x

Iklan

birulaut

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pentingnya Data Center Bagi Sebuah Perusahaan

Sangat penting bagi setiap perusahaan untuk memilih pusat data yang tepat untuk mengamankan data-datanya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika berbicara tentang sebuah sistem dalam perusahaan, yang terbayang pasti sistem yang rumit dengan data-data yang bersifat krusial. Maka dari itulah diperlukan sebuah ruang penyimpanan yang lebih handal untuk menjaga data-data tersebut. Dari situlah pusat data dibutuhkan yaitu sebagai sebuah layanan yang akan membantu perusahaan dan mempermudahnya dalam mengakses data-data yang disimpan pada provider pusat data tersebut. Pusat data atau yang juga sering disebut dengan data center ini berfungsi untuk memastikan keamanan data-data yang bersifat krusial tersebut. Sangat penting bagi setiap perusahaan untuk memilih pusat data yang tepat untuk mengamankan data-datanya.

Memilih sebuah pusat data terpercaya saat ini menjadi begitu penting karena banyak alasan. Alasan pertama adalah karena kebutuhan penyimpanan data yang akan terus bertambah. Jika hanya mengandalkan server atau penyimpanan lokal saja, maka tidak akan cukup untuk menyimpan kebutuhan data yang semakin bertambah ini. Pusat data ini akan memberikan penyimpanan data yang mana bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Pentingnya memanfaatkan layanan data center selanjutnya adalah memberikan jaminan pengoperasian dan keamanan yang handal. Di dalam setiap pusat data pasti memiliki sistem keamanan yang sudah berstandar nasional bahkan internasional seperti yang disediakan oleh NEX Datacenter. Beberapa pusat data juga menyediakan layanan tambahan lain seperti internet exchange atau sistem pengoperasian aplikasi yang mungkin dibutuhkan oleh beberapa perusahaan yang membutuhkan pengoperasian yang handal.

Beberapa perusahaan mungkin belum bisa membuat pusat datanya sendiri. Karena itulah kebanyakan dari perusahaan ini memilih menggunakan pusat data yang disediakan oleh provider atau perusahaan penyedia pusat data yang sudah ada. Dengan begitu, perusahaan-perusahaan ini bisa memenuhi kebutuhan penyimpanan data yang sangat krusial ini serta bisa sekaligus menghemat pengeluaran bagi perusahaan. Hal tersebut karena memanfaatkan layanan dari provider data center ini bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan membuat sebuah pusat data sendiri. Belum lagi faktor waktu pembuatan pusat data sendiri yang tergolong cukup lama akan sangat mengganggu operasional perusahaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Ikuti tulisan menarik birulaut lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB