x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Dandim 0815 Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

MOJOKERTO, - Dalam rangka mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres, Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

MOJOKERTO, - Dalam rangka mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres, Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018 di Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada Nomor 99 Mojosari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (19/09/2018).

Apel Gelar Pasukan Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018 kali ini bertemakan “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Mewujudkan Keamanan Dalam Negeri Yang Kondusif Di Wilayah Hukum Polres Mojokerto“.  

Hadiri dalam kegiatan antara lain Wakil Bupati Mojokerto H. Pungkasiadi, SH, Kajari Kabupaten Mojokerto, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto H. Ismail Pribadi, SE, Dandenpom V/2 Mayor Cpm Rudy HW, SH, Perwakilan Yonif PR 503/MK, Kasatpol PP, Ka OPD terkait, Para Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Mojokerto, Forpimka Mojosari dan undangan.

Sementara peserta Apel Gelar Pasukan yakni 1 SSK Gabungan TNI terdiri dari Subgartap III/0815, Denpom V/2, Kodim 0815 dan Yonif PR 503/MK; 2 SSK Gabungan Polres Mojokerto dan 1 SST Gabungan Satpol PP, Dishub dan Linmas Kabupaten Mojokerto.   

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada Apel Gelar Pasukan tersebut, Kapolres Mojokerto AKBP Leonardos Simarmata, S.Sos, S.IK, MH selaku Pimpinan Apel membacakan Amanat Kapolri pada Operasi Mantap Brata 2018, diantaranya Pemilu Tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak. 

Untuk itu, Kapolri menyampaikan penekanan dalam rangka pelaksanaan pengamanan Operasi Mantap Brata 2018, diantaranya Perkuat soliditas dan sinergisitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai; Jaga netralitas Polri dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu;

Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini; Dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku; Gelorakan deklarasi Pemilu damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu; demikian petikan amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Mojokerto.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan dilanjutkan simulasi pengamanan Pemilu Tahun 2019 disaksikan Forkopimda Kabupaten Mojokerto dan undangan.  Untuk diketahui, Operasi Mantap Brata Semeru 2018 akan berlangsung selama 397 hari terhitung tanggal 20 September 2018 hingga 31 Oktober 2019.

Usai kegiatan apel, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH, mengatakan, pihaknya siap mem-backup pengamanan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota.  “Sejumlah 250 – 300 personel disiapkan untuk pengamanan Pemilu, namun tentunya  kebutuhan personel akan disesuaikan dengan hasil Rakor bersama Polres Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota,” tegasnya.

Secara bersamaan, Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018 juga berlangsung di Lapangan Maha Patih Gajah Mada Mapolres Mojokerto Kota Jalan Bhayangkara Nomor 25 Kota Mojokerto, dipimpin Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono, SH., S.IK., M.Sc (Eng).

Hadir dalam kegiatan antara lain Walikota Mojokerto diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Mojokerto Drs. Subambihanto, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Mojokerto Agus M Anas Edi Santoso, SH, MM, Dandim 0815 Mojokerto yang diwakili Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, Kajari Kota Mojokerto DR. Halilah Rama Purnama, SH, MH, Wakapolres Mojokerto Kompol Hadi Prayitno, SH, Kasatpol PP, Kadishub, Kabakesbangpol, Pasiops Subgartap III/0815 Kapten Mar Agus Budiarto, Para Camat, Kapolsek dan Danramil se-Wilayah Hukum Polres Mojokerto Kota dan undangan.

Peserta Apel Gelar Pasukan terdiri dari, 1 SST Deputi Perwira, 1 SST Gabungan Denpom V/2 dan  Subgartap III/0815 Mojokerto, 1 SST Kodim 0815 Mojokerto, 2 SST Bhabinkamtibmas, 1 SST  Satlantas Polresta Mojokerto, 1 SST  Gabungan Satintelkam, Satreskrim dan Satreskoba , 1 SST Dishub Kota Mojokerto, 1 SST Satpol PP, 1 SST RAPI Kota Mojokerto dan 1 SST Senkom Polri.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB