x

Iklan

Danur Osda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Investasi Online untuk Mendulang Keuntungan

Kemajuan teknologi memengaruhi kehidupan manusia secara menyeluruh termasuk di sektor investasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kemajuan teknologi memengaruhi kehidupan manusia secara menyeluruh termasuk di sektor investasi. Kalau dahulu investasi hanya dilakukan secara langsung, saat ini investasi bisa dilakukan secara online. Pemilik modal tidak perlu lagi menawarkan dana segarnya kepada pemilik bisnis karena sudah ada lembaga yang mengelolanya dengan aman dan menjanjikan keuntungan yang berlipat.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang investasi online yang ada di Indonesia dan peluangnya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Reksadana

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Reksadana adalah sebuah platform atau wadah yang mengumpulkan dana dari masyarakat. Dana yang terkumpulkan akan dikelola langsung oleh manager yang berpengalaman di bidangnya. Manager ini akan menanamkan modal yang ada di berbagai jenis investasi seperti obligasi, pasar modal hingga pasar uang.

Reksana dana awalnya hanya dikelola oleh bank secara offline saja. Saat ini, investasi online reksadana mulai bermunculan dengan hadirnya beberapa startup yang mengumpulkan dana secara online. Beberapa startup yang bergerak dalam bidang reksadana online adalah Bareksa dan Bibitnomic.

2. P2P Lending

Yang membedakan reksadana dengan P2P Lending hanyalah prosesnya. Investasi online jenis ini akan memberikan pinjaman secara langsung kepada mereka yang membutuhkan. Dana yang terkumpulkan akan disalurkan ke perusahaan yang berkembang baik secara individu atau kelompok.

Saat ini perusahaan baru dalam bidang P2P Lending mulai berkembang di Indonesia dan berusaha memberikan kemudahan investasi online. Mereka membuat platform khusus yang bisa dijangkau oleh pemilik modal untuk mendaftar, mengirim uang, hingga melakukan pemantauan bunga secara realtime.

3. Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang saat ini sedang menjadi buah bibir masyarakat. Satu Bitcoin bisa dihargai Rp30-40 juta. Bayangkan kalau Anda memiliki Bitcoin yang jumlahnya banyak, untung yang didapatkan bisa berkali lipat. Saat ini, Bitcoin diperjualbelikan di pasar global dengan harga yang fluktuatif setiap harinya.

Hampir sama dengan bursa saham, saat harga Bitcoin rendah, Anda bisa membeli sebanyak-banyaknya. Sementara itu kalau harga Bitcoin sedang melambung, Anda bisa menjualnya agar mendapatkan keuntungan.

Bitcoin hanya diperjualbelikan secara online. Anda bisa melakukan investasi online ini dengan mendaftar dahulu ke Bitcoin Indonesia dan melakukan pembelian dengan nominal tertentu.

4. Saham

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan sebagian perusahaan. Dengan memiliki saham perusahaan, Anda secara tidak langsung berhak mendapatkan dividen setiap tahunnya. Kalau perusahaan yang sahamnya Anda beli memiliki harga yang terus menanjak, keuntungan yang didapatkan juga berlipat ganda.

Saat ini layanan jual beli saham di Indonesia bisa dilakukan secara online. Anda tidak perlu datang ke bursa saham jika ingin membeli surat berharga dari perusahaan tertentu. Cukup gunakan layanan dari beberapa lembaga seperti Indopremier dan Mandiri Sekuritas.

5. Emas

Sudah menjadi rahasia umum kalau emas bisa digunakan sebagai lahan investasi yang menguntungkan. Harganya yang cenderung naik akan membuat investor mendulang untung secara instan karena selisih harga beli dan jualnya terpaut cukup jauh.

Seiring dengan berjalannya waktu, investasi emas mulai berkembang dengan pesat. Anda bisa melakukan investasi online untuk emas yang likuiditasnya tinggi. Beberapa platform di Indonesia mulai menyediakan jenis investasi emas ini seperti BukaEmas yang dicanangkan Bukalapak. Anda bisa membeli emas dengan uang berapa pun. Bahkan dengan Rp3.000 saja, emas bisa didapatkan.

Inilah beberapa investasi online yang bisa Anda lakukan untuk mendulang untung besar. Dari lima jenis investasi online di atas, mana yang Anda pilih?

Sumber : BP Lawyers

Ikuti tulisan menarik Danur Osda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu