x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Memotivasi Anak untuk Membaca via Musik

Musik dan membaca berhubungan erat. TBM Lentera Pustaka menggelar "Musik Cinta Anak Baca" di event bulanan Oktber 2018

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Musik Cinta Anak Baca; Event Bulanan Oktober 2018 TBM Lentera Pustaka

 

Bila hari ini, ada orang-orang yang suka membaca dan menulis sambil menikmati musik itu bukan tanpa alasan. Karena musik dianggap mampu memacu kerja otak dalam menyerap bacaan. Hubungannya sederhana, musik mampu merangsang pendengaran dan auditori mencapai 40%. Maka musik dan membaca punya hubungan erat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Berangkat dari spirit itu, TBM Lentera Pustaka menggelar event bulanan bertajuk “Musik Cinta Anak Baca” yang menghadirkan grup terasmusic (Syahrian & Anggi – mahasiswa Unindra) pada Minggu, 14 Oktober 2018 di TBM Lentera Pustaka Kaki Gunung Salak. Ikut hadir pula para relawan TBM Lentera Pustaka yang selama ini peduli dan mau mengabdi untuk tegaknya tradisi baca dan budaya literasi anak-anak di Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kab. Bogor.

 

“Musik Cinta Anak Baca” pun mengeaskan pentingnya peran generasi muda selevel mahasiswa untuk mendedikasikan diri pada kegiatan pengabdian sosial sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat, di samping membangun kebiasaan membaca di kalangan anak-anak usia sekolah khususnya anak-anak yang tidak mampu dan selama ini tidak punya akses terhadap bahan bacaan.

 

Musik dan membaca adalah dunia nyata. Hidup tidak bisa dipisahkan dari musik. Dan hidup pun suilit bila tidak membaca. Maka TBM Lentera Pustaka merasa perlu dan penting untuk terus berkreasi dalam menyajikan event bulanan. Agar anak-anak selalu dan tetap tertarik untuk membaca. Karena tidak ada dunia, bagi mereka yang tidak bermusik dan tidak membaca.

 

“Musik selalu cinta pada anak-anak yang membaca. Event bulanan TBM Lentera Pustaka selalu menghadirkan tamu dari luar. Inilah cara untuk megajak “orang luar” peduli kepada anak-anak yang membaca. Agar mereka selalu semangat dan rajin membaca. Jangan ada lagi anak putus sekolah karena tidak membaca akan arti pentingnya ilmu” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

 

Seperti musik, buku-buku bacaan pun dapat memberikan ide-ide baru yang positif bagi anak-anak, di samping memacu kreativitas dan kemampuan berbicara, berinteraksi dengan orang lain.

 

Untuk diketahui, saat ini TBM Lentera Pustaka memiliki koleksi 2.850 buku bacaan yang selalu siap dibaca anak-anak seminggu 3 kali. Dengan fasilitasi 2 petugas jam baca, TBM Lentera Pustaka terus berjuang untuk menegakkan budaya baca yang lebih baik lagi di kalangan anak-anak. Sejalan dengan itu, TBM Lentera Pustaka pun tengah menjalankan program 1.000 tanaman polybag yang akan dipajang di pinggir jalan menuju TBM Lentera Pustaka, termasuk menyiapkan “Lukisan 3D Baca di Jalanan” untuk spot foto menarik bagi pengunjung dan anak-anak.

 

Ketahuilah anak-anak pembaca. Bermusik dengan membaca, sama dengan bercinta lewat surat…. #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi

===========

Jadilah RELAWAN & DONATUR TBM LENTERA PUSTAKA untuk membangun tradisi baca bagi sekitar 300-an anak-anak/remaja yang membutuhkan, di samping memberi edukasi akan pentingnya peradaban dan etika.

Untuk informasi lebih lanjut dan partisipasi/donasi dapat menghubungi:

TBM Lentera Pustaka

Jl. Masjid Jami Kp. Warung Loa No. 77 RT 01/12 Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Kab. Bogor 16610

Telp:  0812 8568 3535 atau Email: lentera.pustaka77@gmail.com

Rekening Bank BNI Cabang Jkt. Sampoerna Strategic (a.n. Syarifudin Yunus)

No. Rek. 028-826-1601

 

Mari wujudkan mimpi anak-anak di masa depan melalui buku …

#BacaBukanMaen #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler