x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Online yang Murah dan Aman

Dalam menjalakan service pengirimannya, terdapat beberapa pilihan layanan dari perusahaan ekspedisi pengiriman barang di Indonesia, seperti kargo.co.id, JNE, TiKi, Pos Indonesia, serta Indah Cargo, dan sebagainya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bersamaan dengan perubahan tehnologi info serta komunikasi, usaha online atau e-commerce terus bertambah. Beberapa dari pedagang Indonesia yang telah mulai mempromokan serta mengirim produk jualannya dalam rasio nasional. Ini pasti selalu bertambah, mengingat jumlah masyarakat Indonesia yang mempunyai koneksi internet menurut APJII sejumlah seputar 132, 7 juta masyarakat dari keseluruhan 256, 2 juta masyarakat.

Dalam menjalakan service pengirimannya, terdapat beberapa pilihan layanan dari perusahaan ekspedisi pengiriman barang di Indonesia, seperti kargo.co.id, JNE, TiKi, Pos Indonesia, serta Indah Cargo, dan sebagainya. Walau telah mempunyai populeritas, untuk pebisnis online pasti tetap harus cermat dalam pilih layanan pengiriman barang. Agar kita tidak perlu cemas barang produksi hilang di jalan atau rusak di saat pengiriman.

Berikut beberapa panduan yang bisa dilaksanakan untuk pilih jasa pengiriman barang online yang paling baik di Indonesia:

  1. Pilih perusahaan pengiriman barang yang mempunyai otoritas serta surat izin
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Satu panduan yang penting jadi perhatian sebelum masuk ke panduan selanjutnya ialah kita harus jeli memerhatikan izin otoritas dari perusahaan, masih aktif atau mungkin tidak. Perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang tidak mempunyai izin otoritas masih bisa terima shipment atau pengiriman barang tanpa ada mempunyai izin. Jadi, untuk pengirim kita tetap harus waspada supaya tidak tidak untung.

  1. Pilih layanan pengiriman spesialis rute yang diambil

Tidak semua perusahaan ekspedisi pengiriman barang mempunyai ketrampilan dalam pengiriman barang sesuai rute yang sudah kita pilih. Mereka mempunyai batasan pengiriman, antar kota, antar pulau, antar propinsi, dalam kota atau cuma ke luar negeri. Umumnya, perusahaan ekspedisi yang telah terkenal mempunyai banyak rute yang bisa diambil. Perusahaan seperti berikut yang semestinya kita pakai.

  1. Ekspedisi yang tawarkan harga tidak murah

Semua perusahaan ekspedisi di Indonesia pasti selalu berkompetisi dengan pesaing lain mengenai harga. Tetapi, ekspedisi perusahaan yang mempunyai service paling baik tetap jaga kesetimbangan standard harga yang ditawarkan. Semua sebab permasalahan tanggung jawab. Perlu diduga bila ada ekspedisi pengiriman barang online yang tawarkan harga benar-benar murah dengan service yang paling baik.

  1. Lihat waktu atau perkiraan pengiriman

Semua perusahaan ekspedisi pengiriman barang akan tampilkan perkiraan pengiriman barang sampai berapakah hari. Tetapi, tidak semua akan penuhi janji itu. Ada banyak unsur yang penting jadi perhatian oleh kita untuk pengirim barang.

Diantaranya ialah kapan kita pesan layanan pengiriman itu. Jangan pakai layanan pengiriman barang di saat yang kurang pas, seperti hari libur, hari besar, hari nasional serta hari-hari besar yang lain.

Sebab saat-saat yang seperti berikut ekspedisi pengiriman akan alami overload shipment atau pengiriman barang sejumlah banyak. Selanjutnya, bila satu ekspedisi telah alami overload shipment, karena itu mereka akan tingkatkan kecepatan pengiriman tanpa ada memperhatikan kualitas service.

  1. Sediakan feature cek resi untuk treking pengiriman

Ekspedisi pengiriman barang paling baik ialah ekspedisi yang mempunyai feature cek resi memakai aplikasi berbasiskan web atau mobile. Feature cek resi ini bisa dipakai untuk lakukan pantauan pada barang kiriman dengan cara real time. Jika ekspedisi pengiriman barang tidak mempunyai feature yang satu ini, karena itu bisa dinyatakan perusahaan itu tidak mempunyai sarana service yang bagus.

  1. Mempunyai banyak armada

Terdapat beberapa tipe armada yang biasa dipakai oleh perusahaan ekspedisi untuk lakukan pengiriman barang, seperti truk sendi, mobil pick up, truk cdd, truk fuso, container dan sebagainya. Minimal, perusahaan ekspedisi yang bagus ialah yang mempunyai armada lebih dari 15 unit.

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu