x

Iklan

sarpin apin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

4 Alasan Kelompok Pendukung Diabetes Dapat Merubah Hidupmu

Kelompok pendukung diabetes dapat mendampingimu menuju perawatan diabete yang sukses

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat kamu hidup dengan diabetes tipe 2, kamu tahu betapa pentingnya memeriksa kadar gula darah, makan makanan yang tepat, dan tetap aktif. Tapi menyadari tindakan ini dan benar-benar melakukannya secara konsisten bisa menjadi dua hal yang sangat berbeda.

Di sinilah kelompok pendukung diabetes dapat mendampingimu menuju perawatan diabetes yang sukses. Terhubung dengan orang lain yang menderita diabetes dapat membantumu tetap termotivasi untuk menjaga diri sendiri dengan menawarkan dukungan praktis dan pribadi.

Seperti kelompok atau komunitas penyuka taman dapat membantumu mempelajari cara membuat taman rumah sederhana begitu juga dengna kelompok pendukung diabetes akan mendukung dan membagikan pengalaman pribadi mereka yang telah sukses melawan diabetes.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Research and Clinical Practice edisi Januari 2012, penderita diabetes tipe 2 yang menghadiri kelompok pendukung lebih berhasil dalam mempertahankan atau bahkan memperbaiki kesehatan mereka.

Dibawah ini hanya beberapa manfaat dari ikut grup pendukung diabetes:

1. Berada di dalam komunitas membuatmu tidak sendirian

Sudah umum bagi orang yang hidup dengan diabetes untuk merasa terisolasi, terutama jika kamu baru saja didiagnosis atau tidak memiliki keluarga atau teman dengan penyakit ini.

Kelompok pendukung diabetes dapat membantumu menyadari bahwa kamu tidak sendirian. Kamu akan bertemu dengan sekelompok orang yang mengerti apa yang kamu alami dan dengan senang hati memberikan bimbingan dan dorongan.

2. Saran dari orang yang sudah pernah melakukan akan mempermudah menjaga gula darah

Kelompok pendukung dapat memberikan banyak informasi dan gagasan tentang cara mengelola diabetes dengan lebih mudah, seperti resep ramah diabetes yang dapat dinikmati seluruh keluarga, tips untuk makan tepat pada pesta dan acara kerja dan sumber daya lokal untuk penderita diabetes. Plus, kamu mungkin bertemu teman baru untuk berolahraga dan melakukan aktivitas lain bersama.

Seperti belajar filosofi kopi sama ahlinya begitu juga belajar tentang menjaga kesehatan tubuh meski menderita diabetes yang paling menarik adalah belajar sama orang yang sudah melewatinya.

3. Hubungan antar personal yang membuat grup pendukung diabetes sangat efektif

Saat kamu hidup dengan diabetes, merawat diri sendiri adalah prioritas. Jika kamu merawat keluarga, memiliki pekerjaan yang menuntut atau memiliki tanggung jawab lain, Kamu mungkin merasa terbebani waktu dan merawat diri sendiri mungkin akan menjadi sulit. Anggota grup pendukung sering memiliki tantangan yang sama dan dapat membantumu melewati masa-masa sulit dan membuatmu tetap pada jalur penyembuhan.

4. Pembicara tamu dan acara khusus akan menghubungkanmu dengan enelitian, terapi dan komunitas baru

Beberapa kelompok pendukung diabetes biasa menampilkan pembicara tamu seperti dokter, peneliti dan pakar lainnya untuk membicarakan temuan terbaru dalam manajemen diabetes atau berbagi perspektif mereka.

Selain itu, kelompok pendukung diabetes juga memiliki acara khusus seperti potluck party, jalan kaki bersama kelompok atau penggalangan dana.

Jadi coba mulai bergabung atau membangun kelompok pendukung seperti ini supaya bisa saling menguatkan dan berbagi informasi yang positif. Seperti jenis jenis hamster yang memiliki sifat dan karakteristis masing-masing, demikaian pula dengan penderita diabetes pasti memiliki cerita dan pengalaman yang bermanfaat untuk dibagikan kepada yang lain bisa sebagai pembelajaran dan informasi kesehatan.

Sebagian besar kota besar menawarkan kelompok pendukung internal yang bertemu secara teratur dan dipimpin oleh seorang fasilitator, namun ada juga sejumlah kelompok online yang tersedia 24 jam damal seminggu untuk orang-orang yang tinggal di kota-kota kecil atau yang mungkin tidak memiliki waktu atau transportasi untuk bertemu dokter atau manajer perawatan diabetes.

Ikuti tulisan menarik sarpin apin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler