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Meski tidak sedikit orang memperselisihkan status Vatikan di Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan asumsi bila Vatikan adalah lembaga tertinggi agama dan bukan negara politik. Realita sekarang ini, Vatikan merupakan pengamat tetap, atau negara nonanggota, dalam organisasi PBB. Vatikan sudah menyandang status politik ini medio tahun 1964. 

Kedaulatan bukan semata soal imagologi, karena kedaulatan sering diartikan sebagai kekuasaan tertinggi, merupakan kekuasaan penuh dan tertinggi dalam suatu negara untuk mengatur seluruh wilayahnya tanpa campur tangan dari pemerintah Negara lain. Nah, apa yang terjadi  merupakan manifestasi dari bentuk negara Teokrasi.

Pada negara Teokrasi yang berdaulat, identik dengan yang namanya pemusatan kekuasaan  pada tokoh spiritual yang sekaligus sebagai Kepala Negara. Dalam Negara Teokrasi, Kepala Negara yang sekaligus tokoh spiritual, biasanya dianggap sebagai keturunan Dewa, manusia setengah Tuhan, dan manusia pilihan Tuhan, bahkan juga dianggap sebagai reinkarnasi dari orang suci.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Negara Teokrasi ini populer pada abad pertengahan dan sebelumnya. Salah satu contoh negara teokrasi pada masa sebelum masehi adalah Negara Mesir Kuno. Mesir Kuno, dipimpin oleh kepala negara yang diberi gelar Fir’aun. Dalam hal ini, Fir’aun dianggap jelmaan Dewa oleh rakyatnya. Sehingga apa yang diucapkan Fir’aun diakui sebagai hukum oleh rakyat.

Berbicara  mengenai  Vatikan,  tentu  saja  kita  akan  mengenal  negara  itu sebagai pusat agama Katolik Roma yang dipimpin oleh Paus. Kedudukan Vatikan tidak dapat dipisahkan dari proses unifikasi Italia yang berakhir pada tahun 1870 dengan didudukinya Roma sekaligus menjadikannya sebagai Ibukota Kerajaan Italia. Dan yang pasti, Vatikan bukan hanya sekadar negara agam yang menjadi anggota negara di kawasan Eropa melainkan juga negara anggota PBB.

Ikuti tulisan menarik imagologi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB