x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

TBM Lentera Pustaka Latih Konsentrasi Baca via Panahan

Anak-anak TBM Lentera Pustaka melatih konsentrasi membaca via olah raga panahan. Itulah cara menanamkan tradisi baca anak-anak zaman now

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membaca bukan hanya penting. Tapi membaca pun sangat butuh konsentrasi. Karena saat membaca, kordinasi antara mata, telinga dan otak harus terjalin. Agar pemahaman terhadap bacaan bisa optimal.

 

Konsentrasi yang baik mutlak diperlukan saat membaca. Tanpa konsentrasi maka hasil kegiatan membaca pasti terganggu. Wajar buku bacaan sulit tuntas dibaca bila tanpa konsentrasi. Konsentrasi bukan hanya soal tempat membacanya. Bukan pula soal buku bacaan favorit atau tidak. Tapi konsentrasi menjadi hal yang harus dilatih dan dibiasakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Berangkat dari kondisi itulah, anak-anak Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka yang terletak di Desa Sukaluyu Kaki Gn. Salak Bogor yang selama ini telah rajin membaca tetap dilatih untuk konsentrasi melalui olah raga panahan. Karena dengan panahan, anak-anak belajar pentingnya kesabaran dan konsentrasi gara bisa “melepas” anak panah hingga di lingkaran tujuan. Dibimbing oleh Herman, Ketua Karang Taruna Desa Sukaluyu, anak-anak TBM Lentera Pustaka berlatih “memanah” agar memiliki mentalitas yang kuat.

 

“Sekalipun sehari-harinya terbiasa membaca di TBM, kali ini anak-anak pembaca aktif dilatih agar lebih konsentrasi dan sabar dalam membaca. Caranya, kita perkenalkan melalui olah raga panahan” ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka pada Minggu, 23 September 2018 di Desa Sukaluyu.

 

Harus diakui, olah raga panahan memiliki filosofi dan arti yang sangat penting bagi anak-anak. Selain sabar dan konsentrasi, panahan juga mengajarkan bahwa hidup tidak hanya cukup dengan otot. Tapi otak pun diperlukan. Maka untuk mengasah otak dibutuhkan membaca. Selain itu, panahan pun mengajarkan bahwa seberapa siap kta melepaskan anak panah, tapi hasilnya belum tentu sesuai dengan harapan. Dan yang paling penting bagi anak-anak TBM Lentera Pustaka, saat ini mereka mundur selangkah untuk tidak bermain-main di waktu senggang. Tapi dengan membaca berarti mereka sedang mengumpulkan energi untuk menggapai masa depan yang lebih baik.

 

Untuk diketahui, saat ini TBM Lentera Pustaka dikenal sebagai taman bacaan masyarakat yang kreatif dan inovatif. Dengan koleksi 2.850 buku bacaan, sekitar 60 anak-anak pembaca aktif membaca seminggu 3 kali sesuai jadwal jam baca dan difasilitasi 2 petugas. TBM Lentera Pustaka bertekad untuk menegakkan budaya baca yang lebih baik lagi di kalangan anak-anak, di samping dapat menekan angka putus sekolah. Saat ini TBM Lentera Pustaka pun tengah menjalankan program 1.000 tanaman polybag yang akan dipajang di pinggir jalan menuju TBM Lentera Pustaka, termasuk menyiapkan “Lukisan 3D Baca di Jalanan” untuk spot-spot foto menarik bagi pengunjung dan anak-anak.

 

TBM Lentera Pustaka menyadari kebiasaan membaca harus terus ditanamkan di anak-anak. Apalagi di tengah gempuran era digital seperti sekarang yang bisa berdampak buruk terhadap anak-anak. Maka membaca, adalah perbuatan kecil yang dapat membesarkan anak-anak di masa datang. … #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi

===========

Jadilah RELAWAN & DONATUR TBM LENTERA PUSTAKA untuk membangun tradisi baca bagi sekitar 300-an anak-anak/remaja yang membutuhkan, di samping memberi edukasi akan pentingnya peradaban dan etika.

Untuk informasi lebih lanjut dan partisipasi/donasi dapat menghubungi:

TBM Lentera Pustaka

Jl. Masjid Jami Kp. Warung Loa No. 77 RT 01/12 Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Kab. Bogor 16610

Telp:  0812 8568 3535 atau Email: lentera.pustaka77@gmail.com

Rekening Bank BNI Cabang Jkt. Sampoerna Strategic (a.n. Syarifudin Yunus)

No. Rek. 028-826-1601

 

Mari wujudkan mimpi anak-anak di masa depan melalui buku …

#BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler