Ini Strategi Cerdas Belanja Online Saat Harbolnas 2017
Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIBSegala kegiatan yang dilakukan manusia harus dengan strategi, termasuk saat belanja online. Ibarat ujian nasional, Anda pun perlu strategi saat belanja onl
Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di Asia Tenggara. Merujuk data dari penelitian yang digagas oleh TEMASEK dan Google, pertumbuhan e-commerce Indonesia meningkat seiring dengan tumbuhnya penggunaan internet. Pada tahun 2015, terdapat 18 juta orang pembeli online di Indonesia. Angka ini diprediksi tumbuh hingga 119 juta pembeli online pada tahun 2025 mendatang.
Gegap gempita masyarakat Indonesia dalam berbelanja online ini membuat para pelaku e-commerce semakin sayang dengan pelanggan Berbagai macam program diskon, layanan berkualitas, promo gratis ongkir, dan lain-lain dilakukan semata-mata untuk memanjakan pada konsumen setianya.
Selain itu, pelaku bisnis e-commerce Indonesia termasuk rutin mengadakan hari-hari istimewa dengan penuh promo dan diskon belanja. Sebut saja kampanye 11.11 November kemarin, kampanye Black Friday, hingga kampanye mendatang yang bisa dibilang puncak dari segala diskon-diskonan e-commerce. Hari tersebut dinamakan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang telah dicanangkan dari tahun 2012 lalu.
Meski diskon bertebaran, bukan berarti konsumen lantas belanja sembarangan. Salah-salah, ingin untung malah menjadi buntung karena kalap melihat promo tanpa pikir panjang. Belanja tidak cerdas malah membuat kantong terkuras dan menyesal belakangan. Untuk menghindari hal tersebut, artikel ini akan menjelaskan secara komprehensif strategi dan persiapan apa saja yang harus Anda lakukan untuk menghadapi Harbolnas 2017.
Persiapan Hari-H Harbolnas 2017
Ibarat menghadapi ujian atau lomba cerdas cermat, Anda harus mendapatkan “kisi-kisi” apa saja yang perlu dilakukan sebelum belanja online di tanggal 12 Desember nanti. Kisi-kisi belanja online tersebut akan memudahkan Anda saat bertransaksi di hari-H.
Registrasi Newsletter
Mungkin awalnya Anda akan berpikir “Tidak! Saya tidak mau ada spam di email saya!”. Padahal registrasi newsletter itu cukup penting dilakukan, karena biasanya para e-commerce suka memberi kejutan diskon yang mereka kirim hanya melalui e-mail.
Berlangganan newsletter sangatlah mudah. Umumnya terdapat kotak kecil di bawah halaman utama toko online di mana Anda bisa mendaftarkan alamat e-mail. Ketika Anda membuat akun di salah satu e-commerce pun secara otomatis Anda akan berlangganan newsletter yang akan dikirimkan ke kotak masuk e-mail Anda.
Membuat Daftar Belanjaan
Cara yang paling konvensional dan selalu ampuh untuk mengingatkan Anda apa saja barang yang dibutuhkan. Cara ini memang sudah lumrah dilakukan ketika belanja di pasar atau supermarket. Begitu juga ketika belanja online, lakukanlah daftar belanjaan yang Anda inginkan lengkap dengan brand, ukuran, dan juga harga normal.
Supaya Anda benar-benar mendapatkan harga murah, pastikan Anda sudah mencatat harga normal dari barang tersebut. Sehingga Anda tidak terjebak mitos trik marketing “harganya dinaikin dulu sebelum didiskon” yang kerap dilakukan oleh retail online.
Download Mobile App
Jika Anda jarang membuka e-mail apalagi membaca newsletter dari toko online yang Anda daftarkan, mungkin mengunduh mobile app adalah pilihan yang tepat. Umumnya mobile app ini bisa diunduh di App Store (iOS) dan Google Play (Android).
Tujuannya juga sama, yakni mendapatkan notifikasi supaya Anda tidak ketinggalan diskon-diskon yang ada. Berkaca juga dari Sale 11.11 kemarin, banyak e-commerce yang memberikan notifikasi diskon dadakan di smartphone saat hari H.
Ada beberapa keuntungan jika Anda mengunduh mobile app dari masing-masing e-commerce. Pertama, Anda langsung mengetahui diskon-diskon terbaru melalui notifikasi smartphone Anda. Kedua, mudah dan praktis sehingga Anda bisa belanja di mana saja dan kapan saja!
Beberapa toko online juga memberikan kode promo khusus yang hanya berlaku jika pembelian dilakukan melalui app. Zalora termasuk e-commerce yang paling getol memberikan kode promo melalui app.
Bookmark Halaman Khusus Harbolnas E-commerce
Untuk memudahkan Anda menemukan diskon barang yang diinginkan, alangkah baiknya jika Anda sudah bookmark halaman khusus Harbolnas 2017 para e-commerce kesayangan. Misalnya Lazada, Zalora, Bukalapak, Bhinneka, Tokopedia, Blibli.com, Mataharimall, dan Hijup. Atau jika Anda malas bookmark semua halaman, cukup bookmark halaman iPrice yang berisi diskon semua toko online di Indonesia.
Catat, Catat, dan Catat!
Catat semua strategi belanja yang akan Anda lakukan saat hari-H Harbolnas. Catat toko online yang mau Anda datangi untuk mendapatkan barang idaman. Misalnya “beli laptop Asus Zenbook di Bhinneka”, “beli sepatu Hush Puppies di Zalora”, “beli powerbank di Lazada”, “cari kode kupon di iPrice”, dan lain-lain.
Selain itu catat juga berbagai macam ukuran baik baju, celana, sepatu yang mau Anda beli. Apalagi jika Anda berencana untuk membelikan kado Natal atau Tahun Baru untuk sanak saudara, pacar, mantan gebetan, dan lain-lain. Menanyakan ukuran baju mereka jauh-jauh hari akan memudahkan Anda saat belanja di hari H, bukan?
Kisi-Kisi Diskon Harbolnas 2017
Di bawah ini terdapat tabel berisi kisi-kisi diskon apa saja yang akan dikeluarkan oleh berbagai e-commerce di Harbolnas mendatang. Kisi-kisi ini bisa Anda gunakan sebagai strategi untuk menemukan diskon yang tepat.
Pertempuran Belanja Online Saat Hari-H
Ibarat ujian, Anda adalah pelajar yang sudah memahami dan menghafal materi lengkap dan kisi-kisi untuk mendapatkan nilai 100. Begitu juga saat hari H Harbolnas, Anda adalah konsumen cerdas yang siap belanja online seuntung-untungnya tanpa menguras tabungan. Namun perlu diketahui, terdapat juga strategi hari H yang perlu dilakukan supaya tidak salah arah.
Koneksi Internet yang Cepat
Supaya belanja online Anda semakin khusyu’, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat supaya tidak membuang-buang waktu dengan loading browser yang cukup lama. Terdapat berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan supaya belanja online dapat berjalan dengan lancar jaya. Entah itu pergi ke coffee shop, curi-curi belanja online menggunakan internet kantor, dan sebagainya. Yang penting jangan melakukan cara-cara ilegal, ya!
Cek Flash Sale Tiap Toko Online
Anda sudah bookmark tiap halaman khusus toko online sebelumnya, kan? Saat hari-H, lakukan refresh browser Anda setiap jam. Beberapa toko online memang suka mengadakan Flash Sale dadakan. Siapa tahu Anda menemukan diskon yang cocok untuk membeli barang impian.
Gimana caranya? Anda bisa membuat browser laptop Anda khusus untuk membuka tab berisi semua toko online. Sangat disarankan Anda membuka halaman khusus Harbolnas tiap e-commerce seperti Lazada, Zalora, Bukalapak, dan Bhinneka.
Berburu Kode Kupon dari Website Perbandingan Harga
Selain toko online yang menjual produk, sekarang ini terdapat juga website yang berfungsi membandingkan harga suatu barang dari toko-toko lain, seperti iPrice.co.id. Biasanya website tersebut memiliki halaman khusus berisi kumpulan kupon dari semua e-commerce di Indonesia.
Anda bisa memanfaatkan website-website ini untuk menjaring semua kode kupon dan diskon belanja saat Harbolnas, terutama jika Anda nggak mau ribet membuka tab browser satu-persatu. Mudah dan cepat, kan?
Pastikan Ukuran Baju dan Sepatu Sudah Pas
Perlu diingat bahwa ukuran S, M, L, dan XL setiap brand bisa jadi berbeda. Jangan langsung menyimpulkan bahwa Anda akan pas dengan size M hanya karena biasanya beli baju dengan ukuran itu.
Pilihlah baju di e-commerce yang menampilkan deskripsi lengkap mencakup ukuran, lingkar dada, dan panjang baju. Dengan informasi ukuran yang lengkap tersebut Anda bisa mengetahui apakah baju pas dengan tubuh atau tidak. Contoh toko online yang memberikan deskripsi lengkap soal ukuran dalam cm adalah Zalora, Hijup, dan Lazada.
Selalu Cek Rating dan Review Toko yang Bersangkutan
Khusus bagi Anda yang belanja di e-commerce C2C (costumer to costumer), Anda harus lebih berhati-hati berbelanja online saat Harbolnas. Untuk menghindari penipuan dan hal-hal yang tidak diinginkan, selalu cek kembali rating dan review dari toko yang bersangkutan. Jika dari segi harga, rating, dan review-nya meragukan, sebaiknya Anda mencari pemilik toko lain yang lebih terpercaya. Contoh e-commerce C2C adalah Bukalapak, Tokopedia, dan Lazada.
Pilih Jasa Pengiriman Paling Murah Supaya Hemat
Salah satu hal yang cukup mengganggu saat belanja online adalah ongkos kirim yang cukup mahal. Apalagi jika Anda tinggal di luar pulau Jawa, atau jarak antara pemilik toko dengan rumah Anda seperti dari Sabang hingga Merauke.
Cara yang paling mudah untuk menghindari ongkir yang mencekik dompet adalah dengan memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang paling murah. Di artikel sebelumnya kami telah menjelaskan lengkap manakah jasa ekspedisi yang paling murah dan paling cepat. Anda pun bisa memilih jasa pengiriman tersebut sesuai selera di beberapa e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia.
Selalu Simpan Bukti Transaksi
Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, simpanlah bukti-bukti transaksi seperti resi transfer dan histori percakapan antara Anda dengan penjual hingga transaksi benar-benar selesai. Jika terjadi masalah, kamu bisa menunjukkan bukti-bukti transaksi tersebut untuk membela diri.
Setelah Belanja Online Harbolnas
Bukan konsumen cerdas jika pasrah-pasrah saja setelah belanja online Harbolnas. Namanya juga transaksi online, setiap kemungkinan bisa terjadi. Penting bagi Anda untuk mengantisipasi.
Antisipasi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan track order Anda sembari menunggu barang pesanan datang. Selalu simpan nomor resi yang Anda dapat dan lakukan pengecekan kepada pemilik toko/kurir bila barang belum kunjung datang.
Ketahui Return Policy (Kebijakan Pengembalian Barang)
Anda juga harus mengetahui setiap Return Policy dari setiap toko online tempat di mana Anda belanja. Hal ini mengantisipasi bila barang yang Anda terima tidak sesuai dengan yang Anda pesan. Dengan mengetahui Return Policy, Anda bisa bergerak cepat melakukan langkah selanjutnya saat terjadi kesalahan pengiriman. Umumnya Anda bisa mengembalikan produk jika tag dan label produk masih tertera. Sehingga jangan cepat-cepat memotong tag pakaian Anda saat sudah sampai, ya!
Di Lazada sendiri, Anda bisa mengembalikan barang dalam rentang 7 hari pengembalian atau 14 hari pengembalian. Untuk lengkapnya bisa dilihat di sini. Sedangkan bila Anda belanja di Zalora, Anda memiliki 30 hari untuk mengembalikan produk sejak Anda menerimanya. Namun perlu diingat, Anda harus menggunakan box original dari Zalora saat mengembalikan produk. Sehingga jangan keburu dibuang ya kerdusnya!
Bagaimana dengan e-commerce C2C seperti Bukalapak? Kebijakan pengembalian barang ini dinamakan dengan Diskusi Komplain Barang dengan pelapak (pemilik toko). Anda bisa melakukan komplain bila barang yang diterima tidak sesuai dan ingin mengembalikan barang, dsb. Jika diskusi Anda dengan sang pemilik toko, admin Bukalapak siap membantu untuk memediasi komplain Anda dengan pelapak.
Ketahui Costumer Service
Jangan skeptis terlebih dahulu dengan layanan costumer service. Kini hampir semua toko online memiliki fitur Live Chat di mana Anda bisa melempar pertanyaan atau percakapankapan saja. Jangan ragu untuk bertanya, mereka akan dengan senang hati mendengar keluhan Anda dan memberikan solusi yang tersedia.
Demikianlah “almanak” strategi belanja online yang bisa menjadi pedoman. Harbolnas memang datang satu tahun sekali, namun diskon besar untuk produk impian tidak datang dua kali. Untuk itu pastikan Anda memiliki strategi yang tepat supaya Anda “menang banyak” di Harbolnas 2017 ini. Selamat belanja, wahai pengabdi diskonan!
Sumber tulisan: Blog iPrice
Penulis Indonesiana
0 Pengikut
5 Kesalahan Merawat Kulit Wajah
Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIBTetap Fit dengan 4 Suplemen Kesehatan Berikut Ini
Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler