x

Iklan

Aye Sudarto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sistem Monitoring Pekerjaan Berbasis Komunitas Menjadi Penting

Pertemuan Konsultatif antara Tim Program Promote Kerja Layak Pekerja Rumah Tangga dan Penghapusan Pekerja Rumah Tangga Anak dengan Dinas PP, PA dan KKB

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pertemuan Konsultatif antara Tim Program Promote Kerja Layak Pekerja Rumah Tangga dan Penghapusan Pekerja Rumah Tangga Anak dengan Dinas PP, PA dan KKB pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2017 di Aula pertemuan Dinas PP, PA dan KKB.

Meskipun dengan sumber Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Kota Metro yang sangat minim, jika disertai dengan niat dan koordinasi yang baik antara semua pihak, KLA dapat diwujudkan. Salah satunya dengan melibatkan kader dalam sosialisasi di masyarakat lapisan bawah.

Dijelaskan dalam sosialisasi pada kegiatan rakor KB di kecamatan dan kelurahan bahwa, tidak dibenarkan untuk mempekerjakan anak pada sektor rumah tangga dikarenakan menjadi salah satu bentuk pekerjaan terburuk anak ( BPTA ) dan kerja layak PRT pada.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sistem monitoring Pekerja berbasis komunitas menjadi penting. Hal ini untuk memastikan Kota Metro bebas dari BPTA. Team Pemantauan Pekerja yang sudah berjalan di kelurahan Iring Mulyo menjadi model pemantauan berbasis masyarakat.                       

Pertemuan Konsultatif antara Tim Program Promote Kerja Layak Pekerja Rumah Tangga dan Penghapusan Pekerja Rumah Tangga Anak dengan Dinas PP, PA dan KKB pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2017 di Aula pertemuan Dinas PP, PA dan KKB.

Meskipun dengan sumber Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Kota Metro yang sangat minim, jika disertai dengan niat dan koordinasi yang baik antara semua pihak, KLA dapat diwujudkan. Salah satunya dengan melibatkan kader dalam sosialisasi di masyarakat lapisan bawah. Dijelaskan dalam sosialisasi pada kegiatan rakor KB di kecamatan dan kelurahan bahwa, tidak dibenarkan untuk mempekerjakan anak pada sektor rumah tangga dikarenakan menjadi salah satu bentuk pekerjaan terburuk anak ( BPTA ). Ditambahkan bahwa konsep kerja layak PRT didukung dengan pelaksanaan sistem monitoring PRT/PRT Anak berbasis komunitas menjadi penting dilakukan pada tingkat RT.

Hal ini untuk memastikan Kota Metro bebas dari BPTA dan mendukung Kerja Layak bagi PRT. Tim Pemantauan PRT/PRT Anak Komunitas (PBK) yang sudah berjalan di kelurahan Iring Mulyo menjadi model pemantauan berbasis masyarakat.

Ikuti tulisan menarik Aye Sudarto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler