x

Iklan

Fehri Setiawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ratusan Kiai Madura Mendukung Khofifah-Emil

Dukungan para kiai untuk Khofifah-Emil disampaikan dalam bentuk fatwa yang ditandatangani langsung seluruh pengurus pondok pesantren se-Madura.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ratusan kiai di Madura, Jawa Timur menegaskan dukungannya terhadap pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawasa – Emil Elistianto Dardak dalam Pilgub Jatim 2018. Pasangan ini dianggap lebih kompeten dan profesional memimpin Jatim selama lima tahun mendatang.

Dukungan tersebut disampaikan dalam bentuk fatwa yang ditandatangani langsung seluruh pengurus pondok pesantren se-Madura di Pondok Pesantren At Taroqqi, Sampang, Minggu (20/05/2018).

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Ahmad Shiddiq, membaca langsung fatwa  Bernomor 1/SFMM/V/2018 tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Menyeru dan memfatwakan fardhu 'ain kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk memilih paslon Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jatim 2018," tulis fatwa tersebut.

Fatwa itu menjelaskan sejumlah alasan yang mendasari dikeluarkannya fatwa kiai, yaitu Khofifah-Emil yang dinilai memiliki persyaratan untuk mewujudkan Jawa Timur menjadi daerah yang maju, adil, dan makmur.

"Keduanya jujur, dapat dipercaya, dan punya program yang jelas. Baik dari segi gagasan, wawasan, maupun perencanaannya. Terhadap persyaratan tersebut keberadaannya lebih baik dari paslon lain," demikian bunyi fatwa tersebut.

Fatwa tersebut juga merujuk sejumlah dalil dari beberapa kitab. Seperti, kitab al-Bujairimi 'alal Khotib dan kitab as-Sunanlul Kubro lil Iman Baihaqi. Dalil tersebut menerangkan bahwa barang siapa yang memilih seorang pemimpin di antara yang dipimpinnya adalah orang-orang muslim, dia tahu bahwa ada orang lain yang tidak dia pilih lebih baik dari yang dia pilih. Maka sungguh dia berkhianat kepada Allah, Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin.

 Selanjutnya, ratusan kiai Madura berharap seruan dan fatwa ini menjadi panduan bagi warga Jatim dalam menghadapi Pilgub Jatim 2018, sehingga tidak sampai salah memilih pemimpin.

Sementara itu Khofifah mengapresiasi dukungan kiai asal Madura tersebut. Menurutnya, dukungan ini merupakan buah dari komunikasi yang intens yang dilakukannya dengan para kiai Madura.

"Kalau bukan karena kesamaan visi dan misi untuk Jawa Timur, saya yakin para kyai tidak akan memberi dukungan kepada saya. Mereka (kiai) juga ingin Jawa Timur lebih maju lagi," imbuhnya.

Dukungan para kiai asal Madura tersebut semakin memperkuat basis dukungan Khofifah-Emil dari kalangan pesantren dan ulama di Jawa Timur. Sebelumnya para kiai asal Probolinggo, Gresik, Malang, Banyuwangi, Jombang, Mojokerto, Situbondo, dan beberapa wilayah lainnya di Jawa Timur ramai-ramai mendukung pasangan Khofifah-Emil.

Ikuti tulisan menarik Fehri Setiawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Fotosintesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Kamis, 9 Mei 2024 17:19 WIB

Terpopuler

Fotosintesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Kamis, 9 Mei 2024 17:19 WIB