x

Iklan

tyas pratiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Berita Bohong dan Cara Menyikapinya

Berita bohong telah menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan sepanjang tahun. Lalu bagaimana cara kita menyikapinya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berita bohong telah menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan sepanjang tahun. Bagaimana tidak, di era serba digital seperti sekarang ini penyampaian informasi dari seluruh penjuru dunia terasa begitu cepat dan mudah. Kita dapat mengetahui topik hangat yang sedang diperbincangkan di penjuru dunia lain hanya dengan mengakses media sosial. Media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, dan instagram telah menjadi tempat favorit untuk bertukar informasi. Namun kebanyakan dari kita tidak mengetahui apakah berita yang kita baca merupakan berita bohong atau tidak. Kebanyakan orang akan langsung percaya dan ikut menyebarkannya. Hal itu akan memperparah keadaan apalagi jika berita yang disebarkan bertujuan untuk menebarkan ujaran kebencian ataupun ketakutan.

Lalu bagaimana cara kita menyikapinya?

1.      Cek Sumber Berita

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Berita yang dibagikan oleh orang lain melalui media sosial belum tentu benar, maka dari itu kita harus mengecek dulu dari sumber mana berita itu dibuat. Jika tidak terdapat sumber yang jelas, maka dapat dipastikan berita itu hoax.

2. Jangan Mudah Percaya Pada Gambar Atau Video Yang Dibagikan

 

Berita yang kita baca biasanya memuat gambar atau video yang menjelaskan kronologi peristiwa yang terjadi. Kita harus teliti, apakah gambar atau video yang dimuat dalam berita tersebut merupakan peristiwa yang sebenarnya karena  terkadang pembuat berita hoax menggunakan gambar atau video dari peristiwa lain.

3. Coba Cari Sumber Dari Media Lain

 

Cari informasi melalui media lain, seperti televisi dan koran karena biasanya dua media tersebut membahas isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan.

4. Jangan Buru-Buru Menyebarkan Ulang

Yang terpenting adalah jangan mudah menyebarkan ulang berita yang telah dibagikan oleh orang lain. Bisa jadi berita yang disebarkan oleh orang tersebut adalah berita bohong. Alangkah baiknya kita cek terlebih dahulu kebenaran dari berita itu sebelum kita sebarkan ulang ke orang lain.

Ikuti tulisan menarik tyas pratiwi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler