x

Iklan

Firdo firdo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Asupan Suap Bergizi Korupsi

penyuapan adalah tindakan memberikan uang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sudah barang pasti, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki agama, suku, hingga kebudayaan yang beragam. Begitulah tanah air ini dikenal masyarakat luas. Sayangnya, semua keindahan itu punya kecacatan yang disebut dengan budaya korupsi. Indonesia merupakan negara ke tiga terkorup di dunia. Mengejutkan memang, sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, indonesia menjadi sorotan dunia tentang hal ini. Korupsi adalah tindakan yang dilakukan oleh setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatukorporasi yang dapat merugikan negara atau perekonomian Negara. Tindak pidanakorupsi di Indonesia sudah meluas di masyarakat. Seakan-akan tidak ada solusi untuk menyelesaikan kasus korupsi di negara kita ini. Ngomong-ngomong soal korupsi, lucunya tahanan bagi para koruptor. Tahananya bisa dibilang ASRI(Aman, Sejuk, Ramah, Indah), ruangannya hanya berukuran sekitar 2,5 x 3,2 meter. Namun, penghuninya tidak akan kegerahan karena ada pendingin udara. Ada juga tv layar datar yang siap memanjakan para koruptor yang suka kemewahan. Tak hanya itu dalam sel tertentu di Lapas Sukamiskin, Bandung, para narapidana kasus korupsi juga dapat menikmati rak buku, lemari es, spring bed, washtafel, kamar mandi lengkap dengan toilet duduk dan pemanas air. Namun tidak gratis. Mereka harus menyuap pejabat lembaga pemasyarakatan hingga ratusan juta rupiah.

Ngomong-ngomong soal suap, masalah suap adalah salah satu masalah yang sudah sangat lama terjadi dalam masyarakat. Pada umumnya suap diberikan kepada orang yang berpengaruh atau pejabat agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang berhubungan dengan jabatannya. Maka tidaklah mengherankan yang paling banyak di suap adalah pejabat di lingkungan birokrasi pemerintah yang mempunyai peranan penting untuk memutuskan suatu umpamanya dalam pemberian izin ataupun pemberian proyek pemerintah.

Suap juga ditemukan dalam penerimaan pegawai, promosi maupun mutase, bahkan saat ini suap disinyalir telah merambah ke dunia pendidikan baik dalam tahap penerimaan mahasiswa/siswi baru, kenaikan kelas, kelulusan bahkan untuk mendapatkan nilai tertentu dalam ujian mata pelajaran atau mata kuliah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Firdo firdo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB