x

Tumbuhan untuk mengobati penyakit asam urat

Iklan

Yulitia Pertiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

4 Jenis Tanaman Ini Terbukti Ampuh Atasi Asam Urat

Jangan biarkan penyakit asam urat yang anda alami hingga berlarut - larut. Karena jika dibiarkan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penyakit asam urat merupakan diantara ragam penyakit yang menyerang daerah persendian. Pada umumnya rasa sakit itu akan dirasakan oleh penderitanya pada daerah pergelangan kaki, jari jemari tangan tan kaki, lutut dan sebagainya. Tak hanya menimbulkan rasa nyeri saja ketika melakukan aktivitas, gejala asam urat tersebut biasanya pula ditandai dengan sulit menggerakkan persendian, terasa sakit jika disentuh, merasakan panas di daerah persendian, demam menggigil dan sebagainya.

Rasa sakit yang menyerang persendian disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat di dalam darah membentuk endapan micro kristal di daerah persendian. Micro kristal inilah yang membuat nyeri di daerah persendian. Jika diamati menggunakan microskop, tenyata endapan micro kristal ini berbentuk sangat tajam berujung runcing.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada dasarnya kita tidak bisa terlepas dari asam urat. Karena disetiap tubuh kita mengandung kadar asam urat dalam darah. Fungsi asam urat itu sendiri sebenarnya sangatlah penting yaitu untuk membantu proses regenerasi sel - sel dalam tubuh. Namun, jika kadarnya berlebihan, maka asam urat ini akan menjadi momok menakutkan bagi kesehatan tubuh seseorang.

Mengatasi Asam Urat Dengan Tanaman Herbal

Seperti yang dipaparkan sebuah situs kesehatan, bahwa untuk mengobati asam urat ternyata tak selamanya harus menggunakan obat - obatan kimia. Kita dapat memanfaatkan beberapa tanaman herbal yang ada disekitar lingkungan rumah kita. Khasiatnya pun mampu menurunkan kadar asam urat dengan segera tanpa efek samping apapun bagi kesehatan. Diantara tanaman obat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Daun Sambiloto - Beragam manfaat daun sambiloto bagi kesehatan memang tak diragukan lagi. Misalnya saja untuk mengobati penyakit darah tinggi, melancarkan air seni, meluruhkan batu ginjal, menunrunkan demam dan sebagainya. Namun, rasa dari tumbuhan ini sangatlah pahit. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, anda dapat menyiapkan 10 gram tumbuhan asam urat dan 3 gelas air bersih. Rebus keduanya hingga menyisakan 2 gelas air. Setelah dingin, minum 1 jam sebelum makan di waktu pagi hari. Hentikan penggunaan jika kadar asam urat sudah kembali normal.

     

  2. Daun Salam - Pada umumnya daun salam seringkali digunakan untuk melunakkan makanan seperti daging atau untuk memberikan aroma wangi pada suatu masakan. Selain itu, ternyata tumbuhan ini memiliki khasiat untuk menetralkan kadar asam urat dalam darah. Dengan cara yang sama seperti ramuan sambiloto, ambil 10 lembar daun salam. Minum pada pagi hari dan menjelang sore.

     

  3. Tumbuhan Meniran - Seringkali tumbuhan ini dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu karena tumbuhan ini tumbuh liar disekitar tanaman utama atau disekitar perkarangan rumah. Meniran sangat ampuh atasi asam urat. Anda tak perlu kuatir dengan efek yang ditimbulkan, karena Departemen FARMASI Fakultas MIPA Universitas Indonesia telah menemukan khasiat di dalamnya untuk mengobati asam urat berkat kandungan senyawa lignan filantin dan hepofilantin. 

    Untuk memanfaatkannya sebagai obat asam urat, sediakan 10 gram daun meniran segar dan 3 gelas air bersih. Rebus keduanya hingga mendidih dan tampak menyusut. Minum 1/2 gelas di pagi hari dan malam hari hingga kadar asam urat turun.

  4. Jahe - Sangatlah mudah kita dapatkan. Tumbuhan rimpang ini seringkali digunakan sebagai bahan baku untuk membuat minuman penghangat tubuh untuk menemani dikala cuaca sedang dingin. Beberapa produk olahan minuman dari jahe diantaranya seperti bandrek, wedang ronde dan sebagainya. Cara membuat ramuan untuk menormalkan kadar asam urat cukuplah mudah. Sediakan 4 ruas jahe. Bersihkan dari kulitnya. Blender halus dan tambahkan 2 gelas air. Saring. Rebus air jahe hingga mendidih. Minum ramuan ini di waktu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Tambahkan madu untuk menambah khasiat pengobatan.

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Ikuti tulisan menarik Yulitia Pertiwi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler