x

Iklan

Heidi Pah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

SoD UPH Undang Publik Merasakan Desain Karya Mahasiswa

Dalam rangka memeriahkan Triennale School of Design, Universitas Pelita Harapan (SoD UPH) menggelar SoD Academic Showcase atau pameran karya mahasiswa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam rangka memeriahkan Triennale School of Design, Universitas Pelita Harapan (SoD UPH) menggelar SoD Academic Showcase atau pameran karya mahasiswa  selama tanggal 13-31 Agustus 2018, dari pukul 09-16 WIB. Sebanyak 150 karya terbaik mahasiswa SoD UPH dipamerkan.

 

Semua karya yang dipamerkan adalah hasil seleksi dari hasil kerja seluruh mahasiswa SoD, yang terdiri dari empat program studi (prodi), prodi Design Product, DKV, Interior Desain dan Arsitektur. Namun, pameran keempat program studi ini tidak berdiri sendiri – mereka saling melengkapi dan menjadikan pembelajaran desain di SoD sebuah gabungan yang harmonis dan merupakan satu kesatuan yang unik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Setiap karya ditata sedemikian rupa dengan alur yang teratur sehingga pengunjung dapat merasakan setiap proses pembelajaran dalam prodi desain di UPH. Kelompok karya mahasiswa di susun dalam tiga step hierarki display. Dimulai dengan deretan karya yang ditata di tengah ruangan dengan posisi yang paling rendah. Ini adalah display dari pembelajaran petama yang menjadi tolak punggung pembelajaran desain yang dipelajari dalam mata kuliah studio dasar. Selanjutnya, terdapat level dimana keunikan setiap program studi sudah lebih terspesifikasi, direpresentasikan dalam  beberapa karya 3D model dari karya-karya mahasiswa. Step terakhir merupakan deretan poster final year research yang menjelaskan pendekatan teori dalam konsep desain setiap mahasiswa yang sedang merancang tugas akhir mereka.

 

Menurut Yenty Rahardjo, Deputy Director dari UPH SoD, apa yang disajikan merepresentasikan keunikan SoD UPH.

 

“Mahasiswa SoD tidak hanya dituntut untuk menghasilkan karya yang memiliki nilai estetika, namun juga harus bisa mengidentifikasi permasalahan dalam masyarakat dan kemudian mencari solusi dari permasalahan tersebut melalui desain. Bahkan, karya desain yang baik seharusnya adalah karya yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia,” jelasnya.

 

Selain pameran karya dalam 3 step tersebut, juga terdapat pameran karya digital, seperti animasi dan produksi film yang ditayangkan dalam 3 proyektor besar dalam ruangan. Selain itu, juga terdapat digital fun wall yang menayangkan kegiatan mahasiswa SoD seperti study tour, acara himpunan, dll, untuk mengenalkan pengunjung kepada aktifitas mahasiswa di SoD UPH.

 

Pameran ini juga menampilkan salah satu fitur lain yang tidak kalah menarik perhatian, yaitu desain simbol SoD yang menghiasi tembok sebelah belakang galeri yang dibuat dengan menyatukan potongan-potongan origami berbagai warna.

 

Yenny menjelaskan filosofi di balik desain simbol tersebut: “SoD adalah kami yang berbeda-beda, begitu berwarna tetapi ketika menjadi satu kesautan yang harmonis, maka warna warni tersebut yang menjadikan SoD begitu indah. Setiap dosen, laboran, admin, prodi, dan fakultas juga menempelkan bagian warna mereka masing-masing di dalam formasi origami SoD ini.” jelasnya.

 

“Kami ingin menunjukkan kesatuan harmonis ini kepada public dan merepresentasikan kepada calon mahasiswa apa yang akan mereka dapatkan jika mereka bergabung dalam fakultas SoD di UPH,” lanjutnya.

 

SoD Academic Showcase ini dibuka untuk umum dan puncak acaranya akan diadakan pada tanggal 16 Agustus 2018, dimana akan dilaksanakan pertemuan fakultas dengan mahasiswa baru angkatan 2018, yang juga akan menempelkan warna origami mereka dalam formasi SoD, sebagai simbol dari kesatuan School of Design Universitas Pelita Harapan.

Ikuti tulisan menarik Heidi Pah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler