x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tanpa Buku KIta Merana; Festival Literasi Gunung Salak

Tanpa buku kita merana, ikutlah tema Festival Literasi Gunung Salak yang digelar dalam rangka 1th TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tanpa buku kita merana; “Festival Literasi Gunung Salak” TBM Lentera Pustaka.

 

TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Lentera Pustaka siap menggelar “Festival Literasi Gunung Salak” pada 17-18 Nvember 2018 di Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kaki Gunung Salak Kab. Bogor. Festival literasi ini digelar dalam rangka peringatan 1 tahun berdirinya TBM Lentera Pustaka, sebagai taman bacaan masyarakat yang ditujukan bagi anak-anak usia sekolah. Agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Mengambil tema “Tanpa Buku Kita Merana”, Festival Literasi Gunung Salak ini untuk kali pertama digelar sebagai bentuk kampanye pentingnya membaca di kalangan anak-anak usia sekolah di tengah gempuran era digital, di samping untuk menegakkan budaya literasi.

“Festival Literasi Gunung Salak diadakan TBM Lentera Pustaka sebagai wujud rasa syukur terhadap tegaknya tradisi baca dan budaya literasi di anak-anak kampung, yang selama ini jauh dari akses bacaan” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka yang saat ini tengah menempuh studi S3 Manajemen Pendidikan di Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor.

 

Festival Literasi Gunung Salak akan digelar selama “24 jam nonstop serba literasi”, mulai dari Pukul 19.00 WIN pada Sabtu, 17 November 2018 dan berakhir pada pukul 18.00 WIB di Minggu, 18 November 2018. Bertempat di Kp. Warung Loa, Festival Literasi akan digelar sepanjang jalan menuju TBM Lentera Pustaka.

 

Serangkaian acara telah disiapkan, seperti: 1) Syukuran & Doa 2) Renungan Lentera Literasi, 3) Pemutaran Film Literasi, 4) Begadang Literasi, 5) Senam Literasi, 6) Stand Up Comedy Literat, 7) Musikalisasi Puisi Wacana, 8) Bedah Buku “Sentimen Bahasa Politik, 8) Peluncuran Buku “Politik Orang Susah”,  9) Aksi Literasi Anak TBM LP, 10) Parade Baca Buku, 11) Band, 12) Kemah Literasi, dan 13) Jajanan Kampung Literasi. 

 

TBM Lentera Pustaka bersuka cita dan mengajak seluruh pihak yang peduli akan tradisi baca dan budaya literasi untuk hadir di Festival Literasi Gunung Salak. Untuk diketahui, setelah 1 tahun berjalan, TBM Lentera Pustaka kini jadi "tempat nongkrong" 60 anak pembaca aktif dari 100 anak yang menjadi anggota. Dengan jam baca 3X dalam seminggu, kini rata-rata tiap anak mampu "melahap" 5-8 buku per minggu. Untuk mewujdukan gairah membaca di kalangan anak-anak, TBM Lentera Pustaka saat ini memiliki koleksi 2.850 buku dan tiap bulan menggelar "event bulanan" dengan menghadirkan “Tamu dari luar” untuk berbagi dan memotivasi anak-anak TBM Lentera Pustaka.

 

 

TBM Lentera Pustaka mengkampanyekan pentingnya membaca buku sebagai aksi nyata agar TIDAK ADA LAGI ANAK PUTUS SEKOLAH. Karena selama ini, di wilayah ini 81% penduduknya hanya sebatas SD dan 9% SMP. Melalui buku dan bacaan, diharapkan “semangat belajar dan sekolah” anak-anak menjadi meningkat. Sehingga tercapai ketuntasan belajar hingga jenjang SMA.

 

Untuk itu, di Festival Literasi Gunung Salak, TBM Lentera Pustaka pun ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan relawan, donatur buku, masyarakat dan anak-anak yang telah mau membaca. Mau mengubah perilaku, dari tidak baca menjadi membaca. Ucapan terima kasih pun disampikan kepada CSR Korporasi setahun ini kepada TBM Lentera Pustaka, yaitu 1) Ciptadana Asset Management, 2) AJ Tugu Mandiri, 3) Bank CIMB Syariah - Bandung, dan 4) Perkumpulan DPLK.

 

Semoga ke depan, TBM Lentera Pustaka akan terus kreatif dan inovatif dalam menumbuhkan semangat membaca di kalangan anak-anak, khususnya dari kalangan prasejahtera dan jauh dari askes bacaan. Selain itu, TBM Lentera Pustaka pun kini tengah menjalankan program “1.000 tanaman polybag” untuk mewujdukan “zona baca hijau” di sepanjang jalan menuju TBM, di samping menggagas berdirinya “Wisata Literasi Lentera Pustaka” sebauh perjalanan wisata menyusuri sungai sambil membaca.

 

TANPA BUKU KITA MERANA, hadiri dan ramaikanlah Festival Literasi Gunung Salak pada 17-18 November 2018. Sebagai wujud kepedulian Anda kepada tradisi anak-anak yang gemar membaca.

 

Ketahuilah, hanya dengan membaca maka kita tidak pernah sendirian …. #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler