x

Iklan

Febrilian Aulia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Faktor Penyebab Timbulnya Anoreksia

Bertubuh kurus masih menjadi idaman bagi setiap wanita, tetapi bagaimana jika kalian memiliki tubuh seperti model pada gambar berikut? Menakutkan bukan?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat ini marak sekali masyarakat terutama pada kalangan gadis remaja hingga wanita dewasa seringkali melakukan diet untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal atau berat badan yang mereka mau agar lebih terlihat langsing, ramping, dan cantik. Terdapat sedikit lemak pada tubuhnya saja membuat para wanita pusing bahkan tidak sedikit juga dari mereka yang sampai mengalami gangguan stress sehingga ingin menghilangkan lemak yang ada pada tubuhnya tersebut. Oleh karena itu, ada banyak sekali cara yang mereka lakukan untuk menghilangkan lemak tersebut mulai dari cara yang ekstrim  hingga yang menyehatkan melalui diet.

Diet lebih sering di tujukan untuk menyebut suatu usaha atau upaya untuk menurunkan berat badan. Ada dua cara untuk melakukan diet tersebut yaitu dengan menggunakan cara diet sehat ataupun dengan diet ekstrim.

Banyak dari mereka yang melakukan atau menjalankan beberapa rangkaian cara diet sehat seperti berolahraga secara rutin, mengatur dan menjaga jumlah porsi makan dalam keseharian mereka, serta cara-cara sehat yang lainnya. Tetapi tidak sedikit pula dari mereka yang melakukan diet ekstrim sebagai alternatif lainnya, karena hasil yang diperoleh melalui diet ekstrim jauh lebih cepat terlihat dibandingkan dengan kita menjalankan serangkaian cara-cara diet sehat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal ini terbukti lewat survei mandiri yang dilakukan melalui Google Form dengan melibatkan wanita remaja hingga dewasa berusia 19 sampai 22 tahun.Ternyata mereka yang memiliki berat badan berlebih mengaku melakukan cara-cara diet sehat walaupun dalam waktu yang cukup lama sekitar 3 bulan untuk bisa mendapatkan hasil yang mereka inginkan juga untuk meminimalkan resiko yang dapat terjadi dalam melaksanakan diet. Faktanya hal ini diamini oleh 64 persen dari 50 responden. Sedangkan 36 persen mengatakan lebih memilih menggunakan cara diet ekstrim untuk mempercepat penurunan berat badannya.

"Untuk terlihat kurus, banyak perempuan yang melakukan penurunan berat badan dengan cara yang salah. Padahal, cara-cara instan bisa memperparah keadaan seseorang." ujar dr. Grace Judio-Kahl Weight Control Consultant dalam Press Conference Eating Disorder Awareness Campaign di Jakarta, Rabu, (19/02).

Dan yang masih menjadi pertanyaan khalayak banyak atau masyarakat awam diluar sana mengenai diet ekstrim adalah jika dengan hasil yang diperoleh melalui diet ekstrim lebih cepat terlihat dibandingkan dengan melakukan diet sehat yang memerlukan waktu yang jauh lebih lama untuk dapat hasil yang diinginkan, apakah terdapat efek samping yang sangat merugikan bagi diri kita sendiri apabila kita melakukan diet ekstrim tersebut?

Ternyata diet ekstrim dapat menimbulkan permasalahan yang sangat serius bagi diri kita apabila kita melakukannya secara terus menerus. Misalnya saja jika kita melakukan diet detoks lemon yaitu dengan meminum air lemon khusus selama beberapa hari berturut-turut dan juga setiap kali diri kita merasa lapar, gunanya bukan hanya untuk mempercepat penurunan berat badan saja namun juga dapat digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh yaitu membuang racun yang ada pada diri kita. Tetapi jika kita meminum cairan tersebut hanya disaat kita merasa lapar saja, itu sama saja dengan menyiksa diri kita sendiri.

Kita dapat kehilangan nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan yang lainnya. Sehingga tidak ada lagi nutrisi yang dapat dicerna dengan baik oleh tubuh dan dapat menimbulkan eating disorder bagi penggunanya serta timbulnya gejala-gejala penyakit anoreksia pada tubuh kita.

Anoreksia dapat menyebabkan kematian akibat kekurangan gizi. Biasanya pengidap anoreksia selalu mengganggap dirinya masih terlihat gemuk padahal pada kenyataannya tidak seperti itu, hal tersebut yang membuat mereka sangat terobsesi untuk melakukan hal apa saja termasuk cara-cara diet ekstrim agar tubuhnya terlihat lebih kurus. Orang yang mengidap penyakit anoreksia biasanya takut akan porsi makan yang berlebih dan cenderung makan sangat sedikit atau mereka tidak makan sama sekali dan menahan rasa laparnya tersebut.

Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus maka menyebabkan tubuh mereka menjadi sangat kurus seperti tengkorak hidup yang hanya terlihat tulangnya saja dan dibalut dengan kulit atau biasanya dinamakan dengan sebutan kurus kering. Anoreksia dapat membuat pengidapnya mengalami gangguan stress yang cukup berat karena memiliki bentuk tubuh yang sangat kurus dan tidak wajar sehingga mereka merasa malu jika bertemu dengan orang lain. Anoreksia juga dapat menyebabkan kematian apabila tidak diobati sedini mungkin. Penanganan anoreksia dapat melalui terapi psikologi dan dokter juga harus menyesuaikan dengan kondisi psikologi dan fisik dari si pengidap anoreksia. Tidak ada proses pengobatan anoreksia yang cepat, untuk dapat kembali pulih pengidap anoreksia harus menjalankan beberapa tahun pengobatan tersebut.

Hal ini menjadi salah satu problematika bagi gadis remaja hingga wanita dewasa dari jaman dahulu hingga sekarang dalam mempertimbangkan model diet seperti apa yang akan mereka pilih untuk kedepannya. Apakah masih akan tetap melakukan diet ekstrim karena hanya tergiur dengan kecepatan hasil yang akan diperoleh saja tetapi menyampingkan efek samping yang dapat muncul seperti menyebabkan kematian atau malah memilih untuk melakukan diet sehat saja untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi kedepannya walaupun memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa terlihat lebih kurus?

Meskipun begitu banyak masyarakat yang sudah mengetahui efek sampingnya tetapi tetap saja masih banyak dari mereka yang melakukan diet ekstrim tersebut. Semua pilihan tergantung pada diri anda sendiri. Yang pasti kunci diet yang sukses adalah disiplin, yaitu konsisten dalam menjalaninya.

Ikuti tulisan menarik Febrilian Aulia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler