x

Iklan

birulaut

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Memilih Cat Rumah yang Baik dan Benar untuk Kesesuaian

Anda yang tidak ingin salah pilih cat untuk segala tipe rumah Anda, sebaiknya baca terlebih dahulu tips-tipsnya berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jangan pernah Anda menganggap sepele memilih cat rumah. Kalau hanya dipikir-pikir saja, memang terlihat mudah, tapi kenyataannya tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Cat berfungsi sebagai pelindung dinding rumah agar tahan dari segala cuaca yang terkadang tidak menentu. Tapi selain itu, cat juga berfungsi sebagai penambah nilai estetika, apalagi bisa mewakili karakter Anda.

Sebagian besar rumah yang sudah dibangun mahal terkadang salah mengaplikasikan cat rumah sehingga bangunannya menjadi kurang menarik. Tidak jarang juga rumah-rumah dengan konsep minimalis justru memiliki nilai estetika yang menarik. Perbedaan tampak bangunan tersebut tentu didasari dari penyesuaian pemilihan cat dinding hunian Anda, baik itu untuk rumah besar atau minimalis.

Anda yang tidak ingin salah pilih cat untuk segala tipe rumah Anda, sebaiknya baca terlebih dahulu tips-tipsnya berikut ini.

1. Pilih warna yang senada

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apapun tipe rumah Anda, pemilihan cat adalah hal yang harus Anda perhatikan agar memberikan kesan yang nyaman dan menarik untuk ditempati. Salah satu cara membuat hunian Anda terasa nyaman adalah memilih warna cat rumah yang senada dengan perabotan yang dipakai.

Pemilihan warna memang menjadi hal penting agar bisa terlihat cocok dengan furniture rumah serta semua dekorasi yang Anda pakai. Untuk rumah-rumah bergaya modern tapi minimalis, biasanya memakai perpaduan warna yang saling bertabrakan. Perbedaan warna tersebut tentu harus Anda sesuaikan dengan perabotan yang akan digunakan di ruangan tersebut.

Misalnya saja memakai warna hijau disertai dengan warna biru. Kombinasi warna tersebut jangan lupa dipadukan dengan furniture yang senada pula. Kalau Anda terlebih dahulu memilih perabotan yang berwarna tabrakan seperti itu, ikuti pemilihan cat dinding yang senada juga. Dengan begitu, kenyamanan pada mata akan tetap didapat.

2. Pilih cat dinding yang lebih muda daripada lantai

Tidak jarang pemilik rumah melakukan kesalahan saat memilih cat rumah yang tidak disesuaikan dengan warna lantai ruangan. Ketidaksesuaian tersebut membuat ruangan menjadi semakin aneh dan tidak nyaman dipandang. Karena itulah, seperti saat Anda memilih warna baju, Anda pun juga harus menyesuaikan cat dinding dengan warna lantainya.

Pastikan Anda memilih warna dindingnya yang lebih muda atau tidak terlalu gelap dari warna bagian bawahnya. Untuk lantainya, Anda bisa menggunakan warna yang lebih tua agar suasana ruangan tampak semakin hangat.

Sebagai contoh, jika Anda memilih lantai berwarna cokelat, maka untuk cat dinding sebaiknya Anda pilih cokelat yang jauh lebih muda. Dengan penyesuaian warna tersebut, tentu ruangan akan semakin terlihat indah. Berbeda kalau Anda mengaplikasikan warna sebaliknya. Ruangan justru akan terkesan gelap dan tidak bersemangat.

3. Pastikan jumlah catnya cukup untuk seluruh dinding

Saat akan membeli cat rumah, Anda harus memperhatikan berapa jumlah cat yang Anda beli. Hal tersebut tentu harus disesuaikan dengan besarnya dan jumlah ruangan yang Anda miliki. Kalau ruangannya cukup luas, sebaiknya siapkan jumlah cat yang cukup banyak. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi mencarinya ke sana-sini lagi saat sudah habis, 

4. Cari yang berkualitas bagus

Ketahanan cat dinding tidak hanya dari formula khususnya saja, tapi juga dari kualitas brand itu sendiri. Saat ini sudah banyak merek-merek cat rumah yang hadir di Indonesia. Tentu formulanya sudah disesuaikan dengan kondisi cuaca di Indonesia, sehingga cat dindingnya diusahakan tetap awet.

Tapi tetap saja, Anda harus pilih merek yang kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Cari yang sudah dipercaya banyak orang, agar Anda tidak kecewa nantinya. Anda bisa memilih Asian Paints yang menjadi produk kepercayaan masyarakat dan developer-developer di tanah air. 

Ikuti tulisan menarik birulaut lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu