x

Kegiatan Sekolah International Jakarta pada kelas science yang menyenangkan. Dokumentasi Global Sevilla

Iklan

Danur Osda

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 27 Maret 2024 13:54 WIB

25 Rekomendasi Sekolah Internasional di Jakarta

Berikut ini beberapa rekomendasi sekolah internasional yang ada di Jakarta yang mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan pendidikan untuk buah hati Anda:

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sekolah internasional di Jakarta telah menjadi pilihan utama bagi orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik dengan pengalaman multikultural bagi buah hati mereka. Dengan menawarkan kurikulum internasional yang diakui secara global, sekolah internasional menciptakan lingkungan belajar yang memadukan siswa dari berbagai latar belakang etnis dan budaya. Sebagai pusat kegiatan ekonomi dan budaya di Indonesia, Jakarta menjadi tempat bagi beragam sekolah internasional yang menarik minat tidak hanya komunitas internasional, tetapi juga warga lokal yang menghargai standar pendidikan global. Dalam menjelaskan popularitas fenomena ini, sangat penting untuk mempertimbangkan daya tarik, kelebihan, dan manfaat yang ditawarkan oleh sekolah-sekolah internasional di Jakarta. Dengan demikian, orang tua dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih pendidikan terbaik untuk masa depan anak-anak mereka.

 

Sekolah internasional juga menawarkan pendidikan yang berbeda dengan pendidikan tradisional yang didasarkan pada kurikulum nasional. Mereka umumnya mengikuti kurikulum internasional yang diakui secara global, seperti kurikulum berbasis Britania Raya, Singapura, Australia atau Amerika. Sekolah internasional menyediakan lingkungan belajar multikultural dan multibahasa, dengan tenaga pengajar dan staf dari berbagai negara. Tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global dimasa depan, memperluas wawasan mereka, dan membantu mereka mencapai potensi penuh mereka di dunia yang dinamis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Daya Tarik Utama Sekolah Internasional di Jakarta

 

  1. Kurikulum Internasional Sekolah internasional menawarkan kurikulum yang diakui secara internasional, memungkinkan siswa untuk mendapatkan kualifikasi yang diakui secara global dan membuka pintu bagi kesempatan pendidikan dan karir di seluruh dunia.

 

  1. Multikulturalisme Lingkungan multikultural di sekolah internasional memungkinkan siswa untuk belajar dan berinteraksi dengan individu dari berbagai latar belakang etnis, budaya, dan agama, memperluas pemahaman dan toleransi mereka terhadap dunia.

 

  1. Pengajaran dalam Bahasa Asing Banyak sekolah internasional menawarkan pengajaran dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, memberi siswa kesempatan untuk memperoleh keahlian berbahasa yang berharga dalam lingkungan global yang semakin terhubung.

 

  1. Fasilitas dan Teknologi Modern Sekolah internasional sering dilengkapi dengan fasilitas modern dan teknologi canggih, memungkinkan siswa untuk belajar dan berkembang dalam lingkungan yang mendukung.

 

  1. Pengalaman Belajar yang Aktif dan Kreatif Kurikulum internasional sering menekankan pendekatan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan berbasis proyek, memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kritis, kreatif, dan pemecahan masalah.

 

  1. Persiapan untuk Perguruan Tinggi Internasional Sekolah internasional membantu siswa mempersiapkan diri untuk studi lanjutan di perguruan tinggi internasional dengan menyediakan dukungan dalam persiapan ujian standar internasional seperti SAT, IB, atau A-levels.

 

  1. Kesempatan Pertukaran Budaya Melalui program pertukaran siswa, kunjungan lapangan, dan kegiatan ekstrakurikuler, siswa memiliki kesempatan untuk memahami dan menghargai budaya-budaya lain serta memperluas jaringan pertemanan mereka di seluruh dunia.

 

Berikut ini beberapa rekomendasi sekolah internasional yang ada di Jakarta yang mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan pendidikan untuk buah hati Anda:




1. Global Sevilla

Berlokasi di Jakarta Timur (Jl. Pulo Mas Jaya) dan Jakarta Barat (Jl. Kembangan Raya), Global Sevilla merupakan salah satu sekolah internasional papan atas di Jakarta. Didirikan pada tahun 2002, sekolah ini telah berkembang menjadi salah satu institusi pendidikan internasional yang diakui di Indonesia.

 

Misi Global Sevilla adalah menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang membekali siswa untuk masa depan yang sukses. Sekolah ini menekankan pada pengembangan karakter dan integritas siswa, serta mendidik mereka untuk menjadi pemimpin global yang mampu beradaptasi dengan perubahan dunia yang cepat dalam beberapa tahun terakhir.

 

Global Sevilla, sekolah internasional di Jakarta, menawarkan berbagai kurikulum sesuai jenjang, mulai dari IEYC untuk Playgroup, Fieldwork Education untuk Kindergarten, Cambridge Checkpoint dan IPC untuk SD, IGCSE untuk kelas 9-10, dan Cambridge AS dan A Level untuk kelas 11-12. Bahasa pengantar adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dengan Mandarin sebagai bahasa tambahan.

 

Fasilitas sekolah telah disesuaikan dengan standar internasional untuk mendukung perkembangan siswa, termasuk laboratorium, pusat kebugaran, lapangan olahraga, dan taman bermain outdoor. Ruang terbuka yang luas dan hijau memberikan lingkungan belajar yang menyegarkan dan tenang bagi siswa.

 

2. North Jakarta International School (NJIS) 

NJIS menawarkan kurikulum internasional dengan fokus pada pengembangan keterampilan akademik, sosial, dan pribadi. Sekolah ini menawarkan lingkungan belajar yang dinamis dan inovatif, di mana siswa didorong untuk mengeksplorasi dan mengeksplorasi dunia di sekitar mereka. North Jakarta Intercultural School, merupakan sebuah sekolah internasional swasta di Kelapa Gading, Jakarta, Indonesia. Sekolah ini adalah bagian dari jaringan sekolah internasional International Baccalaureate Continuum dengan pendekatan yang didasarkan pada kurikulum Amerika.

 

3. Australian International School (AIS) 

AIS (Australian International School) memberikan pendidikan berbasis kurikulum Australia dengan fokus pada penelitian ilmiah, kewirausahaan, dan pengalaman belajar di luar ruangan. Australian International School menawarkan lingkungan belajar yang dinamis dan kreatif, di mana siswa didorong untuk melakukan eksplorasi dunia di sekitar mereka. Program unggulan mereka termasuk kurikulum yang menekankan pengembangan keterampilan hidup dan kewirausahaan, serta peluang untuk mengikuti program pertukaran siswa ke Australia.

 

4. Singapore International School (SIS)

Singapore International School memiliki kurikulum Singapura yang terkenal akan keunggulan dalam hal seperti matematika, sains, dan teknologi. Singapore International School menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kreativitas siswa. Program unggulan mereka meliputi pendidikan dalam bahasa Inggris dan Mandarin, serta memberikan kesempatan untuk belajar di luar negeri dan mendapatkan pengakuan internasional.

 

5. Jakarta International School (JIS)

JIS memberikan pendidikan multibudaya dengan kurikulum berbasis Amerika. JIS menekankan pada integrasi teknologi, kesenian, dan olahraga dalam pembelajaran, hal ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses di zaman ini. Program unggulan mereka meliputi kurikulum yang berfokus pada pengembangan pemikiran kritis dan kreatif, kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek penelitian, dan dukungan siswa untuk mencapai prestasi akademik dan non-akademik.



6. Global Jaya International School 

Global Jaya International School menawarkan merupakan sekolah internasional dengan fokus pada pendidikan dalam pengembangan kepemimpinan, kewirausahaan, dan keterampilan global. Global Jaya International School menekankan pada pembelajaran aktif dan partisipatif, serta menyediakan lingkungan belajar yang inklusif & beragam. Program unggulan mereka termasuk kurikulum yang berfokus pada pengembangan keterampilan hidup dan kewirausahaan, serta peluang untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Australia.

 

7. Sekolah Victory Plus

Sekolah Victory Plus adalah Sekolah Berkelanjutan International Baccalaureate (IB) pertama di Kota Bekasi yang berdiri sejak tahun 1998. Sekolah ini menawarkan pendidikan yang komprehensif sejak tahun awal sampai persiapan universitas, dari usia 3 hingga 18 tahun. Komunitas belajar kelas dunia mereka menawarkan pengalaman pendidikan yang luar biasa dan membangun lingkungan yang terhubung, inklusif, dan menginspirasi bagi siswa, orang tua, alumni, fakultas, dan staf mereka.

 

8. Sampoerna Academy

Sampoerna Academy menyediakan pendidikan berbasis kurikulum internasional dengan fokus pada pengembangan keterampilan akademik dan kewirausahaan. Program unggulan mencakup kelas kecil, pendekatan pembelajaran berbasis proyek, dan program pengayaan akademik.

 

9. Sinarmas World Academy

Sekolah ini menawarkan kurikulum internasional yang menekankan pengembangan keterampilan kritis, kreatif, dan komunikatif. Mereka menekankan pembelajaran berbasis proyek, kolaborasi antar siswa, dan pengembangan kepemimpinan.



10. Gandhi Memorial International School 

Gandhi Memorial Intercontinental School adalah sebuah sekolah swasta internasional di Kemayoran, Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tahun 1950 bersama dengan Gandhi School Ancol. GMIS memiliki sekitar 500 siswa yang berasal dari lebih dari berbagai negara berbeda. GMIS menawarkan kurikulum yang aktif di luar jam sekolah yang mencakup pertunjukan tahunan, kompetisi olahraga, acara bakat musik, dan tari.

 

11. Jakarta Intercultural School (JIS) 

JIS (Jakarta Intercultural School) merupakan sekolah internasional yang menawarkan kurikulum berbasis Amerika dengan pendekatan holistik. JIS mengajarkan untuk menciptakan, mengajar, dan belajar bersama di tiga kampus yang seperti taman dengan fasilitas terdepan yang mendukung penyelidikan independen, pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan studi kolaboratif. Kegiatan olahraga, mengadakan produksi drama, melukis, memahat, merancang, dan berkreasi. Siswa-siswa kami dapat menjelajah dan tumbuh dalam lingkungan yang aman dan didorong untuk mengikuti passion mereka agar berhasil sebaik yang mereka bisa.

 

12. British School Jakarta (BSJ)

BSJ menawarkan kurikulum Britania Raya yang dan diakui secara internasional, dengan fokus pada pengembangan keterampilan kritis, kreatif & komunikasi. BSJ menggunakan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif, yang memungkinkan siswa untuk belajar dalam lingkungan yang mendukung dan merangsang. Program unggulan mereka termasuk kurikulum yang berfokus pada bahasa Inggris, program seni dan olahraga yang luas, serta kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi internasional.

 

13. Mentari Intercultural School

Mentari Intercultural School menyediakan pendidikan berbasis kurikulum internasional yang menekankan keberagaman budaya dan pengembangan keterampilan global. Program unggulan termasuk pembelajaran multibahasa, penekanan pada keterampilan kritis dan kreatif, serta dukungan siswa dalam mencapai potensi penuh mereka.

 

14. Nanyang Indonesian International School

Sekolah ini menawarkan kurikulum internasional yang berfokus pada pengembangan keterampilan akademik, kepemimpinan, dan pelayanan masyarakat. Mereka menekankan pembelajaran berbasis nilai-nilai budaya Indonesia dan internasional.

 

15. Beacon Academy

Beacon Academy menyediakan pendidikan berbasis kurikulum internasional dengan penekanan pada pengembangan keterampilan kritis, kreatif, dan kolaboratif. Program unggulan mencakup penggunaan teknologi dalam pembelajaran, program pengayaan akademik, dan dukungan individual bagi siswa.

 

16. Sekolah Ciputra

Sekolah Ciputra menawarkan pendidikan berbasis kurikulum internasional dengan fokus pada pengembangan keterampilan kewirausahaan, kepemimpinan, dan inovasi. Mereka menekankan pendekatan pembelajaran yang aktif dan berpusat pada siswa.

 

17. BINUS School Simprug 

BINUS School Simprug menyediakan pendidikan berbasis teknologi dengan kurikulum yang menekankan pengembangan keterampilan digital, inovasi, dan kewirausahaan. BINUS SCHOOL Simprug menyediakan fasilitas belajar mengajar internasional dengan ruang kelas ber-AC, laboratorium ilmu pengetahuan, laboratorium komputer, perpustakaan luas, pusat olahraga dalam ruangan, layanan konseling, klinik kesehatan, internet dan Wi-Fi, instalasi audio-visual di sebagian besar gedung, dua lantai bawah sebagai tempat parkir, bus sekolah, dinding panjat, taman bermain, dan kantin.

 

18. Sekolah Pelita Harapan (SPH) 

SPH (Sekolah Pelita Harapan) terkenal dengan kurikulum holistik dengan cara mengintegrasikan pendidikan akademis, karakter, dan pelayanan terhadap masyarakat. SPH hadir untuk memberkati setiap keluarga yang memilihnya sebagai rumah kedua melalui pendidikan komprehensif di lingkungan sekolah Kristen internasional. Lulusannya dilengkapi dengan visi untuk memimpin dan melayani di mana pun Tuhan menempatkan mereka. Identitas utamanya adalah panggilan untuk melayani, dan oleh karena itu, SPH berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan perjalanan siswa-siswanya.

 

19. Raffles International Christian School 

Raffles International Christian School menawarkan pendidikan berbasis nilai-nilai Kristen dengan pemfokusan pada pengembangan karakter dan kepemimpinan.  Raffles International Christian School menawarkan lingkungan belajar yang dinamis dan inovatif, di mana siswa didorong untuk melakukan eksplorasi dunia di sekitar mereka. Kampus pertama Raffles International Christian School ada di Pondok Indah, dan telah resmi berdiir pada bulan Juli 2005.

20. Saint John's International School

Saint John's International School menyediakan pendidikan berbasis kurikulum internasional dengan fokus pada pengembangan keterampilan akademik dan karakter. Program unggulan termasuk pendekatan pembelajaran berbasis teknologi, program pengayaan akademik, dan dukungan siswa dalam mencapai tujuan akademik dan pribadi mereka.

 

21. HighScope Indonesia

HighScope Indonesia menggunakan pendekatan pembelajaran aktif dan berbasis pengalaman untuk mengembangkan keterampilan intelektual, sosial, dan emosional siswa. Mereka menekankan pembelajaran melalui bermain, eksplorasi, dan kolaborasi.

 

22. ACG School Jakarta 

ACG School Jakarta adalah sekolah internasional yang menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dari Kindergarten hingga Tahun 13. Sekolah ini menawarkan lingkungan belajar yang kaya yang merangsang pikiran muda. Kurikulum mereka, International Baccalaureate (IB) yang diakui di seluruh dunia, memberikan kredibilitas instan bagi siswa di universitas mana pun di dunia.

23. Delima School

Delima School adalah sekolah yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Sekolah ini didirikan pada Juli 1996 sebagai bagian dari Association of Djakarta Christian Schools. Delima School mengajarkan kurikulum nasional dengan pendekatan internasional. Fasilitas sekolah mencakup ruang kelas ber-AC dengan akses internet, Ruang Teknologi Informasi, sudut dapur, perpustakaan dengan koleksi buku dan CD ROM, laboratorium sains, ruang musik, dan gymnasium yang juga berfungsi sebagai aula serbaguna.

24. Regality Academy 

Regality Academy adalah sekolah internasional di Jakarta Pusat yang menginspirasi semangat belajar, mempromosikan kepemimpinan siswa dan keterampilan abad ke-21. Sebagai Sekolah Dunia International Baccalaureate (IB), Regality Academy berwenang oleh Organisasi IB untuk menawarkan Program Tahun Awal, Tahun Menengah dan Diploma.

25. PSKD Mandiri School Jakarta 

PSKD Mandiri adalah sekolah yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Sekolah ini didirikan pada Juli 1996 sebagai bagian dari Association of Djakarta Christian Schools. PSKD Mandiri mengajarkan kurikulum nasional dengan pendekatan internasional. Sekolah ini menawarkan berbagai fasilitas seperti ruang kelas ber-AC dengan akses internet, Ruang Teknologi Informasi, sudut dapur, perpustakaan dengan koleksi buku dan CD ROM, laboratorium sains, ruang musik, dan gymnasium yang juga berfungsi sebagai aula serbaguna.



Referensi Global Sevilla

Ikuti tulisan menarik Danur Osda lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 jam lalu

Terpopuler