x

Iklan

RiTx UMG Idealab

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

RiTX Hadirkan IoT Sistem Monitoring Lahan Pertanian

Salah satu teknologi digital yang telah memasuki sektor pertanian adalah RiTX. Sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat umum untuk belajar bertani

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kemajuan teknologi yang berkembang saat ini telah mendigitalisasi berbagai sektor, tak terkecuali sektor pertanian. Mengingat, Indonesia merupakan salah satu negara agraria yang telah dikenal luasnya sektor pangan.

Salah satu teknologi digital yang telah memasuki sektor pertanian adalah RiTX. Sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat umum untuk belajar bertani maupun petani-petani di Indonesia. Di dalam aplikasi ini telah disediakan berbagai fitur unggulan yang dapat dimanfaatkan oleh user/petani/masyarakat umum. Dari informasi terkait harga komoditi pangan, ilmu pertanian terkini hingga wadah untuk mencari modal/investor.

Salah satu fitur unggulan lainnya adalah IoT atau dikenal dengan Internet of Things. Di dalam fitur ini dikembangkan applikasi Sistem Monitoring Lahan Sawah. Keunggulan dari sistem ini adalah memberikan data akurat terkait kelembaban tanah dan air secara realtime.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perkembangan fitur IoT dilatarbelakangi pada kondisi cuaca di Indonesia saat ini, yang kita ketahui sering terjadinya perubahan iklim. Faktor tersebut kerap kali merugikan petani secara mendadak, biasanya bisa panen 2-3 kali dalam setahun namun karena faktor tersebut membuat mereka gagal panen 1-2 kali. Baik itu disebabkan, kekeringan ataupun kebanjiran yang secara tiba-tiba.

Monitoring ini dilakukan dengan memanfaatkan sensor-sensor yang ditancapkan di lahan. Secara berkala sensor ini akan memberikan informasi/data terkait prakira cuaca, curah hujan, suhu, kelembaban, kecepatan dan arah angin serta suhu tanah, pH maupun Electric Conductivity (jumlah unsur hara dalam tanah). Laporan data tersebut dapat dilihat langsung dari RiTX Apps maupun sistem dashboard yang akan diberikan kepada user dari RiTX Apps

Disamping itu, dalam apps juga kan ditampikan prediksi-prediksi terkait kondisi lahan, jadwal tanam, pemukuan dan estimasi panen berdasarkan prediksi cuaca, tanah dan air yang terdata oleh sensor.

Fitur ini pun dilengkapi dengan data irigasi air yang terdektsi oleh sensor-sensor. Baik itu, debit air, kecepatan air, tinggi muka air pada saluran irigrasi, bendungan maupun sungai.

Pengembang RiTX sendiri berupaya untuk meningkatkatkan teknologi yang dibangunnya terus-menerus. Sehingga, aplikasi ini dapat dengan tepat memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang kerap kali dirasakan oleh para petani, yang tentunya disesuaikan karakteristik masalahnya.

Ikuti tulisan menarik RiTx UMG Idealab lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB