x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Festival Literasi Gunung Salak, Ikon Baru Budaya Literasi

Festival Literasi Gunung Salak (FLGS) menjadi ikon baru wujudkan budaya literasi di kalangan anak-anak usia sekolah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengambil tema “Tanpa Buku Kita Merana”, TBM Lentera Pustaka menggelar Festival Literasi Gunung Salak (FLGS) pada Minggu, 18 November 2018 di Kampung Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kab. Bogor. Untuk kali pertama, FLGS digelar sebagai bentuk kampanye pentingnya membaca di kalangan anak-anak usia sekolah untuk wujudkan budaya literasi.

FLGS merupakan rangkaian acara peringatan 1 tahun berdirinya TBM Lentera Pustaka, sebagai taman bacaan masyarakat sebagai sarana untuk menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak usia sekolah. Dan itu semua terbukti dalam satu tahun. Kini, ada sekitar 60 anak pembaca aktif di TBM Lentera Pustaka yang terbiasa membaca 5-8 buku per minggu. Dengan jam baca 3 kali seminggu, tradisi baca anak-anak TBM Lentera Pustaka patut diacungi jempol. Karena sebelum ada taman bacaan, anak-anak sama sekali tidak pernah mendapat akses buku bacaan.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Terus terang, kami sangat bangga. Karena sejak adanya TBM Lentera Pustaka, anak-anak jadi disiplin membaca. Dan hasilnya sangat mengagumkan, mereka mampu membaca 5-8 buku per minggu. Karea itu, kami gelar Festival Literasi Gunung Salak sebagai ikon baru dalam mewujudkan budaya literasi” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka yang tengah menempuh studi S3 Manajemen Pendidikan di Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor.

 

Beragam acara disajikan di FLGS 2018, seperti 1) Syukuran & Doa 2) Renungan Lentera, 3) Pemutaran Film Literasi, 4) Senam Literasi, 5) Stand Up Comedy Literat, 6) Musikalisasi Puisi Wacana, 7) Bedah Buku “Sentimen Bahasa Politik, 8) Peluncuran Buku “Politik Orang Susah”,  9) Aksi Literasi Anak TBM LP, 10) Parade Baca Buku, 11) Musik Literasi, dan 12) Jajanan Kampung Literasi. Sekitar 250 orang akan hadir di acara Festival Literasi Gunung Salak pada Minggu, 18 November 2018 pukul 08.00-17.00 WIB di TBM Lentera Pustaka Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kab. Bogor.

 

“Festival Literasi Gunung Salak merupakan simbol pentingnya mendekatkan anak-anak dengan buku, tentu dengan cara asik lagi menarik. Sekaligus perlunya kepedulian orang dewasa untuk membangun tradisi baca di kalangan anak-anak usia sekolah” tambah Syarifudin Yunus.

 

Untuk diketahui, setelah 1 tahun beroperasi, TBM Lentera Pustaka kini jadi “tempat nongkrong” 60 anak pembaca aktif dari 100 anak yang menjadi anggota. Dengan jam baca 3X dalam seminggu, kini rata-rata tiap anak mampu “melahap” 5-8 buku per minggu. Untuk mewujudkan gairah membaca di kalangan anak-anak, TBM Lentera Pustaka saat ini memiliki koleksi 2.850 buku dan tiap bulan menggelar “event bulanan” dengan menghadirkan “tamu dari luar” untuk berbagi dan memotivasi anak-anak TBM Lentera Pustaka.

 

TBM Lentera Pustaka mengkampanyekan pentingnya membaca buku sebagai aksi nyata agar TIDAK ADA LAGI ANAK PUTUS SEKOLAH. Karena selama ini, di wilayah ini 81% penduduknya hanya sebatas SD dan 9% SMP. Melalui buku dan bacaan, diharapkan “semangat belajar dan sekolah” anak-anak menjadi meningkat. Sehingga tercapai ketuntasan belajar hingga jenjang SMA.

 

TBM Lentera Pustaka ingin memberikan akses yang luas kepada anak-anak untuk membaca. Bukan hanya main. Karena tanpa baca, anak-anak akan merana. Tidak adanya bacaan atau buku, sungguh akan menjadi momok yang terus melanggengkan kebodohan dan kemiskinan. Maka dari spirit inilah, TBM LENTERA PUSTAKA mengajak masyarakat dan berbagai pihak yang mampu untuk bergabung dan ikut serta berpartisipasi dalam “pengadaan buku bacaan” dan menjadi relawan di TBM Lentera Pustaka.

 

Semoga ke depan, TBM Lentera Pustaka akan terus kreatif dan inovatif dalam menumbuhkan semangat membaca di kalangan anak-anak yang selama ini tidka mendapat akses bacaan. Atas dasar itu pula, TBM Lentera Pustaka pun kini tengah menjalankan program “1.000 tanaman polybag” untuk mewujudkan “zona baca hijau” di sepanjang jalan menuju TBM, di samping menggagas berdirinya “Wisata Literasi Lentera Pustaka”, sebuah objek wisata literasi menyusuri sungai sambil membaca.

 

TANPA BUKU KITA MERANA, hadiri dan ramaikanlah Festival Literasi Gunung Salak pada 18 November 2018. Sebagai wujud kepedulian Anda demi tegaknya budaya literasi anak-anak.

 

Ketahuilah, hanya dengan membaca maka kita tidak pernah sendirian ….#TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi

 

===========================

Jadilah RELAWAN & DONATUR TBM LENTERA PUSTAKA untuk membangun tradisi baca bagi anak-anak/remaja yang membutuhkan, di samping memberi edukasi akan pentingnya peradaban dan etika.

 

Untuk informasi lebih lanjut dan partisipasi/donasi dapat menghubungi:

TBM Lentera Pustaka

Jl. Masjid Jami Kp. Warung Loa No. 77 RT 01/12 Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Kab. Bogor 16610

Telp:  0812 8568 3535 atau Email: lentera.pustaka77@gmail.com

 

Rekening Bank BNI Cabang Jkt. Sampoerna Strategic (a.n. Syarifudin Yunus)

No. Rek. 028-826-1601

 

Mari wujudkan mimpi anak-anak di masa depan melalui buku ...

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu