x

Iklan

Surif ES4

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Manfaat Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Bagi perusahaan, Masyarakat dan Pemerintah

Manfaat Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Bagi perusahaan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

       Dalam sebuah pemsahaan atau badan usaha. kegiatan bisnis menjadi perilaku ulama dari para pelaku bisnis. Selama ini perusahaan dianggap sebagai lembaga yang nieuiberikan keuntungan bagi masyaraka, dimana menurut pendekalan akuntansi tradisional. perusahaan hams dapat memaksimalkan labanya agar dapa memberikan sumbangan yang maksimum terhadap masyarakat. Namun, kegiatan bisnis tersebut tetap berorientasi pada keuntungan tanpa dibatasi oleh perbedaan sistem hukum. Kegiatan bisnis tersebut terutama yang bergerak di bidang pemanfaatan sumber daya alam baik secara langsung maupun yang tidak langsung tentu memberikan dampak pada lingkungan sekitarnya seperti masalah-msalah polusi. limbah. kamanan produk dan tenaga kerja. Adanya dampak pada lingkungan tersebut mempengaruhi kesadaran masyarakat akan pentingnya melaksanakan tanggung jawab sosial atau yang dikenal dengan CSR (Corporate Social Responsibility').

      Tanggung jawab sosial suatu perusahaan tidak terbatas pada para pengguna produk yang dihasilkannya, akan tetapi juga pada berbagai pihak yang berkepentingan eksternal. Misalnya ,suatu perusahaan berupaya menjadi " warga Negara Korporasi" yang bertanggung jawab antara lain berarti ketaatan pada peraturan perundang-undangan yang diterbitkan oleh pemerintah seperti membayar pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai,pajak ekspor dan berbagai pajak lainya,pemilik bsrbagai perizinan yang disyaratkan dan lain sebagainya, kesediaan berpartisipasi dalam kegiatan sosial, dan bahkan keagamaan, yang berlangsung dalam masyarakat sekitar lokasi perusahaan adalah contoh kewajiban sosial yang lain. Peran aktif dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan adalah contoh lain lagi. Upaya uang sungguh sungguh dalam mengurangi populasi udara, dan daur ulang limbah industri, tidak kencemari air, tidak membuang limbah beracun atau bahan berbahay lainnya.

Keberadaan perusahaan idealnya bermanfaat untuk masyarakat sekitar. sehingga diharapkan pelaksanan CSR selain memberdayakan masyarakat setempat juga sebagai upaya agar operasional di perusahaan berjalan lancar tanpa gangguan. CSR diharapkan sebagai sarana hubungan yang saling berkaitan. antara perusahaan dan masyarakat setempat dalam menjalankan usaha demi penekanan masalah di sekitar perusahaan. CSR merupakan komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi berkelanjutan dengan memperhatikan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomi sosial, Lingkungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adanya Tanggung jawab sosial tersebut tentunya memiiki dampak yang sangat signifikan terhadap Perkembangan suatu perusahaan.

Berikut beberapa yang di peroleh dari adanya Corporate Social Responsibility.

1. Manfaat bagi Perusahaan

Citra perusahaan akan terkenal baik bahwa inilah perusahaan yang peduli terhadap lingkungan masyarakat. Kegiatan perusahaan dalam jangka panjang akan dianggap sebagai kontribusi positif di masyarakat. Selain membantu perekonomian masyarakat, perusahaan juga akan dianggap bersama masyarakat membantu dalam mewujudkan keadaan lebih baik di masa yang akan datang. Akibatnya ,perusahaan akan memperoleh tanggapan yang positif setiap kali menawarkan sesuatu kepada masyarakat. Perusahaan tidak saja dianggap sekedar menawarkan produk untuk dibeli masyarakat, tetapi juga dianggap menawarkan sesuatu yang membawa perbaikan masyarakat.  Secara tidak langsung maka produk yang di produksi oleh perusahaan tersebut membuat konsumen meningkat karena konsumen cenderung melihat dari citra perusahaannya.

2. Bagi Masyarakat

Selain kepentingan masyarakat terakomodasi, hubungan masyarakat dengan perusahaan akan lebih erat. Artinya terdapat kerjasama yang saling menguntungkan ke dua pihak. Hubungan bisnis tidak lagi dipahami sebagai hubungan antara pihak yang mengeksploitasi dan pihak yang tereksploitasi, tetapi hubungan kemitraan dalam membangun masyarakat lingkungan kebih baik. Tidak hanya di sector perekonomian, tetapi juga dlam sektor sosial, pembangunan dan lain-lain. Dan adanya beasiswa terhadap anak tidak mampu dan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan Fasilitas umum yang berguna bagi masyarakat.

Dengan adanya Corporate Social Responsibility  tersebut akan  memberikan hal-hal berikut pada masyarakat:

a. Kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan meningkat

b. Tersedianya beasiswa bagi anak yang kurang mampu yang berada di sekitar perusahaan

c. Fasilitas umum terjamin pemeliharaannya

d. Terdapat kegiatan sosial berupa pembangunan fasilitas umum bagi masyarakat sekitar perusahaan

3. Manfaat bagi Pemerintah

Dalam hal ini pemerintah tidak hanya bekerja sendiri dalam membangun kesejahteraan rakyatnya . Karena Memiliki partner dalam menjalankan misi sosial dari pemerintah dalam hal tanggung jawab sosial. Pemerintah pada akhirnya tidak hanya berfungsi sebagai wasit yang menetapkan aturan main dalam hubungan masyarakat dengan dunia bisnis, dan memberikan sanksi bagi pihak yang melanggarnya. Pemerintah sebagai pihak yang mendapat legtimasi untuk mengubah tatanan masyarakat agar ke arah yang lebih baik akan mendapatkan partner dalam mewujudkan tatanan masyarakat tersebut. Sebagian tugas pemerintah dapat dilaksanakan oleh anggota masyarakat, dalam hal ini perusahaan atau organisasi bisnis. Pelaksanaan CSR juga memberikan manfaat bagi pemerintah. Melalui CSR akan tercipta hubungan antara pemerintah dan perusahaan dalam mengatasi berbagai masalah sosial, seperti kemiskinan, rendahnya kualitas pendidikan, minimnya akses kesehatan dan lain sebagainya. Tugas pemerintah untuk menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya menjadi lebih ringan dengan adanya partisipasi pihak swasta (perusahaan) melalui kegiatan CSR. CSR yang dapat berperan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan sosial adalah CSR yang bersifat communuity development seperti pemberian beasiswa, pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin, pembangunan sarana kesehatan dan lain sebagainya.

Ikuti tulisan menarik Surif ES4 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini