x

Iklan

Syarif Yunus

Pemerhati pendidikan dan pekerja sosial yang apa adanya
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

IKA UNJ Evaluasi Kinerja “Di Mana Seharusnya Berada?”

IKA UNJ lakukan evaluasi kinerja. Untuk mengetahui “di mana kita nyatanya berada” dan “di mana kita seharusnya berada”

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Evaluasi kinerja, buat siapapun penting dilakukan.

Termasuk IKA UNJ (Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta) pun tak luput untuk melakukan evaluasi kinerja kepengurusan. Khususnya jelang 60 hari sejak dilantik pada September 2017 lalu. Oleh karena itu, Badan Pengurus Harian (BPH) IKA UNJ melakukan evaluasi terhadap kinerja dan program kerja kepengurusan, di samping berbincang isu-isu strategis terkait pengembangan organisasi IKA UNJ ke depannya.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Satu spirit dalam evaluasi kinerja IKA UNJ, hari ini 25 Oktober 2017, adalah memetakan program kerja organisasi untuk mengetahui “di mana kita nyatanya berada” dan “di mana kita seharusnya berada”. Dengan spirit ini, diharapkan rekan-rekan pengurus IKA UNJ dapat “bergerak dan bergerak” guna menambah energi untuk merealisasikan program kerja yang telah dicanangkan saat Rapat Kerja lalu alih-alih mengenali kendala dan  kekurangan yang ada untuk memastikan tercapainya tujuan organisasi IKA UNJ; baik untuk sesame alumni, untuk almamater maupun untuk bangsa dan negara. ALUMNI MENGABDI, begitu tekad IKA UNJ.

 

“Evaluiasi ini penting untuk memetakan posisi IKA UNJ hari ini. Kita perlu mempercepat kinerja organisasi agar berdaya guna dan penuh maslahat. Karena, saya menghimbau rekan-rekan pengurus untuk melihat kembali program kerja yang sudah dicanangkan” ujar Juri Ardiantoro, Ketua Umum IKA UNJ di sela Rapat Bulanan BPH IKA UNJ hari ini.

 

Beberapa bahasan rapat bulanan BPH IKA UNJ yang perlu ditindaklanjuti dan diekseskusi secara nyata adalah sebagai berikut:

  1. IKA UNJ akan segera mempersiapkan website IKA UNJ sebagai sarana informasi dan corong organisasi dalam melakukan aktivitas, di samping upaya untuk melakukan optimalisasi data base/keanggotan alumni di IKA UNJ. Website ini nantinya akan bersinergi dengan UNJConnect sebagai mobile applications IKA UNJ yang sudah ada.
  2. Akan dibentuk tim BUKU Lansekap Pendidikan Indonesia yang melibatkan para pakar pendidikan dari UNJ untuk menulis, yang lebih menitikberatkan ”arah dan tantangan pendidikan di era milenial”.
  3. IKA UNJ pun akan memulai penerbitan Jurnal Ilmiah Kependidikan ”Cendikia Utama” untuk memfasilitasi para alumni yang berprofesi guru untuk menulis ilmiah, menulis jurnal sebagai sumbangsih pemikiran untuk dunia pendidikan. Melalui jurnal ini diharapkan para alumni UNJ yang guru dapat memanfaatkan sebagai sarana penulisan.
  4. Akan dijajaki penerbitan Kartu Anggota IKA UNJ bersama BNI yang dapat memberikan nilai tambah kepada alumni UNJ dengan segala kemudahannya. Untuk itu, sangat penting setiap prodi dan fakultas yang ada di UNJ memiliki organisasi Ikatan Alumni agar Kartu Anggota ini dapat disosialisasikan kepada seluruh alumni UNJ.
  5. Keuangan organisasi IKA UNJ juga akan  segera dirumuskan oleh tim khusus agar dapat mempermudah jalannya roda organisasi. Sesuai dengan spirit IKA UNJ kali ini, diharapkan program kerja dan kegiatan yang dilakukan dapat ”mendanai sendiri” kegiatan. Agar tidak melulu didanai oleh organisasi. Karena itu sangat dibutuhkan sinergi dan kreativitas untuk melaksanakan program kerja.
  6. Mulai November 2017, akan diselenggarakan Rapat DwiMingguan IKA UNJ pada setiap Rabu minggu ke-2 dan minggu ke-4 setiap bulannya di Sekretariat IKA UNJ di Gd. Pasca Sarjana Kampus UNJ. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat konsolidasi dan koordinasi dari setiap rencana program kerja dan isu-isu strategis yang perlu ditindaklanjuti.

 

Untuk itu, demi tercapainya tujuan organisasi IKA UNJ, para pengurus diharakan dapat berkoordinasi kembali sesuai bidang kerja masing-masing. Untuk memastikan terlaksananya program kerja dan nilai tambah IKA UNJ bagi lebih dari 110.000 anggotanya.

 

Melalui evaluasi kinerja ini, setidaknya IKA UNJ telah memunculkan kesadaran baru untuk memetakan jalannya organisasi termasuk para pengurus yang ada di dalamnya. Karena organisasi yang efektif adalah mereka yang mampu melakasanakan dan mengevaluasi secara efektif, apapun kegiatannya agar menghasilkan manfaat yang diinginkan.

 

Karena IKA UNJ hanya dapat hidup jika mampu melihat kesenjangan antara “harapan dan kenyataan” di dalam organisasinya sendiri …. Di situlah cerminan “Alumni Mengabdi”.

 

Maka kini, IKA UNJ bergeraklah dan terus bergerak …

Karena hari ini, tidak ada lagi yang perlu didiskusikan. Selain “berbuat untuk mengabdi kepada almamater”. Kalau bukan kita ,siapa lagi? Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

#IKAUNJ #AlumniMengabdi

 

Tentang IKATAN ALUMNI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (IKA UNJ)

Ikatan Alumni Univeristas Negeri Jakarta (IKA UNJ), sebelumnya bernama IKA IKIP Jakarta yang berdiri pada 20 September 1969 (48 tahun). Berubah menjadi IKA UNJ pada Mubes ke-IV pada Juni 2000. IKA UNJ beranggotakan lulusan FKIP UI, Sekolah Tinggi Olahraga (STO), IKIP Jakarta dan kini menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yang diperkirakan mencapai 107.000 alumni. Sebagai organisasi nirlaba, IKA UNJ bertujuan meningkatkan peran aktif dalam pengembangan tri dharma perguruan tinggi dan pengembagan kajian dan pemikiran di bidang pendidikan dan keguruan yang menjadi marwah kemajuan bangsa.

IKA UNJ berkomitmen kuat untuk mewujudkan harmonisasi alumni untuk alumni, alumni untuk almamater, dan alumni untuk bangsa-negara melalui prinsip “sinergi bersama”. IKA UNJ periode 2017-2020 dipimpin oleh Sdr. Juri Ardiantoro, PhD (Ketua). Informasi lebih lanjuut tenntang IKA UNJ dapat disimak melalui website: www.ikaunj.com.

 

Ikuti tulisan menarik Syarif Yunus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB