5 Cara untuk Mengatasi Rasa Gelisah, Resah, atau Khawatir

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap orang memiliki perasaan cemas, gugup, tegang dan stres setiap waktu. Berikut ini adalah 5 cara untuk membantu mengatasinya:

Gelisah kalau dalam kosa kata bahasa inggris Anxious, worried, atau nervous merupakan ekspresi seseorang pada saat mengalami kekhawatiran, kegelisahan, atau kegugupan, biasanya tentang kejadian yang akan segera terjadi atau tentang sesuatu dengan hasil yang tidak pasti.

Sedangkan menurut KBBI Gelisah (ge·li·sah) n tidak tenteram, selalu merasa khawatir (tt suasana hati); tidak tenang (tt tidur); tidak sabar lagi dl menanti dsb; cemas: semua penduduk -- mendengar desas-desus bahwa rumah mereka akan digusur.

Setiap orang memiliki perasaan cemas, gugup, tegang dan stres setiap waktu. Berikut ini adalah 5 cara untuk membantu mengatasinya:

1. Relaksasi

Kita semua berpikir kita tahu bagaimana untuk rileks. Tapi bersantai di depan TV atau komputer bukanlah relaksasi yang sebenarnya (Namun tergantung pada apa yang kamu lihat atau lakukan, bahkan jika tanyangnya tidak pas akan membuatmu lebih tegang.)

Hal yang sama berlaku untuk alkohol, narkoba atau tembakau (rokok). Barang-barang tersebut sepertinya bisa menghilangkan kecemasan atau stres, tapi hal tersebut adalah keadaan relaksasi yang ‘palsu’.

Apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh adalah latihan teknik relaksasi sehari-hari, seperti pernapasan dalam, tai chi, atau yoga yang memiliki efek fisik pada pikiran.

Misalnya, pernapasan dalam membantu merilekskan saraf besar yang membentang dari diafragma ke otak, mengirimkannya ke seluruh tubuh untuk melepaskan dan melonggarkan dari tekanan.

2. Cukup Tidur, Gizi dan Olahraga

Ingin pikiran dan tubuhmu merasa damai dan cukup kuat untuk mengatasi pasang surut hidup? Cukup tidur atau sesuaikan dengan kebutuhanmu, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Makan dengan baik, pilihlah buah, sayuran, protein tanpa lemak dan biji-bijian untuk mendapat energi jangka panjang (bukan enrgi instan yang berasal dari terlalu banyak konsumsi gula atau kafein).

Olahraga juga untuk mengirim oksigen ke setiap sel di tubuh, sehingga otak dan tubuh bisa bekerja sebaik mungkin. Tentu Anda tidak harus berolahraga sekeras pemain sepak bola profesional, namun olahraga ringan dan rutin sudah bisa menjadi awalan yang bagus.

3. Bersosialisasi

Luangkan waktu bersama teman atau keluarga. Aktivitas dalam organisasi sangat bagus, tapi nongkrong juga ada baiknya.

Melakukan hal-hal dengan orang-orang dekat untuk memperdalam ikatan akan memungkinkan kita merasa didukung dan terlindung. Kebahagiaan karena berbagi dan berkumpul akan menyertai kita supaya dapat merasa lebih bahagia dan tidak mudah kesal dengan berbagai hal.

Jika kamu merasa khawatir atau cemas akan sesuatu, membicarakannya dengan seseorang yang mendengarkan dan peduli dapat membantumu merasa lebih mengerti dan lebih mampu mengatasinya.

Kamu akan diingatkan bahwa terkadang setiap orang memiliki perasaan ini. Lalu yang harus selalu diingat adalah: kamu tidak sendirian.

4. Menyatu dengan Alam.

Jalan-jalan di taman atau mendaki gunung dapat membantu orang merasa damai dan tenang. (Pilih tempat yang kamu rasa aman sehingga dapat bersantai dan menikmati lingkungan sekitar).

Aktivitas seperti berjalan kaki, hiking, bersepeda atau ski salju menawarkan manfaat olahraga juga. Ajaklah seorang teman, dua orang atau anggota keluarga supaya kamu bisa menikmati perasaan berhubungan dengan orang lain sambil bercanda dan tertawa bersama tanpa saling lempar kata kata sindiran buat pacar atau teman dekatmu yang tentunya tidak baik.

5. Hanya Perhatikan Hal-hal yang Baik.

Cara yang bagus untuk mencegah pikiran kita terjebak dalam kekhawatiran adalah memusatkan pikiran pada hal-hal yang baik, indah dan positif.

Seperti menghargai berkat kecil sehari-hari. Biarkan dirimu untuk bermimpi, berharap dan membayangkan, supaya hanya yang terbaik yang bisa terjadi.

mengalami kegelisahan -foto:hdfondos.eu

Catatan:

Saat kegelisahan atau kekhawatiran terasa ekstrem, itu mungkin pertanda adanya gangguan kecemasan. Bagi seseorang yang memiliki gangguan kecemasan, mendapat perawatan yang tepat dari seorang profesional kesehatan itu penting.

Kiat-kiat diatas mungkini bisa membantu juga, tentunya. Tapi perawatan profesional adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan gangguan kecemasan tersebut.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Jawara Ara

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua